Menhan Prabowo Lepas KRI Radjiman Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melepas keberangkatan kapal bantu rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 milik TNI AL yang mengangkut bantuan untuk rakyat Palestina di Gaza. Bantuan-bantuan itu di antaranya berupa makanan, pakaian, air mineral, dan obat-obatan.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 18 Jan 2024, 15:05 WIB
Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melepas keberangkatan kapal bantu rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 milik TNI AL yang mengangkut bantuan untuk rakyat Palestina di Gaza. Bantuan-bantuan itu di antaranya berupa makanan, pakaian, air mineral, dan obat-obatan.
KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 milik TNI AL mengirim bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Jakarta, Kamis (18/1/2024). Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas langsung keberangkatan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992. (merdeka.com/Imam Buhori)
Bantuan-bantuan itu yang di antaranya berupa makanan, pakaian, air mineral, dan obat-obatan, diantar dari Jakarta menuju Al Arish, kota di Mesir yang berbatasan dengan Rafah di Gaza. (merdeka.com/Imam Buhori)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mengumpulkan berbagai bantuan untuk dikirim ke Gaza melalui dermaga Al Arish di Mesir. (merdeka.com/Imam Buhori)
“Ini bukti kita terus mendukung rakyat Palestina dalam perjuangannya membela diri, perjuangan untuk meraih kemerdekaan,” kata Prabowo. (merdeka.com/Imam Buhori)
Kapal bantu rumah sakit itu mulanya direncanakan tidak hanya antar bantuan, tetapi juga menggelar operasi kemanusiaan lainnya seperti menyediakan layanan kesehatan di kapal dan memberi perawatan kepada para pengungsi dari Jalur Gaza. (merdeka.com/Imam Buhori)
Namun, izin yang diberikan Pemerintah Mesir sejauh ini hanya mengantar bantuan dan kunjungan persahabatan ke pelabuhan (port visit) di El Arish Mesir. (merdeka.com/Imam Buhori)
KRI Radjiman, yang mengangkut 214 kru, dijadwalkan berlayar selama 52 hari dari Jakarta, Batam, menuju El Arish, Mesir, dan kembali ke Tanah Air, tetapi dijadwalkan juga untuk port visit di Jeddah, Arab Saudi. Dari 214 kru itu, 40 di antaranya merupakan pasukan khusus TNI AL. (merdeka.com/Imam Buhori)
Bantuan sebanyak 80 truk yang saat ini ada di KRI dr. Radjiman, terdiri atas pampers (532 karung), pakaian anak-anak (600 karung), pakaian dewasa (700 karung dan 500 boks), susu (800 kardus), biskuit (650 dus), air mineral galon (1.254 galon), air mineral kardus (1.700 kardus), obat-obatan (460 kardus), selimut (450 karung), jaket (450 karung), dan mie instan (470 kardus). Jumlahnya jika dikelompokkan sesuai wadahnya, ada 4.080 kardus, 2.732 karung, 500 boks, dan 1.254 galon. (merdeka.com/Imam Buhori)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya