Mark Zuckerberg dan Meta Digugat Buntut Gagal Tangani Perdagangan Seks di Facebook dan Instagram

Diduga gagal tangani masalah eksploitasi dan perdagangan seks di Faecebook dan Instagram, Mark Zuckerberg dan sejumlah petinggi Meta digugat pemilik saham pada Senin (20/3/2023) lalu.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 25 Mar 2023, 16:00 WIB
Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (AFP/JUSTIN SILLIVAN)

Liputan6.com, Jakarta - Gugatan baru menuding Mark Zuckerberg serta eksekutif dan direktur Meta gagal dalam berupaya menghentikan perdagangan seks di Facebook dan Instagram. 

Keluhan ini dilaporkan oleh beberapa pemilik saham Meta pada Senin (20/3/2023). Mereka mengatakan kepemimpinan Mark Zuckerberg dan dewan Meta gagal melindungi kepentingan perusahaan dan pemegang saham dengan menutup mata terhadap “bukti sistemik” aktivitas kriminal. 

Dikutip dari NY Post, Sabtu (25/3/2023), pengaduan itu menyebutkan, satu-satunya kesimpulan logis yang dapat diambil adalah dewan telah secara sadar memutuskan untuk mengizinkan platform Meta, dalam hal ini Facebook dan Instagram mempromosikan dan memfasilitasi perdagangan seks atau manusia.

Pendapat ini muncul karena anggota dewan tidak mampu menjelaskan bagaimana usaha mereka dalam menangani masalah terkait perdagangan seks, eksploitasi seksual dan eksploitasi anak

Gugatan tersebut merupakan kasus turunan, di mana pemegang saham menuntut pejabat dan direktur Meta yang diduga melanggar tugas mereka. Kerugian yang diakibatkan pun seringkali dibayarkan kepada perusahaan, bukan kepada pemegang saham. 

2 dari 4 halaman

Meta Menampik Dasar Gugatan yang Diajukan di Delaware Chancery Court.

Facebook meluncurkan tanda Meta baru mereka di kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California, Kamis, 28 Oktober 2021. Facebook Inc. yang diperangi mengubah namanya menjadi Meta Platforms Inc., atau Meta, untuk mencerminkan apa yang CEO Mark Zuckerberg mengatakan komitmennya untuk mengembangkan t

Dalam pernyataannya kepada AFP, Selasa (21/3/2023), juru bicara Meta, Andy Stone menampik gugatan tersebut. Ia mengatakan pihaknya melarang eksploitasi manusia dan eksploitasi seksual anak dengan tegas. 

“Klaim dalam gugatan ini salah menggambarkan upaya kami untuk memerangi aktivitas semacam ini. Tujuan kami adalah untuk mencegah orang yang berusaha mengeksploitasi orang lain menggunakan platform kami,” papar Stone dalam keterangannya. 

Co-Founder dan Chief Executive Meta, Mark Zuckerberg, mengatakan kepada Kongres pada 2019 bahwa eksploitasi anak adalah salah satu ancaman paling serius yang menjadi fokus platform. 

3 dari 4 halaman

Meta Banyak Hadapi Tuduhan

Facebook baru saja mengumumkan perubahan nama menjadi Meta. (Foto: Facebook)

Perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California ini telah lama menghadapi banyak tuduhan bahwa platformnya adalah surga bagi kasus-kasus pelanggaran seksual. 

Pada Juni 2021, Mahkamah Agung Texas mengizinkan tiga orang yang terjerat dengan pelakunya melalui Facebook untuk menuntut. Dikatakan bahwa Facebook tidak akan kebal dari hukum dan harus bertanggungjawa atas masalah perdagangan manusia di platformnya.

Secara terpisah, Meta juga telah menghadapi ratusan tuntutan hukum dari keluarga remaja dan anak-anak yang mengaku menderita masalah kesehatan mental akibat kecanduan Facebook serta Instagram.

Tak hanya itu, pihak dari beberapa distrik sekolah pun turut mengajukan tuntutan hukum atas masalah tersebut.

4 dari 4 halaman

Meta PHK 10.000 Karyawan Lagi

Ilustrasi logo Facebook sebagai salah satu platform layanan Meta. (Sumber foto: Pexels.com).

Usai pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran beberapa waktu lalu, Mark Zuckerberg mengumumkan, Meta akan kembali melakukan pemangkasan karyawan dalam jumlah besar.

Pengumuman lanjutan dari apa yang disebutnya sebagai "Tahun Efisiensi" ini, diunggah sang CEO melalui akun Facebook resminya. Selain itu, perusahaan juga akan lanjut membekukan perekrutan.

Melalui unggahan itu, Zuckerberg mengungkapkan, perusahaan induk Facebook dan Instagram itu bakal melakukan PHK hingga 10 ribu orang, serta menutup 5.000 lowongan terbuka yang belum terisi karyawan.

Dikutip dari unggahannya di Facebook, Rabu (15/3/2023), Zuckerberg mengungkapkan, selama beberapa bulan ke depan, pemimpin organisasi akan mengumumkan rencana restrukturisasi yang berfokus pada pemerataan organisasi.

Mereka juga akan membatalkan proyek dengan prioritas yang lebih rendah, serta mengurangi tingkat perekrutan karyawan.

Facebook sarang hoaks covid-19 infografis

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya