Kostum Panggung BLACKPINK Jadi Sorotan, Mengundang Pujian Sekaligus Kritikan

Para personel BLACKPINK menerima reaksi beragam dari penonton atas pilihan pakaian mereka saat manggung.

oleh Henry diperbarui 15 Jan 2023, 19:00 WIB
Jadi girl group K-pop pertama di MTV VMA, penampilan BLACKPINK di karpet merah sukses menjadi sorotan. Keempat member yang terdiri dari Lisa, Jisoo, Jennie, dan Rose terlihat mengenakan pakaian serba hitam dengan gaya yang berbeda (Instagram/mtv).

Liputan6.com, Jakarta - BLACKPINK merupakan girl grup yang dikenal pnya selera fesyen yang sangat bagus. Terlebih lagi, keempat member BLACKPINK merupakan brand ambassador dari jenama fesyen terkenal seperti Channel, Celine, Dior, dan juga YSL.

Tak heran kalau penampilam mereka di berbagai kesempatan, termasuk saat manggung mendapat perhatain luas. Namun kostum panggung idol Korea Selatan ini dinilai menimbulkan kontroversi, dipenuhi dengan pendapat yang beragam. Ada pujian tapi ada juga kritikan dan cacian.

Melansir laman Kbizoom, Sabtu, 14 Januari 2023, kembalinya konser BORN PINK setelah dua tahun membawa perubahan drastis dalam gaya BLACKPINK. Sementara kostum panggung para anggota dipuji karena gaya provokatif dan memiliki ciri sendiri, sebagian besar menunjukkan ketidaksetujuan mereka karena dianggap tampil terbuka dan terlalu seksi.

Dari konser pertama mereka di Seoul hingga konser di Bangkok, BLACKPINK bersinar dengan desain pakaian yang mengesankan, menunjukkan persona panggung yang lebih berani. Jisoo menarik perhatian dengan kostum Y2K-nya dengan potongan-potongan yang canggih dan rumbai-rumbai yang menarik perhatian. Pakaian bodycon dan korsetnya menonjolkan fisiknya yang bikin banyak orang iri.

Rosé menguasai punggungnya dan memamerkan tubuh rampingnya dalam balutan tube top dan rok pendek. Lisa membanggakan tubuh dan kaki jenjangnya dengan pakaian yang mempesona. Penari utama BLACKPINK ini siap mengenakan berbagai pakaian dan masih berhasil menampilkan berbagai penampilan yang indah dan memikat.

Sedangkan Jennie mendapatkan perhatian paling besar dengan gaya balletcore-nya dengan wrap dress dan rok tulle berlapis. Gaya tersebut hampir digunakannya di berbagai pertunjukan. Pakaian ini menemaninya dalam salah satu pertunjukan yang paling viral, rutinitas twerking-nya di atas panggung saat konser di Paris.

Meski begitu, BLACKPINK juga menerima reaksi beragam dari penonton atas pilihan pakaian mereka. Mengenai selera pakaiannya, Jennie mengatakan dalam sebuah wawancara dengan ELLE, dia ingin diakui sebagai penampil yang penuh gairah dan profesional dan bukan karena kelas dan sensualitasnya.

 

2 dari 4 halaman

Fokus pada Pasar Internasional

Kostum Panggung BLACKPINK Jadi Sorotan, Mengundang Pujian Sekaligus Cacian. Photo by: @gridyhar.  (dok. Instagram @gridyhar/https://www.instagram.com/p/Cnbv9F0rXiv/Henry)

Menanggapi kritik yang sedang berlangsung, penggemar percaya BLACKPINK harus memiliki hak untuk mengejar citra apa pun yang mereka inginkan karena anggota termuda telah mencapai usia 26 tahun. Alasan lainnya, BLACKPINK berfokus pada pasar internasional seperti Amerika Utara dan Eropa, di mana ada perbedaan budaya yang sangat besar dengan Korea Selatan.

Hal itu memungkin ada ketidaksepakatan tentang apa yang dianggap pantas.  Selain itu, karena semua personel merupakan wajah utama dalam fesyen, para fans percaya wajar bagi para idola untuk mengambil pendekatan yang lebih berani terhadap gaya dan presentasi diri mereka.

Pada Desember 2022 lalu, BLACKPINK menggelar konser solo mereka yang bertajuk BORN PINK di Paris sebagai salah satu rangkaian World Tour mereka. Selama konser, seperti biasanya keempat anggota tampil memukau baik penampilan secara grup maupun saat mereka tampil solo membawakan lagu yang menonjolkan bakat masing-masing anggota.

Pada tanggal 11 dan 12 Desember 2022, keempatnya mengadakan pertunjukan dua hari mereka di Accor Arena, Paris, yang mampu menampung 20.300 penonton. Tiket kedua hari konser tersebut terjual habis, menunjukkan popularitas luar biasa grup ini di kota tersebut.

Mengutip kanal Citizen6 Liputan6.com, selama penampilan solo tiap anggota, outfit panggung konser di Paris sukses mencuri perhatian, hal itu karena tiap anggota terlihat memakai outfit yang disponsori oleh berbagai brand mewah yang mana mereka adalah Global Ambassador-nya.

Jennie tampil dengan outfit spesial dari Chanel, Lisa dengan outfit panggung merah buatan Celine, Rosé tampil elegan dengan dress simple tapi mewah dari Yves Saint Laurent, dan Jisoo tampil memukau dengan dress hasil karya Dior.

 

 

3 dari 4 halaman

Aura Mahal dengan Brand Mahal

Blackpink. (YG Entertainment)

Jisoo membawakan lagu "Liar" oleh Camila Cabello, sedangkan Jennie membawakan lagu baru berjudul "You & Me." Rosé dan Lisa masing-masing membawakan lagu solo mereka "On the Ground" dan "LALISA" serta "MONEY". Penampilan masing-masing personel ini tentu saja mencuri perhatian warganet.“AURA MAHAL DENGAN BRAND MAHAL THIS IS BLACKPINK,” komentar seorang warganet.

Jennie mengenakan gaun mini putih bertali dengan sabuk pita hitam, yang dirancang khusus untuknya oleh Chanel. Pelantun "SOLO" ini berbagi foto-foto dirinya mengenakan pakaian ini ke Instagram Stories-nya. Dalam satu slide, ia menulis, "Wearing special custom outfit for my solo stage by @virginieviard @chanelofficial Merci my chanel team for this dream work (Mengenakan pakaian spesial dari @chanelofficial untuk penampilan solo, terima kasih tim Chanel untuk kerja sama yang telah dimimpikan)."

Rosé terlihat mengenakan jaket kulit di atas gaun metalik dari Yves Saint Laurent, yang terkesan sangar namun tetap elegan. Tentu saja penampilannya ini membuat siapa saja yang melihatnya kagum akan kecantikannya

Jisoo mengenakan gaun hitam dari Dior yang nampak seperti seorang tuan putri. Ia juga membagikan beberapa fotonya dengan setelan Dior dengan menuliskan, "My special outfit for my @Dior family 🖤,"

Sebagai Global Ambassador Celine, tentu saja Lisa sangat tampil memukau dalam setelan khusus yang dirancang untuknya, ia terlihat seperti bintang pop yang cantik. Dia mengenakan pakaian crop berwarna merah menyala dengan celana pendek hitam. 

4 dari 4 halaman

Konser di Indonesia

Blackpink Born Pink World Tour at KSPO Dome, Seoul. (source: instagram.com/sooyaaa__)

Sementara itu, konser Blackpink yang bertajuk "Born Pink" di Stadon Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, sempat bikin simpang siur setelah Menpora menyatakan bahwa stadion tidak bisa digunakan untuk perhelatan lain, sebelum Piala Dunia U20 dilangsungkan. Dalam sebuah kesempatan, Menpora Zainudin mengatakan bahwa dia hanya menyampaikan aturan yang telah ditetapkan oleh FIFA terkait penggunaan stadion menjelang Piala Dunia U20.

"Jangan salah, saya ini tidak punya kewenangan untuk melarang atau mengizinkan, saya hanya menyampaikan apa yang sudah diatur oleh FIFA," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, pada 28 November 2022 lalu.  Di tengah persoalan ini, pihak promotor konser Blackpink di Jakarta, iME Indonesia menyatakan bahwa konser Jisoo dkk tetap berlangsung sesuai rencana awal.

Melansir kanal Showbiz Liputan6.com, dari unggahan yang disampaikan oleh promotor, tidak ada perubahan jadwal konser "Born Pink" di Indonesia, baik itu dari soal waktu, maupun tempat pelaksanaan."Hi Indonesian BLINKs, are you ready for BLACKPINK WORLD TOUR [BORN PINK] JAKARTA on 11 March 2023 at 7PM and 12 March 2023 at 6:30PM at Gelora Bung Karno Main Stadium?" kata pihak promotor, Rabu (7/12/2022).

Di waktu bersamaan, YG Entertainment selaku pihak agensi juga mengumumkan jadwal Asia Tour Blackpink. Dalam posternya tertera tertulis konser Born Pink di Jakarta akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 11 dan 12 Maret 2023.Penggemar yang sudah membeli tiket konser idola mereka merasa cukup tenang setelah mendengar kabar terbaru ini.

 

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya