Cetak Sejarah, Ruth E. Carter Jadi Wanita Kulit Hitam Pertama yang Menang Oscar 2 Kali Berkat Black Panther: Wakanda Forever

Simak pidato kemenangan Ruth E. Carter di Oscar 2023 yang meraih Piala Oscar kedua berkat film box office Black Panther: Wakanda Forever.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 13 Mar 2023, 10:15 WIB
Ruth E. Carter memenangkan kategori Desain Kostum Terbaik lewat Black Panther: Wakanda Forever. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)

Liputan6.com, Jakarta Ruth E. Carter meraih Piala Oscar kedua lewat film Black Panther: Wakanda Forever. Dia menang kategori Desain Kostum Terbaik di Academy Awards ke-95 atau Oscar 2023 yang digelar di Dolby Theatre, Hollywood, AS, Minggu (12/3/2023).

Carter berhasil mengalahkan empat nomine lainnya, yaitu Mary Zophres dalam film Babylon, Catherine Martin untuk film Elvis, Shirley Kurata dalam film Everything Everywhere All at Once, serta Jenny Beavan untuk Mrs. Harris Goes to Paris.

Kembali ke 2019, Ruth E. Carter menjadi wanita berkulit hitam pertama yang menang Oscar kategori Desain Kostum Terbaik. Kala itu, dia menang berkat keterlibatannya dalam produksi Black Panther.

Dengan begitu, kini desainer berusia 62 tahun tersebut telah mencetak sejarah baru sebagai perempuan berkulit hitam pertama yang memenangkan dua Piala Oscar.

2 dari 4 halaman

Pidato Kemenangan Ruth E. Carter

Ruth E. Carter memenangkan kategori Desain Kostum Terbaik lewat Black Panther: Wakanda Forever. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)

Dalam pidato kemenangannya, dia berterima kasih kepada pihak penyelenggara ajang prestisius ini. Ruth E. Carter mendedikasikan pialanya untuk ibunya.

"Terima kasih kepada Academy karena telah mengenalkan superhero wanita kulit hitam. Dia bertahan, dia mencintai, dia mengatasi (masalah), dia adalah setiap wanita dalam film ini. Dia adalah ibuku," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Tantangan Mendesain Kostum Wakanda Forever

Dalam sebuah wawancara dengan Variety, Ruth E. Carter mengungkap tantangan mendesain kostum untuk film Black Panther: Wakanda Forever yang bersentuhan dengan air.

"Kami meletakkannya di bawah air, dan semuanya naik begitu saja. Saya harus membuat ulang hal-hal yang diuji. Saya harus membebaninya karena terkadang kostum-kostum tersebut terlalu ringan, dan di lain waktu terlalu berat," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Aktor Kulit Hitam yang Pernah Menang 2 Kali

Sementara itu, prestasi yang sama sempat diraih Denzel Washington. Sang aktor pernah meraih dua Oscar lewat Training Day di 2002 dan Glory pada 1990.

Mahershala Ali juga menjadi aktor kulit hitam lainnya yang meraih dua Oscar, untuk Moonlight tahun 2016 dan Green Book di tahun 2018.

(Infografis Oscar/Deisy)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya