Puing-Puing Pesawat Jatuh yang Tewaskan Bos Wagner Yevgeny Prigozhin

Pemimpin tentara bayaran Rusia Wagner Group, Yevgeny Prigozhin dilaporkan tewas saat sebuah jet pribadi yang ditumpanginya jatuh pada 23 Agustus 2023 dan menewaskan 10 orang di dalamnya.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 24 Agu 2023, 17:45 WIB
Kecelakaan Pesawat Bos Wagner Yevgeny Prigozhin
Pemimpin tentara bayaran Rusia Wagner Group, Yevgeny Prigozhin dilaporkan tewas saat sebuah jet pribadi yang ditumpanginya jatuh pada 23 Agustus 2023 dan menewaskan 10 orang di dalamnya.
Orang-orang membawa kantong jenazah dari puing-puing jet pribadi yang jatuh dekat Desa Kuzhenkino, wilayah Tver, Rusia, Kamis (24/8/2023). Pemimpin tentara bayaran Rusia Wagner Group, Yevgeny Prigozhin dilaporkan tewas saat sebuah jet pribadi yang ditumpanginya jatuh pada 23 Agustus 2023 dan menewaskan 10 orang di dalamnya. (AP Photo)
Badan penerbangan sipil Rusia (Rosaviatsia) mengonfirmasi bahwa Yevgeny Prigozhin berada dalam jet pribadi yang jatuh tersebut. Sepuluh orang tewas dalam insiden ini. (AP Photo)
Menurut para pejabat Rusia seperti dikutip kantor berita TASS, jet pribadi nahas tersebut membawa tiga kru dan tujuh penumpang. Mereka dalam perjalanan dari Moskow ke St Petersburg. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Tidak lama pasca kecelakaan pesawat, Rosaviatsia melaporkan bahwa nama Yevgeny Prigozhin masuk dalam daftar penumpang. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Komite Investigasi Rusia membuka penyelidikan atas kecelakaan tersebut dengan tuduhan melanggar peraturan keselamatan udara. Interfax, mengutip pejabat layanan darurat, melaporkan pada Kamis pagi bahwa 10 jenazah telah ditemukan di lokasi kecelakaan dan operasi pencarian telah berakhir. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Data pelacakan penerbangan yang ditinjau oleh AP menunjukkan sebuah jet pribadi yang kerap digunakan Yevgeny Prigozhin sebelumnya lepas landas dari Moskow pada Rabu malam dan sinyal transpondernya menghilang beberapa menit kemudian. Sinyal berhenti tiba-tiba saat pesawat berada di ketinggian dan melaju dengan kecepatan tinggi. (AP Photo)
Dalam gambar yang diunggah oleh akun media sosial pro-Wagner yang menunjukkan puing-puing yang terbakar, terlihat sebagian nomor ekor yang cocok dengan jet yang sebelumnya digunakan oleh Yevgeny Prigozhin. (AP Photo)
Merespons kabar kecelakaan pesawat yang menewaskan Yevgeny Prigozhin, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan, "Saya tidak tahu pasti apa yang terjadi, namun saya tidak terkejut." (AP Photo)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya