PDIP Jaring Kader Internal Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024, Ada 4 Nama Mencuat

Sekretaris DPD PDI Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, partainya telah berdiskusi membahas kadernya yang bakal diusung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

oleh Winda Nelfira diperbarui 06 Feb 2023, 20:00 WIB
Wali Kota Surabaya Risma saat menjelaskan kepada Gibran terkait program kebijakannya saat memimpin Surabaya.(Liputan6.com/Fajar Abrori).

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris DPD PDI Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, partainya telah berdiskusi membahas kadernya yang bakal diusung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Menurut dia, ada empat nama kader yang mencuat yang akan bertarung di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Adapun sosoknya ialah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma, Kepala LKPP RI Hendrar Prihadi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan-RB) Abdullah Azwar Anas.

"Kita diskusi, diskusi itu menginventarisasi para kepala daerah dari PDIP yang kita anggap berhasil memimpin daerahnya, seperti Mas Gibran, Bu Risma, Pak Hendi yang sekarang LKPP, Mas Anas yang sekarang di menpan RB," kata Gembong di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/2/2023).

Dia menyatakan, nama-nama itu dipilih karena dianggap berhasil memimpin daerahnya. Diskusi itu, kata Gembong berlangsung di internal PDIP.

"Dalam diskusi internal partai, kita sudah mendisukusikan beberapa kepala daerah yang kita anggap berhasil memimpin daerahnya. Salah satunya adalah mas gibran," jelas Gembong.

Gembong menuturkan bahwa partainya memang berniat mengusung calon gubernur (cagub) dari kader partai sendiri. Hal tersebut, ujar Gembong telah sesuai dengan visi partai untuk mencetak para pemimpin.

"Ya tugas partai kan adalah untuk mencetak kader kan, tugas partai mencetak calon pemimpin, kewajiban kita menghadirkan hasil dari rekrutmen yang dilakukan oleh partai kemudian kita munculkan sebagai pemimpin, supaya fungsi partai betul-betul efektif," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Belum Buka Peluang dari Luar PDIP

Lebih lanjut, Gembong menyampaikan bahwa saat ini partainya belum akan membuka peluang untuk mengusung calon di luar kader partai.

PDIP, kata dia masih perlu menapaki tahapan-tahapan penyaringan para calon gubernur untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

"Belum, kita masih berkutat di internal, khususnya kepala daerah dulu," ucap dia.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya