Pemimpin Spiritual Tibet Dalai Lama Peringati Ulang Tahun ke-88

Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama memimpin acara peringatan ulang tahunnya yang ke-88 di Kuil Tsuglakhang, Dharamshala, India. Acara ini diikuti oleh ratusan warga Tibet.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 07 Jul 2023, 10:05 WIB
Dalai Lama Ulang Tahun
Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama memimpin acara peringatan ulang tahunnya yang ke-88 di Kuil Tsuglakhang, Dharamshala, India. Acara ini diikuti oleh ratusan warga Tibet.
Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama memimpin acara peringatan ulang tahunnya yang ke-88 di Kuil Tsuglakhang, Dharamshala, India, Kamis (6/7/2023). Acara ini diikuti oleh ratusan warga Tibet. (AP Photo/Ashwini Bhatia)
Para seniman memainkan lagu-lagu selamat tradisional ketika pemimpin spiritual Tibet ini tiba dengan van terbuka untuk memimpin perayaan di halaman Kuil Tsuglakhang, yang dihias dengan bendera Tibet dan Buddha serta potret-potret. (AP Photo/Ashwini Bhatia)
“Saya berdoa untuk dapat membawa perdamaian ke dunia dengan menyebarkan pemahaman tentang kesatuan umat manusia,” katanya di akun resmi YouTube-nya, Kamis (6/7). (AP Photo/Ashwini Bhatia)
“Dengan menunjukkan persetujuan mereka atas apa yang saya coba lakukan, teman-teman saya telah memberi saya dukungan mereka yang tidak terpengaruh, dan saya ingin berterima kasih kepada mereka,” tambahnya. (AP Photo/Ashwini Bhatia)
Dalai Lama telah menjadikan kota pegunungan Dharmsala sebagai markasnya sejak melarikan diri dari Tibet setelah pemberontakan gagal melawan pemerintahan China pada tahun 1959. (AP Photo/Ashwini Bhatia)
Meski India menganggap Tibet sebagai bagian dari China, negara itu menjadi tuan rumah bagi pengungsi Tibet. (AP Photo/Ashwini Bhatia)
Dalai Lama menyangkal menjadi seorang separatis dan mengatakan bahwa ia hanya menganjurkan otonomi yang substansial dan perlindungan terhadap budaya Buddha asli Tibet. (AP Photo/Ashwini Bhatia)
Pada bulan April, Dalai Lama menghadapi kritik yang luas setelah video beredar di internet yang menunjukkan dia mencium seorang anak laki-laki di bibir dan mengatakan “hisap lidahku”. (AP Photo/Ashwini Bhatia)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya