Aksi Protes dengan Foto Mesut Ozil di Laga Spanyol vs Jerman Piala Dunia 2022

Dalam laga Spanyol vs Jerman di Grup E Piala Dunia 2022 terlihat banyak foto seorang mantan pemain sepak bola timnas Jerman terkenal, Mesut Ozil, yang dibawa oleh penonton-penonton di tribun.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 28 Nov 2022, 13:30 WIB
Foto Mesut Ozil di Laga Spanyol vs Jerman Piala Dunia 2022
Dalam laga Spanyol vs Jerman di Grup E Piala Dunia 2022 terlihat banyak foto seorang mantan pemain sepak bola timnas Jerman terkenal, Mesut Ozil, yang dibawa oleh penonton-penonton di tribun.
Penonton memegang foto pemain sepak bola timnas Jerman Mesut Ozil di tribun selama pertandingan Spanyol vs Jerman pada laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Dalam laga tersebut terlihat banyak foto Mesut Ozil, yang dibawa oleh penonton-penonton di tribun. (AP Photo/Petr David Josek)
Penonton memegang foto pemain sepak bola timnas Jerman Mesut Ozil di tribun pada akhir pertandingan Spanyol vs Jerman saat laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Sambil memegang foto Mesut Ozil, para penonton berpose sambil menutup mulut dengan tangan mereka. (AP Photo/Julio Cortez)
Penonton memegang sketsa Mesut Ozil di tribun selama pertandingan Spanyol vs Jerman pada laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Muncul sejumlah spekulasi bahwa aksi tersebut merupakan sindiran balik kepada Timnas Jerman yang protes atas keputusan FIFA dan Qatar yang melarang dukungan terhadap LGBT di Piala Dunia 2022. (AP Photo/Matthias Schrader)
Penonton memegang sketsa Mesut Ozil di tribun selama pertandingan Spanyol vs Jerman pada laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Aksi sindiran balik dari tribune Al-Bayt itu kemudian merujuk kepada tindakan rasialisme yang dilakukan Jerman kepada mantan pemainnya tersebut. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Penonton memegang foto Mesut Ozil di tribun selama pertandingan Spanyol vs Jerman pada laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Para penonton menuduh timnas Jerman dan DFB tidak bersikap 'adil' terhadap Mesut Ozil. (AP Photo/Matthias Schrader)
Penonton memegang foto Mesut Ozil di tribun selama pertandingan Spanyol vs Jerman pada laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Timnas Jerman dan DFB dinilai berani bersuara mengenai isu LGBTQ+, tapi di sisi lain tidak ikut bersuara terhadap isu yang dirasakan Mesut Ozil pada 2018, yang salah satunya adalah rasisme. (AP Photo/Petr David Josek)
Seorang penonton memegang sketsa mantan pesepakbola Jerman Mesut Ozil pada akhir pertandingan Spanyol vs Jerman saat laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor pada Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Perlu diketahui bahwa Mesut Ozil mundur dari karier timnasnya tidak lama setelah hasil mengecewakan Jerman di babak penyisihan grup di Piala Dunia 2018 Rusia. (AP Photo/Julio Cortez)
Penonton memegang foto Mesut Ozil di tribun dan menutup mulut mereka selama pertandingan Spanyol vs Jerman pada laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Mesut Ozil, yang merupakan keturunan imigran Turki kelahiran Jerman, merasa mengalami diskriminasi setelah dijadikan sebagai kambing hitam atas keluarnya Jerman dari Piala Dunia 2018 Rusia saat itu. (AP Photo/Matthias Schrader)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya