4 Camilan Indonesia Masuk Daftar Jajanan Kaki Lima Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas, Serabi hingga Pisang Goreng

Cita rasa gastonomi Nusantara telah terkenal hingga mancanegara. Sebut saja camilan Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar jajanan kaki lina terbaik di dunia versi TasteAtlas.

oleh Putu Elmira diperbarui 18 Jul 2023, 07:30 WIB
Resep serabi telor kuah kinca. (dok. Cookpad @giacinta)

Liputan6.com, Jakarta - Cita rasa gastonomi Nusantara telah terkenal hingga mancanegara. Sebut saja camilan Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar jajanan kaki lima terbaik di dunia versi TasteAtlas yang dirilis pada Jumat, 14 Juli 2023.

Keempat camilan Indonesia yang masuk daftar tersebut meliputi serabi, pisang goreng, kue ape, dan kue putu. Serabi mantap menduduki posisi kedua dengan mendapat 4,7 dari 5 bintang.

"Pancake tradisional Indonesia berukuran kecil ini biasanya diolah dengan tepung beras dan pilihan santan atau kelapa parut. Pancake sangat serbaguna, tersedia dalam versi manis dan gurih, dan dapat diadaptasi dengan tepung terigu dan berbagai topping seperti gula, pisang, kacang tumbuk, nangka, taburan cokelat, atau oncom fermentasi, sementara tambahan modern juga termasuk daging, sosis, atau es krim," demikian bunyi keterangan di TasteAtlas.

Disebutkan pula bahwa serabi ditemukan di seluruh Jawa, tetapi biasanya dikaitkan dengan kota Bandung dan Solo. Serabi biasanya disertai dengan sirup kinca berbahan dasar stroberi, durian, atau kelapa, dan terutama dijual sebagai makanan jalanan yang cepat dan nyaman.

Berlanjut dengan pisang goreng yang ada di posisi ke-7 dengan 4,5 dari 5 bintang. "Pisang goreng merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia," bunyi keterangan itu.

Camilan ini hadir dalam berbagai versi, ada yang buahnya hanya digoreng dengan sedikit minyak. Namun biasanya, potongan pisang lebih sering diiris dilapisi adonan sebelum digoreng hingga keemasan.

"Selain banyak varietas lainnya, pisang goreng juga muncul dengan nama yang berbeda seperti godoh biu di Bali atau gedhang gorèng di Jawa. Camilan ini secara tradisional dijual di warung pinggir jalan dan gerobak dan termasuk dalam kelompok hidangan gorengan - makanan ringan gorengan Indonesia," lanjut TasteAtlas.

 

2 dari 4 halaman

Kue Ape hingga Kue Putu

Unik, menyambut kegembiraan jelang pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby warga Solo bagi-bagi 1000 buah kue putu. (Foto: Liputan6/ Fajar Abrori)

Kemudian kue ape dari Jakarta berada di posisi ke-15 dengan 4,4 dari 5 bintang. "Kue ape, juga dikenal sebagai serabi Jakarta, dianggap sebagai versi Indonesia dari panekuk India yang dikenal sebagai appam," jelas TasteAtlas.

Versi Indonesia yang biasa diasosiasikan dengan Jakarta ini diolah dengan adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula aren, santan, dan ragi. Pancake biasanya renyah di tepinya, sedangkan bagian tengahnya tetap lembut.

"Ini sering dibumbui dengan pandan, yang memberi warna hijau yang khas pada pancake ini. Hidangan ini biasanya disiapkan dan dijual oleh pedagang kaki lima yang berlokasi di pusat jajanan dan pasar kaki lima," lanjut TasteAtlas.

Terakhir kue putu yang menyabet posisi ke-20 dengan 4,3 dari 5 bintang. Camilan ini disebut biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima.

"Kue kukus ini diolah dari tepung ketan yang dibumbui dan diwarnai dengan daun pandan. Campuran tersebut secara tradisional dikukus dalam tabung bambu, sedangkan bagian tengah kue diisi dengan gula aren," bunyi keterangan TasteAtlas.

Saat dikukus, kue biasanya ditaburi kelapa parut segar. Kue putu dan jenis serupa dari makanan ringan berwarna hijau yang nyaman ini juga ditemukan di Malaysia dan Filipina, dan beberapa percaya bahwa mereka mungkin terinspirasi oleh puttu, makanan ringan serupa yang berasal dari India.

3 dari 4 halaman

Daftar 10 Besar Jajanan Kaki Lima Terbaik

Hotteok isi kentang dan keju. (dok. tangkapan layar YouTube Aaron and Claire)

1. Pastel de nata - Lisbon District, Portugal

Pastel de nata adalah kue puding telur Portugis tradisional yang populer di seluruh dunia. Dipercayai bahwa untuk hasil terbaik, isiannya tidak boleh terlalu manis dan tidak boleh memiliki rasa lemon atau vanila.

2. Serabi - Jawa, Indonesia

Pancake tradisional Indonesia berukuran kecil ini biasanya diolah dengan tepung beras dan pilihan santan atau kelapa parut.

3. Dondurma - Kahramanmaraş, Turkiye

Es krim Turki diyakini berasal dari kota Maraş -karena itulah namanya- dan yang benar-benar membedakannya dari varietas lain adalah ketahanannya terhadap leleh dan teksturnya yang sangat padat dan kenyal.

4. Hotteok - Korea Selatan

Hotteok adalah pancake Korea populer yang biasanya diisi dengan kayu manis, gula merah, dan kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kenari. Biasanya dijual sebagai makanan jalanan di banyak kios jalanan Korea, terutama saat cuaca dingin.

5. Pa thong ko - Thailand

Pa thong ko adalah orang Thailand yang mengambil crullers Cina populer yang disebut youtiao. Untuk membuat crullers, campuran tepung, ragi, amoniak kue, bubuk tawas, air hangat, garam, gula, dan beberapa baking powder dibentuk menjadi adonan, yang kemudian diminyaki, didiamkan, dan terakhir dipotong-potong panjang.

6. Liège Waffle - Liege, Belgia

Wafel Liège adalah salah satu dari dua varietas wafel paling populer di Belgia. Camilan kenyal berbentuk tidak rata ini dibuat dengan adonan kental seperti brioche yang dimaniskan dengan gula mutiara dan dipanggang dalam wajan wafel yang dirancang khusus.

7. Pisang goreng - Indonesia

Pisang goreng merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia.

8. Garrapiñada - Uruguay

Garrapiñada adalah makanan jalanan Uruguay dan Argentina yang terdiri dari kacang yang dipanggang dengan kombinasi gula, air, dan esens vanila. Saat kacang benar-benar terlapisi dan sirupnya mengeras, mereka siap untuk dimakan.

9. Gaufre - Belgia

Wafel lezat dan harum adalah ciri khas kuliner Belgia yang paling terkenal. Dibuat dengan adonan kental atau adonan tipis, kue dipanggang dalam besi wafel yang dirancang khusus yang menciptakan pola kotak-kotak yang tidak biasa di bagian atas dan bawah setiap kue.

10. Poffertjes - Belanda

Poffertjes adalah pancake Belanda yang kecil, bulat, dan mengembang yang dibuat dengan ragi dan tepung soba. Mereka dipanggang dalam panci khusus yang disebut poffertjespan, dan biasanya disajikan hangat di atas selembar kertas karton saat disiapkan di luar ruangan, di festival dan acara luar ruangan.

4 dari 4 halaman

Daftar 20 Besar Jajanan Kaki Lima Terbaik

Kulfi (Sumber: Freepik)

11. Khao niao mamuang - Thailand

Puding nasi tradisional Thailand ini adalah cara favorit untuk menyelesaikan setiap hidangan Thailand. Hidangan ini dibuat dari beras ketan yang dikukus terlebih dahulu, kemudian disiram dengan santan manis.

12. Egg Waffle - Hong Kong

Wafel telur adalah kelezatan populer Hong Kong yang terdiri dari putih telur dan kuning telur, susu, mentega, gula, tepung, dan garam.

13. Picarones - Lima, Peru

Picarone adalah makanan pokok Peruvian street food, suguhan lezat gorengan yang juga sering disebut sebagai donat Peru. Adonan dibentuk menjadi cincin dan digoreng dengan minyak panas, lalu picarone ditaburi sirup tebu manis.

14. Mysore pak - Mysore, India

Mysore pak ditemukan pada 1935 di Istana Mysore oleh koki kerajaan Madappa. Saat Raja Krishna Raja Wodeyar siap untuk makan siang, koki mulai bereksperimen dengan hidangan manis, menggabungkan tepung gram, mentega ghee, dan gula menjadi sirup.

15. Kue ape

Kue ape, juga dikenal sebagai serabi Jakarta, dianggap sebagai versi Indonesia dari panekuk India yang dikenal sebagai appam. Versi Indonesia yang biasa diasosiasikan dengan Jakarta ini diolah dengan adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula aren, santan, dan ragi.

16. Cubanitos - Argentina

Cubanitos (lit. Little Cubans) adalah tabung wafer Argentina yang manis dan renyah dengan isian yang manis. Kue wafer dibuat dengan menggabungkan tepung, gula, mentega, ekstrak vanila, kayu manis, dan (terkadang) putih telur.

17. Taiyaki - Tokyo, Jepang

Taiyaki adalah kue Jepang berbentuk ikan yang sering dikonsumsi sebagai makanan ringan, terbuat dari tepung dan diisi dengan pasta kacang manis azuki.

18. Kulfi - India

Kulfi adalah es krim tradisional India yang dibuat dengan susu murni yang direbus perlahan. Meskipun proses pendidihan yang lama menyebabkan hilangnya volume, itu membuatnya dengan rasa karamel yang lezat, seperti kacang.

19. Leche frita - Province of Palencia, Spanyol

Leche frita adalah makanan penutup Spanyol yang lezat yang terdiri dari puding susu yang manis dan keras yang dibungkus dengan cangkang telur dan tepung yang digoreng.

20. Kue putu - Indonesia

Biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima, kue kukus ini diolah dari tepung ketan yang dibumbui dan diwarnai dengan daun pandan.

 

Infografis tampilan kekinian camilan tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya