Polisi Tangkap Pimpinan KKB Penembak Mati Bripda Gilang di Yahukimo, Papua

Polisi menangkap pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua inisial KTH alias PH yang melakukan aksi penembakan terhadap anggota Brimob di wilayah Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 21 Mei 2023, 14:39 WIB
Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua inisial KTH alias PH yang melakukan aksi penembakan terhadap anggota Brimob di wilayah Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan pada Rabu 30 November 2022 lalu. Dalam peristiwa itu, Bripda Gilang meninggal dunia.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan, awalnya petugas melakukan penggerebekan terhadap lokasi persembunyian pelaku penganiayaan di wilayah Yahukimo pada Selasa, 16 Mei 2023.

“Diamankan 22 orang di Polres Yahukimo, ditemukan bahwa salah satu orang yang diamankkan atas nama AS umur 25 tahun yang terlibat dalam aksi penembakan terhadap anggota Satgas Preventif Operasi Damai Cartenz yang mengakibatkan Bripda GAP meninggal dunia, Briptu F dan Bripda DB luka-luka,” tutur Ahmad kepada wartawan, Minggu (21/5/2023).

Menurut Ahmad, ditemukan fakta bahwa AS bergabung dengan KKB Papua pimpinan KTH alias PH sejak 2021. Di tahun itu pula, dia membeli senjata api dari H dengan menukarkan emas 20 gram, yang kemudian senjata api tersebut diserahkan kepada KTH alias PH pada 3 Maret 2022 di Markas Yamoi.

“AS turut serta dalam aksi penembakan anggota Brimob yang mengakibatkan satu meninggal, dua luka-luka pada 30 November 2022 di Kabupateb Yahukimo. Pelaku penembakan adalah KTH alias PH, YG, H, KH, MG, HH, MB, RH, EH, dan AS,” jelas dia.

2 dari 3 halaman

Polisi Lakukan Pengembangan

Kembali Berulah, KKB Tembak 2 Warga Papua di Ilaga (Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa)

Polisi melakukan pengembangan dan akhirnya menangkap KTH alias PH pada Jumat, 19 Mei 2023 sekitar pukul 13.30 WIT. Petugas kemudian mengkonfirmasi foto KTH alias PH ke tersangka AS yang sebelumnya telah ditangkap.

“AS membenarkan atau mengkonfirmasi bahwa yang ada di dalam foto itu adalah pimpinan KKB yaitu KTH alias PH. Selain itu juga dikonfirmasi berdasarkan hasil pencarian data kependudukan melalui alat mambis dari terduga pimpinan KKB yaitu KTH alias PH yang bertempat tinggal di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan,” kata Ahmad.

Ahmad mengatakan, para pelaku melakukan penyerangan terhadap tim patroli Satgas Damai Cartenz demi mendapatkan senjata api yang dibawa mereka.

3 dari 3 halaman

Peran KTH

Pesawat milik Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dibakar sekelompok orang tidak dikenal yang ditengarai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Liputan6.com/ Ist)

Adapun peran KTH alias PH yakni melakukan pembunuhan terhadap anggota Tni pada 4 November 2022, penembakan terhadap Brigpol Usdar selaku anggota Polres Yahukimo hingga meninggal dunia pada 29 November 2022, penembakan anggota Satgas Damai Cartenz pada 30 November 2022, serta penembakan terhadap Polres Yahukimo pada 30 Desember 2022.

“Saat ini pimpinan kelompok KKB KTH alias PH telah diserahkan kepada penyidik tim investigasi Operasi Damai Cartenz dan diamankan di Polda Papua," Ahmad menandaskan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya