Jangan Cemas, Ini Cara Menghapus Cat Kuku di Kulit

Menghias kuku dengan cat berwarna warni memang hal yang menyenangkan. Tapi, cat sering menempel di bagian-bagian yang tidak diinginkan.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 16 Mei 2023, 21:00 WIB
Merawat kuku sekaligus menghiasnya dengan cat kuku. (unsplash.com/@element5digital)

Liputan6.com, Jakarta - Membersihkan cat kuku yang menempel di kuku memang mudah. Tapi bagaimana menghapus cat kuku yang menempel di kulit? Karena tidak dipungkiri, insiden ini sering terjadi.

Menghias kuku dengan cat berwarna warni memang hal yang menyenangkan. Namun, sebagai amatir, cat kuku mungkin menempel di bagian-bagian yang tidak diinginkan.

Yang jadi masalah, bagaimana cara menghapus cat kuku di kulit tanpa membuatnya iritasi? Jangan khawatir, beberapa cara berikut bisa membantu kamu menghapus cat kuku yang menempel di kulit.

2 dari 3 halaman

Cara Menghapus Cat Kuku dari Kulit

Ilustrasi menggunakan cat kuku. (pexels.com/@karolina-grabowska)

1. Aseton

Dapatkan sebotol aseton atau penghapus cat kuku. Yang perlu diingat adalah produk ini bisa sangat mengeringkan dan keras pada kulit hingga tak direkomendasikan untuk anak kecil atau pemilik kulit sangat sensitif.

2. Gunakan cotton bud

Pilih sesuatu untuk mengaplikasikan aseton atau penghapus cat kuku. Untuk area kecil, kamu bisa menggunakan cotton bud atau bola kapas.

3. Pertimbangkan untuk mengenakan sarung tangan lateks

Jika kamu baru saja mengecat kuku dan tidak menemukan cotton bud, pertimbangkan untuk menggunakan sarung tangan demi menjaga kerja kerasmu.

4. Tuangkan sedikit aseton

Gunakan sedikit aseton di cotton bud atau bola kapas dan gosok area yang terkena cat.

5. Bilas kulit dengan sabun dan air

Setelah cat terkelupas dari kulit, segera bilas menggunakan air sabun. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, oleskan krim tangan atau lotion untuk mencegah kulit kering.

 

3 dari 3 halaman

Menghapus Cat Kuku dari Kulit Sensitif

Gunakan cat kuku yang aman. Sumber : purewow.com.

1. Baby oil

Minyak akan membantu melarutkan cat kuku, dan membuatnya lepas. Kamu bisa menggunakan baby oil, minyak zaitun, dan minyak kelapa bisa membantu menghapus cat kuku untuk kulit sensitif, termasuk kulit wajah.

Hilangkan residu berminyak dengan air hangat dan sabun lembut.

2. Gunakan penghapus cat kuku non-aseton pada tangan dan kaki

Basahi bola kapas dengan penghapus cat kuku non-aseton dan gosok area yang terkena sampai cat kuku terlepas.

Bilas area tersebut dengan sabun dan air hangat. Penghapus cat kuku non-aseton lebih lembut daripada penghapus cat kuku biasa, tetapi mungkin masih membuat kulit terasa kering.

Jika ini terjadi, gunakan lotion atau krim tangan ke area tersebut setelah selesai.

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya