Julia Fox Dituding Pakai Obat Diabetes Ozempic untuk Turunkan Berat Badan, PERKENI Beberkan Efek Sampingnya

Julia Fox menurunkan berat badan dengan mengonsumsi Ozempic yang tak lain adalah obat diabetes

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 22 Mar 2023, 18:00 WIB
Julia Fox Lebih Memilih Mengonsumsi Obat Diabetes yaitu Ozempic untuk Menurunkan Berat Badan. Ozempic Disebut Sebagai Obat yang Dapat Menurunkan Badan. Julia Fox Berhasil Turun 7 Kilogram (Theo Wargo/Getty Images/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini aktris Italia-Amerika Julia Fox dituding menggunakan Ozempic dalam menurunkan berat badan. Tudingan ini muncul setelah bintang Uncut Gems mengalami penurunan berat badan hingga hampir 7 kilogram (kg)

Menurut Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD, KEMD, FINASIM, Ozempic adalah obat diabetes.

"Ini obat diabetes. Obat ini memang bisa menurunkan berat badan. Pertama dikembangkan untuk obat diabetes sesungguhnya dan berhasil sebagai obat diabetes," kata Ketut usai membahas diabetes bersama Novo Nordisk di Jakarta, Senin 20 Maret 2023.

"Di samping obat penurun gula ternyata berat badan juga turun. Sehingga obat ini dicoba untuk mereka yang belum diabetes tapi gemuk dan berat badannya pun turun. Dengan begitu, obat ini digunakan sebagai penurun berat badan," dia menambahkan.

Meski begitu, Ozempic yang disuntikkan seminggu sekali belum disahkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai penurun berat badan.

"Sementara ini (di Indonesia) hanya untuk diabetes," ujarnya.

Efek Samping Obat Diabetes Ozempic yang Digunakan Julia Fox

Obat golongan ini bisa menimbulkan efek samping, lanjut Ketut. Gejalanya mual seperti gejala maag dan perut kembung.

"Tetapi obat itu bisa dikurangi efek sampingnya dengan cara pemberian dosis awalnya kecil dulu. Jadi, biasanya dalam satu bulan dosis kecil dulu sehingga adaptasi dan efek sampingnya berkurang. Jadi, relatif aman sebenarnya," katanya.

Di Amerika, Ozempic dikenal sebagai obat resep yang disetujui Food and Drug Administration (FDA) untuk penderita diabetes tipe 2. Itu adalah salah satu nama merek obat yang bekerja di otak untuk memengaruhi rasa kenyang.

2 dari 4 halaman

Julia Fox Tepis Tudingan Gunakan Obat Diabetes Ozempic untuk Turunkan Berat Badan

Terkait tudingan penggunaan Ozempic, Julia Fox pun menyangkalnya. Perempuan 33 tahun itu bersikeras bahwa dia tidak mengonsumsi Ozempic.

Julia pun meyakinkan bahwa dirinya melakukan latihan keras untuk menurunkan berat badan.

“Orang-orang mengatakan bahwa saya mengonsumsi obat untuk penurunan berat badan. Orang mengatakan bahwa saya mengonsumsi Ozempic atau apa pun namanya,” katanya mengutip People Rabu (22/3/2023).

"Saya tidak pernah melakukannya. Saya tidak akan pernah melakukan itu. Ada penderita diabetes yang membutuhkannya," dia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Aktris Lain yang Diduga Menggunakan Ozempic Obat Diabetes untuk Menurunkan Berat Badan

Julia Fox bukan aktris pertama yang dituding menggunakan Ozempic untuk menurunkan berat badan.

Awal bulan ini, aktris Amerika lainnya, Alexia Nepola, membantah bahwa dia menggunakan Ozempic untuk menurunkan berat badan. Alih-alih suntik Ozempic, Nepola mengaku mendapat suntikan vitamin B12.

"Ini untuk energi, seperti nutrisi lainnya," kata perempuan 55 tahun itu.

Dia menambahkan, suntikan yang sama juga diberikan kepada rekan aktrisnya, Marysol Patton.

"Dokter telah memberikannya kepada Marysol karena dia merasa lemah dan lesu, dan mungkin harus melakukan sesuatu dengan dietnya, tetapi B-12 selalu menambah kesehatan siapapun," ujar Nepola.

4 dari 4 halaman

Daftar Artis yang Diduga Pakai Obat Diabetes untuk Kurus

Pada Januari, bintang Amerika lainnya yakni Kyle Richards juga membantah rumor bahwa dia menggunakan Ozempic, setelah dia memposting foto dirinya dalam balutan bikini.

"Saya TIDAK mengonsumsi Ozempic. Tidak pernah," tulis Richards setelah seorang penggemar membuat klaim.

"Saya belum pernah mencoba Ozempic dan ini bukan dari operasi plastik. Saya melakukan pengecilan payudara di bulan Mei."

Dia mengatakan bahwa penurunan berat badannya baru-baru ini akibat rajin olahraga di gym serta membuat perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

"Saya mulai menurunkan berat badan delapan bulan lalu, sebenarnya karena saya berhenti minum alkohol delapan bulan lalu," kata Richards.

"Itu bukan obat diet apapun, tidak pernah menyentuhnya. Jadi itu benar-benar membuat saya frustrasi karena saya berolahraga sangat keras," dia menekankan.

Infografis Journal: Gaya Hidup Buruk, Diabetes Mengancam Kaum Muda (Liputan6.com/Trie Yasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya