Budaya Sehat Jamu Indonesia yang Diakui UNESCO

Selamat, budaya sehat jamu kini menjadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Komite Konvensi Warisan Budaya Takbenda/WBTB (Intangible Cultural Heritage/ICH) UNESCO telah menetapkannya pada 6 Desember 2023.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 20 Des 2023, 18:05 WIB
Jamu warisan budaya oleh UNESCO
Selamat, budaya sehat jamu kini menjadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Komite Konvensi Warisan Budaya Takbenda/WBTB (Intangible Cultural Heritage/ICH) UNESCO telah menetapkannya pada 6 Desember 2023.
Penjual menyiapkan olahan jamu pesanan pembeli di warung Jamu Bukti Mentjos, Jakarta, Rabu (20/12/2023). (merdeka.com/Imam Buhori)
UNESCO resmi menetapkan jamu Indonesia ke dalam daftar warisan budaya takbenda. (merdeka.com/Imam Buhori)
Di sana tercatat sebagai Budaya Jamu Sehat (Jamu Wellness Culture) yang masuk dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity (ICH) UNESCO. (merdeka.com/Imam Buhori)
Penetapan jamu sebagai warisan budaya takbenda asal Indonesia ke-13 itu berlangsung lewat forum UNESCO yang digelar 6 Desember 2023 lalu. (merdeka.com/Imam Buhori)
Dikenalnya jamu sebagai warisan budaya takbenda diharapkan dapat semakin dikenal dunia sebagai minuman tradisional yang menyehatkan. (merdeka.com/Imam Buhori)
Keputusan UNESCO menetapkan budaya sehat jamu sebagai warisan budaya dunia takbenda bukanlah akhir dari perjuangan, tapi justru permulaan baru. (merdeka.com/Imam Buhori)
Badan PBB itu akan terus memantau upaya Indonesia dalam melestarikan budaya jamu setidaknya hingga lima tahun ke depan. (merdeka.com/Imam Buhori)
Masyarakat bisa membantu melestarikan jamu dengan membuatnya sendiri di rumah masing-masing. (merdeka.com/Imam Buhori)
Di sisi lain, memasyarakatkan minum jamu di masyarakat juga diperlukan agar jamu menjadi tuan rumah di negaranya sendiri. (merdeka.com/Imam Buhori)
Momentum seperti Hari Jamu Nasional yang jatuh setiap 27 Mei juga didorong untuk mengkampanyekan jamu secara masif, seperti halnya Hari Batik setiap 2 Oktober. (merdeka.com/Imam Buhori)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya