Piala Asia 2023: Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Nyaris Mustahil Bungkam Australia, tapi...

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui anak-anak asuhnya nyaris mustahil mampu meladeni permainan Australia dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 27 Jan 2024, 22:05 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak menampik anak-anak asuhnya bakal kesulitan meredam perlawanan Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023. Walau begitu, dirinya masih menyimpan harapan tembus ke perempat final dan berjumpa dengan Timnas Korea Selatan yang bakal coba melewati adangan Arab Saudi di 16 besar (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui anak-anak asuhnya nyaris mustahil mampu meladeni permainan Australia dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024).

Walau demikian, juru taktik asal Korea Selatan itu memastikan pihaknya bakal berupaya membawa skuad Garuda tampil maksimal selama pertandingan. Bila tak menutup kemungkinan, STY berambisi menantang Korea Selatan di babak perempat final.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang sudah dituggu lawan berat di fase knock-out Piala Asia 2023. Pasukan Merah Putih, yang perdana tembus dari babak grup langsung dipaksa bersua dengan tim raksasa sekelas Australia.

Dari segi ranking FIFA, skuad Garuda sudah kalah telak dari Socceroos. Skuad racikan Graham Arnold saat ini menduduki urutan 25 dunia, berbanding terbalik dengan Timnas Indonesia yang terkunci di peringkat 146.

Shin Tae-yong pun tak mau omong besar soal peluang skuadnya menaklukkan Australia di babak gugur. Juru taktik asal Korea Selatan menilai Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sulit menang dan bakal kalah jauh dalam hal penguasaan bola ketimbang Socceroos.

2 dari 3 halaman

Komentar Shin Tae-yong Jelang Lawan Australia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan instruksi kepada para pemain asuhannya dalam laga melawan Timnas Irak di Stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB. Laga perdana di Piala Asia 2023 bagi Tim Garuda itu berakhir dengan kekalahan 1-3. (AFP/Karim Jaafar)

Terlepas dari minimnya peluang, Shin Tae-yong memastikan anak-anak asuhnya bakal menunjukkan mental bertarung apik dalam pertandingan kontra Australia.

Apabila memungkinkan, eks pelatih Taeguk Warrior juga berharap negaranya bisa mengalahkan Arab Saudi di 16 besar, sehingga mereka bertemu dengan Indonesia di perempat final Piala Asia 2023.

"Sejujurnya, saya tidak berpikir kami punya peluang untuk mengalahkan Australia. Dari segi ball possession kami mungkin cuma akan mencatatkan 70-30, 70 persen Australia dan 30 persen Indonesia," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra pertandingan yang disiarkan di YouTube AFC, Sabtu (27/1/2024).

"(Di pertandingan) Korea vs Arab Saudi, ball possession-nya akan jadi 60-40. Korea punya sedikit keunggulan (ketimbang Arab Saudi). Namun, saya tetap berharap, saya bisa bermain melawan Korea Selatan (dengan Timnas Indonesia) di babak perempat final," tambahnya.

3 dari 3 halaman

STY Puji Kualitas Australia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah) bersama para pemainnya berjalan meninggalkan lapangan setelah menderita kekalahan 1-3 dari Timnas Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Doha, Senin (15/1/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga tak segan memuji kualitas Timnas Australia. Ia secara terang-terangan menilai Socceroos kuat secara fisik dan organisasi, sehingga bakal sulit bagi skuad Garuda untuk membongkar lini pertahanan mereka.

"Tim Australia secara fisik sangat kuat dan terorganisasi, jadi saya tidak berpikir kami bisa menemukan kekurangan atau masalah dalam lini pertahanan mereka," ucap Shin Tae-yong.

"Akan tetapi, dalam pertandingan, semua situasi bisa berubah. Jadi saya masih mencoba mencari tahu bagaimana kami harus menghadapi lini pertahanan Australia dan bagaimana kami harus membongkar lini pertahanan mereka," sambung juru taktik asal Korea Selatan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya