Jadwal Lengkap Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla 6 Mei 2023, Pulang Pergi Istana Buckingham dengan Kereta Kencana Berbeda

Raja Charles III dan Ratu Camilla akan dimahkotai pada 6 Mei 2023 di Westminster Abbey. Sehari setelahnya, perayaan digelar di seantero Inggris.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 01 Mei 2023, 20:02 WIB
Raja Charles III dan Permaisuri Camilla berdiri bersama sebelum jamuan kenegaraan di Istana Bellevue di Berlin, Rabu (29/3/2023). Raja Charles III memulai perjalanan luar negeri pertamanya dengan tujuan Berlin, Jerman, pada Rabu menandai kunjungan resmi kenegaraan pertama pasangan itu setelah naik takhta menyusul mangkatnya Ratu Elizabeth II. (AP Photo/Matthias Schrader, Pool)

Liputan6.com, London - Kerajaan Inggris menggelar hajatan besar pada 6 Mei 2023, yaitu penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla. Keduanya akan dimahkotai dalam sebuah upacara yang dipimpin Uskup Agung Canterbury Justin Welby di Westminster Abbey.

Perayaan digelar satu hari setelah penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, termasuk pesta jalanan dan konser. Pub dan bar akan diizinkan buka dua jam lebih lama dari hari biasanya dan Senin 8 Mei  ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Istana Buckingham menyatakan, rangkaian acara penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla akan dimodernisasi untuk mencerminkan peran monarki saat ini. Namun, bagaimanapun, akan tetap mempertahankan "tradisi dan arak-arakan yang sudah berlangsung lama", seperti yang terjadi pada penobatan Ratu Elizabeth II tahun 1953.

Diprediksi kurang lebih 2.200 tamu undangan akan menghadiri upacara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla.

Dilansir TIME pada Kamis (27/4/2023), berikut adalah jadwal lengkap acara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla:

2 dari 4 halaman

Sabtu, 6 Mei 2023

Raja Charles III dalam pidato Natal Pertamanya. (Victoria Jones/Pool Photo via AP)

Pukul 11.00 waktu setempat (17.00 WIB)

  • Raja Charles III dan Ratu Camilla akan berangkat dari Istana Buckingham ke Westminster Abbey. Rute yang mereka tempuh saat menuju lokasi penobatan disebut "The King’s Procession".
  • Pasangan itu akan naik Diamond Jubilee State Coach, kereta kencana yang sudah dimodifikasi dengan AC dan jendela elektrik. 
  • Upacara penobatan akan dimulai pukul 11.00 waktu setempat dan berlangsung selama lebih dari satu jam, sangat berbeda dengan upacara penobatan Ratu Elizabeth II yang menelan waktu tiga jam. Raja Charles III akan duduk di kursi penobatan atau yang disebut dengan Kursi Edward. 
  • Selama upacara penobatan, Raja Charles III akan ditanyai apakah dia akan memerintah Inggris dan negara-negara persemakmuran dengan hukum dan keadilan dan apakah dia akan mempertahankan nilai-nilai Kristiani di negara tersebut. Tetapi, Charles juga akan bertindak sebagai pembela semua agama dan mengikutsertakan kelompok agama lain dalam acara-acara besar.
  • Selama upacara, Raja Charles III akan diurapi dengan minyak krisma.
  • Raja Charles III kemudian akan diberkati dan ditahbiskan oleh Uskup Agung Welby sebelum mengenakan Mahkota St Edward. Sementara itu, Ratu Camilla akan dimahkotai dengan Queen Mary's Crown.
  • Sebelum meninggalkan Westminster Abbey, Raja Charles III berganti mahkota, di mana dia akan mengenakan Mahkota Imperial State.

Pukul 14.00 waktu setempat (20.00 WIB)

  • Setelah upacara penobatan, Raja Charles III dan Ratu Camilla akan meninggalkan Westminster Abbey dengan kereta kencana Gold State Coach dan melakukan 'The Coronation Procession', yakni menempuh perjalanan sejauh 1,3 mil kembali ke Istana Buckingham. Proses tersebut akan melibatkan anggota masyarakat yang berbaris di jalan-jalan pada rute yang akan ditempuh untuk melihat sekilas raja yang baru dinobatkan.
  • Anggota keluarga Kerajaan Inggris kemudian akan muncul di balkon Istana Buckingham untuk menyapa rakyat.

     

3 dari 4 halaman

Minggu, 7 Mei 2023

Quiche, Sajian Resmi di Penobatan Raja Charles III. (Tangkapan Layar Instagram/theroyalfamily)

Makan Siang Besar

  • Sehari setelah penobatan, masyarakat akan terlibat Makan Siang Penobatan atau Coronation Big Lunch dan pesta jalanan dengan tetangga mereka. Inisiatif Coronation Big Lunch diselenggarakan oleh Eden Project Communities, di mana Ratu Camilla telah menjadi patronnya sejak tahun 2013.

  • Eden Project Communities bertujuan untuk menyatukan orang-orang dalam rangka mengurangi kesepian dan meningkatkan semangat komunitas. Raja Charles III dan Ratu Camilla telah secara pribadi memilih quiche sebagai hidangan untuk menandai penobatan mereka.

  • Pemerintah Inggris mengumumkan bahwa Perdana Menteri Rishi Sunak akan menjadi tuan rumah makan siang di jalanannya sendiri untuk menjamu komunitas sukarelawan dari seluruh negeri.

Konser di Kastil Windsor

  • Minggu malam akan digelar konser penobatan di East Lawn, Kastil Windsor. Ini merupakan konser pertama yang diadakan di halaman kastil. 
  • Istana Buckingham telah mengonfirmasi bahwa pengisi acara yang akan tampil termasuk Take That, Lionel Ritchie, Andrea Bocelli, Katy Perry, dan kelompok paduan suara penobatan.
  • Selama konser berlangsung, sejumlah landmark utama di Inggris akan diterangi dengan sorotan lampu dan atraksi drone.
  • Sepuluh ribu tiket telah dialokasikan untuk publik dan 57 lokasi tambahan akan menyiarkan konser yang dapat dinikmati masyarat. Lokasi tambahan itu termasuk Kastil Cardiff, Belfast City Hall, dan Picadilly Gardens di Manchester, serta serta Taman Hyde London, Taman Hijau, dan Taman St James. 
4 dari 4 halaman

Senin, 8 Mei 2023

Raja Charles III menemui publik jelang kebaktian di Gereja St. Lawrence Church, Norfolk, Inggris, Minggu, 8 Januari 2023. (dok. Joe Giddens/PA via AP)

Kegiatan Amal The Big Help Out

  • Untuk menandai Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, ribuan organisasi di seluruh Inggris berkumpul dan membuka kesempatan bagi siapa saja untuk membantu komunitas lokal melalui inisiatif "The Big Help Out".
  • "Jika Anda bisa menyisihkan satu jam… luar biasa. Hari ini?… luar biasa. Jika itu menjadi sesuatu yang reguler, jauh lebih baik. Jika kita semua melakukan sedikit, itu akan sangat membantu," demikian tulisan di situs web inisiatif The Big Help Out yang didukung oleh sejumlah organisasi sukarelawan terbesar di Inggris, termasuk Royal Voluntary Service.
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya