Keadaan Darurat, Pemerintah Ekuador Mobilisasi Militer Perangi Geng Narkoba

Presiden Ekuador Daniel Noboa pada Senin menetapkan keadaan darurat nasional karena gelombang kejahatan, sebuah tindakan yang memungkinkan pihak berwenang menangguhkan hak-hak masyarakat dan memobilisasi militer.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 12 Jan 2024, 13:43 WIB
Keadaan Darurat Ekuador
Presiden Ekuador Daniel Noboa pada Senin menetapkan keadaan darurat nasional karena gelombang kejahatan, sebuah tindakan yang memungkinkan pihak berwenang menangguhkan hak-hak masyarakat dan memobilisasi militer.
Tentara memeriksa punggung seorang pria untuk memeriksa tato geng selama operasi penghentian dan penggeledahan di Portoviejo, Ekuador, Kamis (11/1/2024). Presiden Ekuador Daniel Noboa pada Senin menetapkan keadaan darurat nasional karena gelombang kejahatan, sebuah tindakan yang memungkinkan pihak berwenang menangguhkan hak-hak masyarakat dan memobilisasi militer. (AP Photo/Ariel Ochoa)
Noboa mengumumkan perang terhadap kartel narkoba setelah tiga hari gelombang kekerasan terjadi, ketika geng-geng tersebut bentrok dengan angkatan bersenjata negara itu. (AP Photo/Dolores Ochoa)
Noboa berbicara tentang aksi teroris dan peningkatan kekerasan yang dramatis yang telah mengguncang Ekuador. (AP Photo/Ariel Ochoa)
Bentrokan bersenjata sejauh ini telah menyebabkan 11 korban tewas. Pihak berwenang juga melaporkan tindakan kekerasan seperti pembakaran kendaraan, blokade, dan pemboman di sejumlah provinsi. (AP Photo/Ariel Ochoa)
Selain itu, Layanan Nasional untuk Perhatian terhadap Orang yang Dirampas Kebebasannya--badan yang bertanggung jawab atas penjara-penjara di negara tersebut--pada Rabu mengumumkan bahwa para narapidana telah menyandera 139 penjaga dan staf lainnya. (AP Photo/Ariel Ochoa)
Noboa mengumumkan konflik bersenjata internal dan menyatakan 22 kelompok kriminal aktif di negara tersebut sebagai organisasi teroris. (AP Photo/Dolores Ochoa)
Melalui keputusan presiden, dia mengerahkan pasukan untuk memerangi geng kriminal yang meneror penduduk. (AP Photo/Ariel Ochoa)
Keadaan darurat nasional membuat penduduk Ekuador dicekam ketakutan. Mereka memilih berdiam diri di rumah setelah Daniel Noboa mengumumkan keadaan darurat nasional. (AP Photo/Dolores Ochoa)
Toko-toko tutup, sekolah diliburkan, dan jalanan men jadi begitu sepi. Salah satu stasiun televisipun sempat diduduki kelompok kriminal di tengah tayangan langsung sebuah acara. (AP Photo/Ariel Ochoa)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya