Perusahaan Kripto Korban Silicon Valley Bank Bertambah, Berikut Daftarnya

Deretan perusahaan kripto berikut turut terdampak dari runtuhnya Silicon Valley Bank.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 15 Mar 2023, 15:42 WIB
Silicon Valley Bank (SVB). Jumlah perusahaan kripto yang terdampak dari runtuhnya Silicon Valley Bank bertambah. (Foto: Instagram @siliconvalleybank)

Liputan6.com, Jakarta Jumlah perusahaan kripto yang terdampak dari runtuhnya Silicon Valley Bank bertambah. SVB telah lama menjadi sebagai salah satu pemberi pinjaman paling terkemuka untuk startup teknologi di dunia.

Penutupan Silicon Valley Bank pada Jumat lalu oleh Departemen Perlindungan Keuangan California menandai kegagalan bank terbesar kedua dalam sejarah Amerika setelah runtuhnya Washington Mutual selama krisis keuangan 2008. 

Dilansir dari Decrypt, Rabu (15/3/2023) deretan perusahaan kripto berikut turut terdampak dari runtuhnya bank Silicon Valley. 

Avalanche

The Avalanche Foundation, yang mendukung blockchain Avalanche, mengumumkan pada Jumat malam mereka memiliki lebih dari USD 1,6 juta atau setara Rp 24,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.372 per dolar AS) dalam eksposur ke Silicon Valley Bank.

Token asli Avalanche, AVAX Coin, saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 4,84 miliar atau setara Rp 74,4 triliun.

“Sehubungan dengan berita terbaru, kami ingin mengonfirmasi Avalanche Foundation tidak memiliki eksposur ke Silvergate dan sedikit lebih dari USD 1,6 juta eksposur ke Silicon Valley Bank. Avalanche Foundation turut berduka cita atas pemberitaan tentang SI dan SIVB, dan berharap semua deposan sembuh total,” kata perusahaan.

Yuga Labs

Yuga Labs, perusahaan senilai USD 4 miliar atau setara Rp 61,4 triliun yang juga perusahaan di balik koleksi NFT, Bored Ape Yacht Club mengungkapkan terpapar SVB. 

Salah satu pendiri Yuga, Greg Solano, mengatakan perusahaan memiliki eksposur yang sangat terbatas terhadap bank yang gagal tersebut, meskipun Yuga belum mengonfirmasi secara pasti berapa banyak.

usan investasi.

2 dari 3 halaman

Daftar Perusahaan Lainnya

Orang-orang berbaris di luar kantor Silicon Valley Bank di Santa Clara, California, Senin (13/3/2023). Beberapa hari setelah Silicon Valley Bank mengalami kebangkrutan, nasabah mengantre untuk mencoba mengambil kembali dana mereka dari salah satu bank yang menjadi andalan para startup tersebut. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP )

Proof

Proof, yang juga menjadi perusahaan pemimpin dalam NFT, terpukul lebih keras akibat keruntuhan SVB. Proyek Web3 yang dibuat oleh salah satu pendiri Digg Kevin Rose, yang berada di belakang koleksi NFT Moonbirds terkemuka, mengeluarkan pernyataan pada Jumat yang mengonfirmasi perusahaan tersebut memegang uang tunai sebagai Silicon Valley Bank.

“Proof memegang uang tunai di SVB. Namun Kami untungnya mendiversifikasi aset kami di ETH, stablecoin, dan juga fiat," kata perusahaan di twitter.

Proof belum mengungkapkan berapa jumlah uang tunai yang disimpan di SVB. Sementara perusahaan mengakui keruntuhan SVB "menyebalkan", itu juga menegaskan potensi kerugian tidak akan memengaruhi keamanan aset pelanggan, atau peta jalan Proof.

 

3 dari 3 halaman

Nova Labs

Sejumlah orang mengantre di luar Silicon Valley Bank untuk menarik dana di Santa Clara, California, Senin (13/3/2023). Nasabah SVB, terutama startups, pun kemudian banyak yang menarik dana mereka dari SVB untuk memenuhi likuiditas mereka. Penarikan dana yang terus menerus membuat SVB goyang dan memicu kekhawatiran. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP )

 

Nova Labs, startup di balik jaringan terdesentralisasi dan penyedia internet Helium, mengungkapkan paparan SVB Jumat malam.

"Nova Labs memiliki beberapa dolar  yang tersangkut di SVB, tetapi sebagian besar ada di institusi lain,” kata CEO Nova Labs dan salah satu pendiri Helium, Amir Haleem.

Dapper Labs

Dapper Labs, perusahaan di belakang koleksi NFT NBA Top Shot, mengatakan memiliki "saldo kas minimal" di Silicon Valley Bank, dan tidak terpengaruh secara material oleh kegagalan bank. Tapi perusahaan mengungkapkan masih dampak "minimal" yang dirasakan.

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan yang diambil.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya