Hanggar Balon Udara Era Perang Dunia II Terbakar Hebat di California Selatan

Kebakaran menghancurkan hanggar kayu besar dari era Perang Dunia II yang dibangun untuk menampung balon udara militer yang berbasis di California Selatan.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 08 Nov 2023, 17:35 WIB
Hanggar balon udara era Perang Dunia II terbakar di California Selatan
Kebakaran menghancurkan hanggar kayu besar dari era Perang Dunia II yang dibangun untuk menampung balon udara militer yang berbasis di California Selatan.
Hanggar balon udara bersejarah terbakar di Tustin, California, Selasa, 7 November 2023. (AP Photo/Jae C. Hong)
Api yang berkobar pada hari Selasa menghancurkan hanggar kayu besar era Perang Dunia II yang dibangun untuk menampung balon udara militer yang berbasis di California Selatan. (AP Photo/Jae C. Hong)
Pihak berwenang mengatakan bahwa kobaran api dapat menyala selama berhari-hari. (AP Photo/Jae C. Hong)
Otoritas Pemadam Kebakaran Orange County mengatakan dalam sebuah unggahan di media sosial bahwa membiarkan bangunan tersebut runtuh adalah satu-satunya cara untuk memadamkan api yang dilaporkan sekitar pukul 1 pagi. (AP Photo/Jae C. Hong)
Badan tersebut merilis video yang memperlihatkan kobaran api di sepanjang atap yang melengkung, yang kemudian runtuh menjadi beberapa bagian. (AP Photo/Jae C. Hong)
Gumpalan besar asap hitam terlihat bermil-mil jauhnya. (AP Photo/Jae C. Hong)
Hanggar bersejarah itu adalah salah satu dari dua hanggar yang dibangun pada tahun 1942 untuk Angkatan Laut AS di kota Tustin, sekitar 35 mil (56 kilometer) tenggara Los Angeles. (AP Photo/Jae C. Hong)
Menurut pemerintah kota, hanggar tersebut memiliki tinggi 17 lantai, panjang lebih dari 1.000 kaki (305 meter) dan lebar 300 kaki (91,4 meter), sehingga menjadikannya sebagai salah satu bangunan kayu terbesar yang pernah dibangun. (AP Photo/Jae C. Hong)
Produksi Hollywood telah menggunakan hanggar tersebut untuk acara TV dan film, dan juga muncul dalam iklan. (AP Photo/Jae C. Hong)
Pada tahun 1993, situs ini terdaftar oleh American Society of Civil Engineers sebagai salah satu landmark teknik sipil bersejarah di abad ke-20. (AP Photo/Jae C. Hong)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya