KIB Hampir Setahun Terbentuk, Capres Masih Sebatas Wacana?

Koalisi yang terdiri dari tiga partai yakni PAN, Golkar dan PPP tersebut belum juga mendeklarasikan siapa calon presiden atau capres KIB.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 03 Mei 2023, 20:37 WIB
Pertemuan Ketua Umum Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), di Restoran Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Rabu, 30 November 2022. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan genap berusia satu tahun pada 12 Mei 2023 mendatang.  Namun, hingga kini, koalisi yang terdiri dari tiga partai yakni PAN, Golkar dan PPP tersebut belum juga mendeklarasikan siapa calon presiden atau capres KIB.

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut nama capres masih dalam pembahasan. "Capres-cawapresnya masih dalam proses pembahasan," kata Airlangga di Plataran Senayan, Rabu (3/5/2023).

Dia mengaku pihaknya masih menunggu waktu dan momentum yang tepat untuk mengumumkan nama capres KIB. "Saat waktunya tepat, kita berdua akan putuskan," ujar dia.

Terkait salah satu member koalisi yakni PPP yang telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres, Airlangga mengklaim deklarasi itu tidak mempengaruhi kesolidan KIB.

“Jadi pertama, seperti tadi disampaikan bahwa minggu yang lalu saya berkumpul dengan KIB, masih solid,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP M Romahurmuziy alias Rommy menyatakan, KIB akan menggelar pertemuan besar untuk memperingati hari jadi 1 tahun koalisi tiga partai yakni PAN, Golkar dan PPP tersebut.

“Untuk peringatan KIB 1 tahun insyaallah akan ada pertemuan yang lebih besar,” kata Rommy pada wartawan, dikutip Selasa 2 Maret 2023.

 

2 dari 2 halaman

PPP Juga Tegaskan KIB Solid

Rommy mengklaim saat ini KIB masih solid dan rukun meski pihaknya telah mendeklarasikan dukungan capres Ganjar Pranowo. Menurutnya, KIB hanya akan bubar saat nantinya PAN atau Golkar deklarasi capres selain Ganjar.

“Saya mengatakan KOB akan bubar manakala 1 saja memiliki pilihan berbeda secara institusional, 2 belum menyatakan sikap secara resmi,” kata Rommy.

Infografis Manuver 3 Parpol KIB ke Partai Lain di Luar Koalisi. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya