Tembus Semifinal Piala Asia U-20, Irak dan Uzbekistan Lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Peserta Piala Dunia U-20 2023 semakin lengkap. Ada dua negara yang memastikan berpartisipasi menyusul perempat final Piala Asia U-20 2023.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 12 Mar 2023, 20:33 WIB
Irak mencapai semifinal Piala Asia U-20 2023 dengan menyingkirkan banyak negara, salah satunya Indonesia. Hasil tersebut berbuah tiket Piala Dunia U-20 2023. (the-afc.com)

Liputan6.com, Jakarta - Peserta Piala Dunia U-20 2023 semakin lengkap. Ada dua negara yang memastikan berpartisipasi menyusul perempat final Piala Asia U-20 2023.

Pertama adalah Irak yang menang dramatis atas tetangga Iran. Bertanding di JAR Stadium, Sabtu (11/3/2023), mereka meraih kemenangan berkat gol Ali Jasim pada menit ke-90+1.

Dengan hasil ini, Irak bakal mengikuti Piala Dunia U-20 untuk kali kelima sepanjang sejarah. Pertama kali lolos pada 1977, capaian terbaik dicatat pada 2013 ketika menembus semifinal.

Pada partai di Milliy Stadium beberapa jam berselang, Uzbekistan menyusul setelah membungkam Australia 5-4 (1-1) lewat adu penalti. Australia memimpin terlebih dahulu melalui Gabriel Popovic ('77).

Namun, Uzbekistan membalas tidak lama berselang lewat Zafarmurod Abdurahmatov ('79). Tidak ada gol di 30 menit tambahan waktu sehingga pemenang harus ditentukan melalui babak tos-tosan.

Empat eksekutor awal Australia Nectarios Triantis, Archie Goodwin, Joshua Rawlins, dan Alexander Badolato sukses menunaikan tugas. Tapi tidak bagi algojo terakhir Adrian Segecic.

Sementara seluruh penendang Uzbekistan yakni Abbosbek Fayzullaev, Polatkhoja Kholdorkhonov, Nodirbek Abdurazzoqov, Makhmudjon Makhamadjonov, dan Umarali Rahmonaliyev berhasil memasukkan bola.

Seperti Irak, Uzbekistan tampil di Piala Dunia U20 untuk kali kelima. Mereka melaju hingga perempat final di dua partisipasi terakhir tahun 2013 dan 2015.

Dua tempat tersisa Piala Dunia U20 2023 bakal ditentukan hasil perempat final lain Piala Asia U-20 2023 yakni Korea Selatan vs China dan Jepang vs Yordania. Laga tersebut berlangsung Minggu (12/3/2023).

Berikut daftar lengkap peserta Piala Dunia U-20 2023:

Tuan Rumah

Indonesia

Eropa

Israel, Inggris, Prancis, Italia, Slovakia

Amerika Utara

Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat

Oseania

Fiji, Selandia Baru

Asia

Irak, Uzbekistan, ???, ???

Afrika

Gambia, Senegal, Nigeria, Tunisia

Amerika Selatan

Brasil, Uruguay, Kolombia, Ekuador

2 dari 3 halaman

Piala Dunia U-20 Disiarkan SCM

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono, foto bersama setelah jumpa pers pemegang hak siar Piala Dunia U20 2023 di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, Selasa, (28/2/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Piala Dunia U-20 2023 bakal digelar dalam hitungan hari. SCM Grup telah dipercaya untuk menjadi official broadcaster ajang sepak bola bergengsi yang dihelat di Tanah Air mulai tanggal 20 Mei hingga 11 Juni tersebut.

Direktur Utama SCM Grup, Sutanto Hartono menjelaskan, seluruh pertandingan Piala Dunia U-20 2023 nantinya dapat disaksikan melalui platform live streaming Vidio dan jaringan TV satelit Nex Parabola.

Namun, khusus layanan televisi free to air, Indosiar ditunjuk menjadi saluran utama yang akan menyiarkan pertandingan paling banyak, disusul oleh SCTV serta Moji yang juga berada di bawah naungan SCM Grup.

“Kalau (di Piala Dunia U-20) ini, Vidio akan menyiarkan semuanya (seluruh pertandingan). Kalau dari sisi free to air, kita akan bagi tugas. Indosiar kali ini menjadi lead-nya, sehingga Indosiar yang menyiarkan pertandingan lebih banyak,” tutur Sutanto saat ditemui dalam acara jumpa pers di SCTV Tower, Senayan, Selasa (28/2/2023).

“Lalu nanti akan diikuti SCTV dan Moji. Jadi itu tiga (saluran) televisi yang akan menyiarkan (pertandingan Piala Dunia U-20 2023). Kemudian nanti Nex Parabola juga akan menyiarkan seluruh pertandingan,” sambungnya dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu terkait jam tayang, Sutanto menjelaskan saat ini ada dua pemabagian waktu kick-off yang tengah didiskusikan. Namun hal itu masih bisa berubah, mengingat belum slot peserta Piala Duna U-20 2023 belum sepenuhnya terisi.

“Jam tayang ini sebenarnya masih digodok, masih difinalisasi. Tentatif, kalau tidak salah jamnya itu 3 atau 4 (sore) untuk kick-off pertama, yang kedua jam 8 malam. Akan tetai konsekuensinya kalau menggunakan dua kick-off time itu, selama babak penyisihan atau 16 besar, ada dua match pada saat yang sama,” paparnya.

“Jadi kita sedang memberikan masukan, kalau memang pertandingan mau dinikmati lebih luas, kami mengusulkan ada tiga kick-off time. Ini yang sedang dibahas oleh FIFA,” sambung Sutanto kepada awak media.

3 dari 3 halaman

Undian Piala Dunia U-20 2023 Berlangsung Akhir Maret

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zaenudin Amali memberikan sambutan saat launching merchandise resmi Piala Dunia U-20 2023 di Atrium Mall FX Sudirman, Senayan, Jakarta, Rabu (08/03/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Adapun terkait drawing, FIFA telah menunjuk Bali sebagai lokasi digelarnya pengundian Piala Dunia U-20. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

"Untuk drawing-nya, FIFA yang menentukan tempatnya, jadi bukan kita. FIFA menentukan akan dilakukan di Bali akhir Bulan Maret," ujar Menpora saat jumpa pers di Auditorium Wisma Menpora, Jakarta, Jumat (24/2/2023).

"Ini yang Asia saja baru mau (bertanding di) Piala Asia kan. Selain Indonesia, kita belum tahu (pesertanya) Jadi, diharapkan akhir Maret semua sudah ada perwakilan dari 24 negara termasuk Indonesia yang akan melakukan drawing tentang pengelompokan grup," jelasnya.

Sebelumnya, Menpora Amali juga menyatakan Indonesia sudah mendapat lampu hijau dari FIFA untuk mengadakan seremoni pembukaan dan penutupan Piala Dunia U-20 2023.

Menurut dia, agenda tersebut sejatinya tak umum diadakan di negara-negara lain yang sudah lebih dulu menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20. Walau begitu, Tanah Air telah mengantongi izin untuk menghelat acara yang dimaksud.

“Ada satu hal yang berbeda di (Piala Dunia) U-20 (Indonesia). Di beberapa negara sebelumnya, sebenarnya U-20 itu tidak ada seremonial pembukaan atau opening-nya,” tutur Menpora.

Infografis Piala Asia U-20 2023. (Liputan6.com/Trie Yasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya