Pemain Top, 5 Nama yang Berpotensi Memboyong Bola Emas Piala Dunia 2022

Sederet pesepakbola top yang berpotensi membawa pulang Bola Emas pada Piala Dunia FIFA 2022 Qatar.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Nov 2022, 00:11 WIB
Paris Saint-Germain (PSG) semakin dekat dengan gelar juara Ligue-1 2021/2022 usai menang 2-1 atas pesaing terdekat, Marseille dalam laga lanjutan pekan ke-32, Senin (18/4/2022) dini hari WIB. (AFP/Franck Fife)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia tak hanya jadi ajang kompetisi sepak bola internasional saja. Ajang ini menjadi kesempatan bagus untuk para pemain menunjukkan kehebatannya. Tentunya bukan tanpa alasan. Piala Dunia FIFA pada setiap turnamennya akan menganugerahkan beberapa penghargaan untuk para pemain, salah satunya Bola Emas. Apa itu Bola Emas? 

Bola Emas atau Golden Ball adalah bentuk penghargaan kepada pemain terbaik di setiap putaran Piala Dunia. Penghargaan yang telah dilakukan sejak Piala Dunia FIFA 1982 Spanyol.

Pada Piala Dunia FIFA 2022 Qatar banyak nama-nama top yang digadang-gadang akan memenangkan Bola Emas. Ini menjadi kesempatan untuk para bintang lapangan menunjukkan kualitas dan kemampuan. Bukan hanya untuk diri sendiri saja. Tim dan negara pun bisa mendapat lebih banyak kesempatan kedepannya. 

Lantas, pemain-pemain mana sajakah yang diperkirakan memboyong Bola Emas? Apakah jagoan Anda salah satunya? Yuk, intip sederet pesepakbola top yang berpotensi membawa pulang Bola Emas pada Piala Dunia FIFA 2022 Qatar berikut ini!

1. Neymar

Sejak Piala Dunia 2014 Brasil, Neymar telah disorot karena kehebatannya di lapangan. Pemain sayap Prancis Paris Saint-Germain (PSG) ini menjadi kandidat terfavorit yang berpotensi membawa pulang Bola Emas.

Alasannya Neymar memiliki rekam jejak yang bagus. Dirinya tercatat dapat memecahkan rekor pencetak gol terbanyak untuk tim nasional Brasil. Piala Dunia FIFA 2022 Qatar menjadi kesempatan terbaik bagi Neymar untuk menunjukkan level bermainnya yang semakin tangkas.

2 dari 5 halaman

2. Lionel Messi

Lionel Messi. Sayap kanan Timnas Argentina berusia 35 tahun yang sejak awal musim 2021/2022 memperkuat PSG ini menjadi salah satu pemain aktif dengan koleksi gol terbanyak di ajang Piala Dunia dengan 6 gol dari total 19 laga dalam 4 edisi Piala Dunia. Rinciannya adalah 1 gol dicetaknya pada Piala Dunia 2006, 4 gol pada edisi 2014 dan 1 gol di edisi 2018 Rusia lalu. Sementara pada edisi 2010 ia gagal mencetak 1 gol pun untuk Timnas Argentina. (AP/Eduardo Munoz Alvarez)

Pemain terkenal kelas dunia, Lionel Messi masuk dalam daftar pemain top yang berkemungkinan memboyong Bola Emas pada Piala Dunia FIFA 2022 Qatar. Bakat dan kepercayaan diri kapten tim nasional Argentina ini lantas menetapkan standar yang tinggi untuk timnya.

Tak heran, Messi dikenal sebagai pemain penting dan hebat bagi negaranya.  In menjadi Piala Dunia terakhir buat Messi sehingga dia bakal habis-habisan untuk Albiceleste.

3 dari 5 halaman

3. Karim Benzema

Karim Benzema menjadi salah satu aktor utama di balik kesuksesan Real Madrid pada musim ini usai berhasil meraih trofi Liga Champions dan gelar juara Liga Spanyol. Dipercaya tampil sebanyak 46 kali di semua kompetisi, ia mampu melesatkan 44 gol dan 15 assist untuk Los Blancos. Perannya nyaris tak tergantikan di lini depan skuat asuhan Carlo Ancelotti. Bahkan, Benzema diprediksi akan menjadi kandidat kuat peraih Ballon d'Or tahun ini. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Musim 2021-22 menjadi musim terbaik Karim Benzema bersama Real Madrid. Dirinya mampu meloloskan 44 gol dan 15 assist dalam 46 penampilannya untuk tim. Benzema juga meraih Ballon d'Or pada 2022.

Hal ini lantas menjadikan Benzema sebagai kandidat favorit untuk meraih Bola Emas pada putaran Piala Dunia FIFA 2022 Qatar. Benzema kerap terkendala dengan cedera.

Selama tubuhnya fit, Benzema bisa jadi momok buat pertahanan lawan. Ini pula yang terjadi saat dia main di Real Madrid.

4 dari 5 halaman

4. Luka Modric

Luka Modric. Gelandang Kroasia berusia 36 tahun yang kini memasuki musim ke-11 membela Real Madrid ini mampu meraih Ballon d'Or pada edisi 2018 usai Real Madrid menjuarai Liga Champions musim 2017/2018 dan membawa Kroasia menjadi runner-up Piala Dunia 2018. Namun pada penghargaan Ballon d'Or edisi 2019 dirinya sama sekali tidak masuk dalam nominasi usai Real Madrid tak meraih satu pun gelar di musim 2018/2019. (AFP/Gabriel Bouys)

Luka Modric tercatat dengan segudang prestasi di lapangan hijau. Dirinya pernah memboyong pulang Ballon d’Or pada tahun 2018. Selain itu, dirinya memenangkan Bola Emas Piala Dunia FIFA 2018 Rusia.

Gelandang Kroasia ini masih menjadi favorit untuk mengulang kemenangan sekali lagi. "Singa Tua" asal Kroasia ini dipastikan bakal penasaran untuk membawa negaranya ke puncak kejayaan.

Setidaknya, ini bakal menjadi Piala Dunia terakhir bagi Modric yang sudah berusia 37 tahun.

5 dari 5 halaman

5. Vinicius Junior

Piala Dunia FIFA 2022 Qatar menjadi kompetisi Piala Dunia pertamanya bersama tim nasional Brasil. Sebelumnya Vinicius telah mencetak 22 gol dan 20 assist dalam 52 pertandingan di beberapa kompetisi bersama Real Madrid.

Penyerang dengan 14 caps ini terlihat sangat siap memanfaatkan peluang membawa pulang Bola Emas.  Tak hanya mencetak gol, Vinicius juga seorang pemberi umpan atau assist yang ulung.

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

Infografis Grup E Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya