Yuk Cari Tahu Tipe Kepribadian Berdasarkan Genre Musik yang Sering Kamu Dengarkan

Musik merupakan salah satu cara penting yang digunakan banyak orang untuk mengekspresikan identitasnya.

oleh Afifah Nur Andini diperbarui 20 Des 2022, 16:32 WIB
Tipe Kepribadian Berdasarkan Genre Musik Favorit (Freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta - Belum banyak penelitian yang mengeksplorasi hubungan antara tipe kepribadian seseorang dengan musik yang mereka dengarkan.

Namun, sebagian penelitian yang sudah dilakukan menegaskan bahwa keduanya memang memiliki keterkaitan, meskipun hanya sampai pada tingkat tertentu.

Berdasarkan situs Very Well Mind, Selasa (20/12/2022), hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog bernama Jason Rentfrow dan Sam Gosling menunjukkan, musik yang didengarkan seseorang dapat menghasilkan prediksi cukup akurat terhadap tipe kepribadian mereka.

Misalnya, dalam penelitian ini, seorang ekstrovertlebih menyukai bass line yang berat. Sementara untuk mereka yang menikmati gaya musik yang lebih kompleks seperti jazz dan musik klasik termasuk sebagai orang yang kreatif dan memiliki skor IQ yang lebih tinggi.

Melihat dari referensi tersebut, Rentfrow dan Gosling pun kembali memperluas studi mereka berdasarkan aspek-aspek spesifik dari musik.

Musik merupakan salah satu cara penting yang digunakan banyak orang untuk mengekspresikan identitasnya. Suatu studi secara lebih lanjut menunjukkan kalau musik mempunyai fungsi psikologis lainnya.

Fungsi-fungsi psikologis dari musik di antaranya adalah meningkatkan kinerja, merangsang rasa ingin tahu dan imajinasi, dan memperkuat suasana hati atau emosi tertentu.

Selain itu, studi ini juga mengindikasikan bahwa gender, usia, kelas sosial, dan latar belakang budaya seseorang memainkan peran penting dalam selera musik mereka.

Berdasarkan hal ini, secara umum kita bisa membuat perkiraan yang akurat tentang tingkat extraversion, kreativitas, dan keterbukaan pikiran (open-mindedness) seseorang dari 10 lagu favorit yang mereka dengarkan, berikut penjelasan singkatnya:

2 dari 4 halaman

Pecinta Musik Pop dan Penggemar Musik Rap

Ilustrasi musik, lagu, konser. (Photo by Marcela Laskoski on Unsplash)

Melalui situs Very Well Mind, Selasa (20/12/2022), para peneliti melakukan sebuah studi yang melibatkan 36.000 orang dan meminta mereka untuk menilai lebih dari 104 gaya musik mereka.

Mereka juga diminta untuk mengisi tes Big 5 Personality dan memberikan informasi tentang musik favoritnya.

Hasil studi menunjukkan, kepribadian dan selera musik memang terkait, tetapi perbedaan individu lainnya juga ikut berpengaruh.

Dari berbagai genre musik yang ada, berikut ini ciri kepribadian seseorang berdasarkan genre musik paling umum.

Pertama, musik pop. Orang yang lebih sering mendengarkan genre musik ini diiidentifikasi sebagai ekstrovert, jujur, dan konvensional.

Meskipun pecinta musik pop dikenal pekerja keras dan memiliki harga diri yang tinggi, para peneliti berpendapat mereka kurang kreatif dan lebih mudah gelisah.

Selanjutnya ada musik rap atau hip hop. Ada stereotip yang mengatakan kalau pecinta genre musik ini agresif atau kasar, tetapi para peneliti tidak menemukan hubungan tersebut.

Para penggemar musik hip hop cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan umumnya lebih supel daripada penggemar musik lain.

3 dari 4 halaman

Pecinta Musik Indie Cenderung Kreatif dan Introver

Ilustrasi lagu, musik. (Sumber: Unsplash)

Untuk pecinta musik rock atau heavy metal sering kali digambarkan sebagai seseorang yang mudah marah, berani, dan agresif.

Namun, studi menemukan kalau orang yang menyukai genre rock cenderung lembut, kreatif, dan introver. Selain itu, dibandingkan pecinta genre musik lain, mereka biasanya memiliki harga diri rendah.

Kemudian ada penggemar musik indie, yang tercatat sebagai seorang introver, intelektual, dan kreatif, tetapi kurang pekerja keras dan lebih lembut dibandingkan yang lainnya.

Kepasifan, kegelisahan, dan self-esteem yang rendah juga termasuk sebagai ciri kepribadian penggemar musik indie.

4 dari 4 halaman

Pecinta Genre Musik Dance, Klasik, dan Jazz

Ilustrasi musik, lagu, piano. (Photo by Claude Gabriel on Unsplash)

Sementara itu, untuk penggemar musik dance, biasanya dikenal ramah, tegas, dan suka bereskperimen. Akan tetapi, memiliki tingkat kelembutan yang lebih rendah dibandingkan yang lainnya.

Berbeda dengan penggemar musik klasik. Dalam penelitian ini, mereka umumnya diidentifikasi sebagai sosok yang tertutup, tetapi merasa nyaman dengan diri mereka sendiri.

Penggemar musik klasik juga terkenal akan kreativitas dan tingkat self-esteem yang sehat.

Terakhir, penggemar musik jazz, blues, dan soul. Pecinta ketiga genre musik tersebut diketahui sebagai seorang ekstrover dengan tingkat self-esteem yang tinggi. Merek juga cenderung sangat kreatif, cerdas, santai.

Banner Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya