Vanuatu Digempur Topan Kembar dan Gempa Bumi

Vanuatu mengumumkan keadaan darurat pasca bencana gempa dan topan. Gempa magnitudo 6,5 mengguncang negara itu pada Jumat (3/3/2023), sehari setelah Topan Judy melanda. Badai kategori empat itu memicu kerusakan dan banjir di seluruh negeri.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 04 Mar 2023, 16:00 WIB
Vanuatu Umumkan Status Darurat Usai Diterjang Dua Badai
Vanuatu mengumumkan keadaan darurat pasca bencana gempa dan topan. Gempa magnitudo 6,5 mengguncang negara itu pada Jumat (3/3/2023), sehari setelah Topan Judy melanda. Badai kategori empat itu memicu kerusakan dan banjir di seluruh negeri.
Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada 4 Maret 2023 oleh Jean-Baptiste Jeangène Vilmer, Duta Besar Prancis untuk Vanuatu dan Kepulauan Solomon, menunjukkan puing-puing di jalan di Port Vila. Negara Pasifik Vanuatu berada dalam keadaan darurat pada 3 Maret, setelah dua gempa bumi dan dua topan melanda dalam beberapa hari. (Jean-Baptiste Jeangène Vilmer / FRENCH EMBASSY VANUATU / AFP)
Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada 4 Maret 2023 oleh Jean-Baptiste Jeangène Vilmer, Duta Besar Prancis untuk Vanuatu dan Kepulauan Solomon, menunjukkan puing-puing di jalan di Port Vila. Gempa magnitudo 6,5 mengguncang negara itu pada Jumat (3/3/2023), sehari setelah Topan Judy melanda. Badai kategori empat itu memicu kerusakan dan banjir di seluruh negeri. (Jean-Baptiste Jeangène Vilmer / FRENCH EMBASSY VANUATU / AFP)
Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada 4 Maret 2023 oleh Jean-Baptiste Jeangène Vilmer, Duta Besar Prancis untuk Vanuatu dan Kepulauan Solomon, menunjukkan bangunan yang rusak di Port Vila. Di tengah situasi tersebut, penduduk setempat sekarang menghadapi badai tropis besar lainnya - Topan Kevin yang juga mendarat pada Jumat. (Jean-Baptiste Jeangène Vilmer / FRENCH EMBASSY VANUATU / AFP)
Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada 4 Maret 2023 menunjukkan pengendara yang bepergian melewati kabel listrik yang tumbang di Port Vila. Vanuatu telah meminta bantuan dari tetangga, Australia -tiga jam perjalanan dengan pesawat. Dan Canberra merespons dengan mengatakan akan mengirim air dan pasokan medis serta tim untuk menaksir kerusakan. (Jean-Baptiste Jeangène Vilmer / FRENCH EMBASSY VANUATU / AFP)
Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada 4 Maret 2023 oleh Jean-Baptiste Jeangène Vilmer, Duta Besar Prancis untuk Vanuatu dan Kepulauan Solomon, menunjukkan pesawat terbalik di sebelah landasan pacu di Port Vila. Berpenduduk sekitar 300.000 orang, Vanuatu telah dinobatkan sebagai negara yang paling rawan bencana alam oleh PBB. (Jean-Baptiste Jeangène Vilmer / FRENCH EMBASSY VANUATU / AFP)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya