Rekomendasi 5 Restoran Makanan Halal di Korea, Jepang hingga Perancis

Restoran makanan halal merupakan salah satu fasilitas yang menjadi pencarian makanan dan minuman utama ketika berada di wilayah minoritas muslim. Menurut sumber dimuat dalam jurnal Al Kharaj terdapat beberapa syarat makanan yang tergolong halal.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 08 Nov 2022, 22:30 WIB
Ilustrasi makanan halal (Dok.Unsplash/Rachel Park)

Liputan6.com, Jakarta - Restoran makanan halal merupakan salah satu fasilitas yang menjadi pencarian makanan dan minuman utama ketika berada di wilayah minoritas muslim.

Menurut sumber dimuat dalam jurnal Al Kharaj terdapat beberapa syarat makanan halal.

Pertama, tidak mengandung bahan dari binatang yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi atau tidak disembelih menurut ketentuan ajaran Islam. Kedua, tidak mengandung bahan yang berasal dari binatang yang najis.

Kemudian ketiga, diproses menggunakan bahan atau peralatan yang terbebas dari najis dan haram. Terakhir, dalam proses pengadaan, pengolahan dan penyimpanannya, tidak bersentuhan atau berdekatan dengan bahan yang tidak memenuhi poin pertama, kedua, dan ketiga.

Tentu saja syarat makanan halal menjadi prioritas utama bagi para pelancong muslim. Bagi pelancong muslim yang sedang tour Asia dan Eropa tak perlu khawatir soal makanan halal, jika kebetulan berkunjung ke beberapa negara berikut bisa sekalian mampir ke restorannya.

Menurut Jurnal Al Kharaj, restoran-restoran di beberapa negara berikut tergolong halal.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 4 halaman

1. Wonjo Seoul Samgyetang di Korea

Restoran ini berada di 26 Nampo-dong, Jung-gu, Busan. Didirikan pada tahun 1960, dengan menu utama samgyetang. Samgyetang merupakan makanan khas asal Korea Selatan berupa sup ayam utuh dipadukan dengan kuah ginseng. 

Sup ini menggunakan beberapa bahan, seperti ayam muda yang diisi beras ketan, ginseng, jujube, bawang putih, chestnut, dan bahan lainnya. Dikutip dari berbagai sumber yang mengulas restoran ini, diketahui bahwa Wonjo Seoul Samgyetang menjadi rumah makan sup samgyetang yang muslim friendly karena semua bahan yang digunakan halal.

2. Ramen Ouka di Jepang                      

Restoran Ramen Ouka berada di area sibuk Shinjuku, Tokyo.  Restoran ini didirikan pada tahun 2015. Restoran Ramen Ouka telah memiliki sertifikat halal dari Masjid Otsuka.

Sebagaimana yang tertera pada situs web restoran ini, dijelaskan bahwa pihak restoran telah menjanjikan bahan-bahan berkualitas terbaik mulai dari ikan kakap putih dan daging halal hingga sayuran dan bumbu segar serta menjamin keamanan pangan 100% halal. 

3 dari 4 halaman

3. Maximus Steakhouse di Belanda

Restoran Maximus Steakhouse berada di pusat Amsterdam, tepatnya di Max Eeuwe Plein 27-29. Restoran ini menawarkan makanan steak lezat yang dipanggang di atas arang dan cocok untuk makan malam. Kapasitasnya dapat menampung lebih dari 100 tamu.

Selain itu, restoran ini juga cocok untuk para pengunjung muslim karena semua bahan yang digunakan merupakan bahan berkualitas segar dan juga berstandar halal.

4. Restoran Hasir di Jerman 

Restoran Hasir merupakan restoran tradisional yang terletak di Berlin, Jerman.  Telah ada sejak tahun 1970 dan merupakan restoran keluarga Aygün. Restoran ini sudah memiliki 6 restoran cabang yang terletak di beberapa wilayah di Berlin. 

Menawarkan berbagai hidangan panggang khas khas Turki, mezze buatan sendiri dan juga makanan penutup lainnya yang lezat.  Konsep dari restoran ini adalah makan bersama yang merupakan makanan dalam tradisional Turki. Dengan daging dan bahan-bahan yang digunakan dalam pengolahan kebab, setiap bahannya merupakan produk yang halal, karena restoran ini menyajikan masakan Turki yang khas dengan penuh citarasa dan halal.

4 dari 4 halaman

5. Le Confidentiel di Perancis

Restoran Le Confidentiel merupakan restoran yang menawarkan makanan dengan proses pengolahan menggunakan keahlian memasak halal di Paris, Perancis karena. Diketahui juru masak restoran ini memiliki pengalaman luar biasa dalam menyajikan hidangan kelas atas yang halal bagi konsumennya. 

Menu yang ditawarkan terdiri dari Entrées (hidangan pembuka) yang di dalamnya terdapat salad dengan campuran dada ayam, alpukat, telur puyuh. Selain itu, juga terdapat olahan udang, carpaccio dengan daging sapi, lumpia yang menggunakan dada ayam.

Restoran ini juga memiliki menu lain yaitu Plats yang terdiri dari olahan daging seperti daging sapi, daging domba, daging ayam, dan daging ikan salmon. Makanan tersebut diolah dengan menggunakan bahan-bahan yang halal.

Penulis : Putry Damayanty

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya