Ironis! Kota Nelson di AS Malah Wajibkan Warga Punya Senjata Api

Di tengah maraknya kasus penembakan di Amerika Serikat, sebuah kota di Negara Bagian Georgia malah mewajibkan warganya memilki senjata api.

oleh Rizki Gunawan diperbarui 03 Apr 2013, 09:34 WIB

Di tengah maraknya kasus penembakan di Amerika Serikat, sebuah kota di Negara Bagian Georgia malah mewajibkan warganya memilki senjata api. Ironis! Sebab aturan ini menentang rencana pemerintah untuk membuat undang-undang kepemilikan senjata api.

Dewan Rakyat Kota Nelson secara bulat memutuskan peraturan yang mewajibkan setiap kepala keluarga memiliki senjata api. Resolusi ini diputuskan dalam sidang Dewan Kota yang diikuti 30 orang. Tak punya salah satu jenis pistol, berarti warga tersebut melanggar hukum.

"Kami punya aturan sendiri. Jika Anda melawan, kami juga tak tinggal diam," kata seorang anggota Dewan Nelson, Jackie Jarret, seperti dilansir News.com.au, Rabu (3/4/2013).

Kepala Kepolisian Nelson menyatakan, aturan ini diputuskan dengan alasan agar para warga bisa melindungi diri dari tindakan kriminal.

"Sebelum warga sempat menghubungi 911 dan polisi datang, senjata api bisa jadi alat untuk menyelamatkan diri," ujar petinggi kepolisian yang tak disebutkan namanya itu.

Anggota dewan lain Duane Cronic menyatakan langkah ini merupakan upaya memperketat keamanan secara besar-besaran.

"Ini merupakan tanda kemanan ekstra di kota kami," ungkapnya.

Aturan yang sama pernah dibuat di Kennesaw, Georgia pada 1980 silam. Namun tak disebutkan apakah peraturan tersebut sampai saat ini masih berlaku.

Resolusi Kota Nelson ini diputuskan saat Presiden AS Barack Obama tengah memperjuangkan aturan pembatasan penggunaan senjata api oleh warga sipil. Dengan aturan ini, pemerintah berharap kasus penembakan yang selama ini marak terjadi di AS mereda. (Riz)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya