Jelang Copenhagen vs Manchester City di Liga Champions, Pep Guardiola Pilih Abaikan Liverpool

Manajer Manchester City Pep Guardiola ingin berfokus menghadapi Copenhagen di Liga Champions. Juru taktik berkepala plontos itu punya ambisi besar untuk mengantar anak-anak asuhnya tembus ke babak 16 besar.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 11 Okt 2022, 22:00 WIB
Manajer Manchester City Pep Guardiola. (AP Photo/Jon Super)

Liputan6.com, Copenhagen - Manchester City bakal melakoni matchday keempat Grup G Liga Champions dengan bertandang ke markas Copenhagen, Selasa (11/10/2022) pukul 23.45 WIB.

Seperti diketahui, anak-anak asuh Pep Guardiola sebelumnya sukses mengemas tiga kemenangan beruntun dari tiga laga pembuka kompetisi sepak bola elite Eropa.

The Citizens berjaya dengan empat gol tanpa balas saat meladeni Sevilla di pertandingan pembuka pada awal September. Erling Haaland dan kawan-kawan kembali menuai hasil positif 2–1 ketika menjamu Borussia Dortmund di matchday kedua.

Penampilan City kian tak terbendung kala berduel dengan Copenhagen pada Kamis (6/10/2022) lalu. Brace Haaland (‘7, ’32), gol bunuh diri Davit Khocholava (’39), penalti Riyad Mahrez (’55), dan aksi Julian Alvarez (’76) mengantar The Citizens unggul 5–0.

Manchester City akan kembali meladeni lawan yang sama di matchday keempat Liga Champions. Guardiola bertekad meraih kemenangan kedua atas Copenhagen demi mengukuhkan posisinya di puncak klasemen sementara Grup G.

Guna mewujudkan misi tersebut, eks manajer Barcelona menegaskan pihaknya kini hanya akan berfokus pada klub Denmark. City memilih mengabaikan sementara Liverpool, yang bakal menjadi lawan mereka di pekan ke-11 Liga Inggris 2022/2023.

“Saya (hanya) berpikir soal Copenhagen karena saya ingin (City) finis di posisi pertama grup. Kami harus menang di sana (di markas Copenhagen),” ujarnya kepada awak media, seperti dilansir dari laporan Mirror.

“Kami harus menyelesaikan kualifikasi dan memenuhi target pertama di paruh musim ini. Kami ingin sampai di sana, (di babak) 16 besar,” pungkas Guardiola.

2 dari 5 halaman

Masih Ada Waktu

Gelandang Manchester City Bernardo Silva (tengah) mengontrol bola dalam matchday ketiga Grup G Liga Champions 2022/2023 saat menjamu FC Copenhagen di Etihad Stadium, Kamis (6/10/2022) dini hari WIB. Erling Haaland mencetak dua gol, ditambah Mahrez dan Avarez, sementara satu gol lainnya hasil bunuh diri pemain Copenhagen, Khocolava. (AP Photo/Dave Thompson)

Guardiola menilai Manchester City masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri sebelum dijamu Liverpool. Pasalnya, The Citizens memang memiliki selang waktu empat hari pasca pertandingan kontra Copenhagen di Liga Champions.

Kendati demikian, Guardiola enggan meremehkan The Reds. Apalagi klub yang ditukangi oleh Jurgen Klopp itu sempat menjadi rival sengit City kala memperebutkan gelar juara Premier League musim lalu.

“Setelah itu (laga melawan Copenhagen), kami punya empat hari untuk mempersiapkan diri sebelum ke Anfield. (Saya) tidak akan terkenjut jika duel itu nantinya berjalan sangat menarik, sulit, dan kompetitif,” papar Guardiola.

“Ujian terbesar yang kita hadapi di (Liga) Inggris menurut saya akan tersaji pada hari Minggu depan (dalam pertandingan kontra Liverpool),” pungkasnya.

3 dari 5 halaman

Senjata Andalan

Penyerang Manchester City Erling Haaland berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Copenhagen dalam matchday ketiga Grup G Liga Champions 2022/2023 di Etihad Stadium, Kamis (6/10/2022) dini hari WIB. Manchester City berpesta saat menjamu FC Copenhagen di Liga Champions. (Nick Potts/PA via AP)

Manchester City sebenarnya punya senjata pemungkas saat menghadapi Copenhagen dan Liverpool. Erling Haaland bisa menjadi amunisi penting untuk membantu The Citizens tampil dominan atas lawannya.

Sekadar informasi, Haaland merupakan rekrutan anyar City di bursa transfer musim panas. Meski baru didatangkan dari Borussia Dortmund, pemain internasional Norwegia itu langsung tampil moncer bersama klub barunya.

Ia sukses menjebol gawang lawan 20 kali hanya dalam 13 pertandingan bersama City di semua ajang. Gol teranyar Haaland tersaji dalam duel melawan Southampton. Ia mempertegas kemenangan timnya usai mengoyak jaring The Saints pada menit ke-65.

Daily Mail mengeklaim catatan Haaland membuatnya nyaris mengoleksi 200 gol sepanjang kariernya di kancah sepak bola. Capaian itu tergolong mengesankan, mengingat Haaland saat ini baru menginjak usia 22 tahun.

4 dari 5 halaman

Peluang City

Striker Manchester City, Erling Haaland disambut rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Southampton dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023, Sabtu (8/10/2022) malam WIB. (AP Photo/Jon Super)

Bicara dari segi peluang, Manchester City punya kesempatan besar untuk menaklukkan The Reds di Liga Inggris. Sebabnya, mereka lebih teruji dibanding calon lawannya.

Liverpool diketahui hanya mampu menempati peringkat 10 klasemen sementara dengan raihan 10 angka. Anak-anak asuh Jurgen Klopp baru menang dua kali dari total delapan pertandingan yang sudah dilalui musim ini.

Juru taktik The Reds sendiri tak menampik bahwa City merupakan lawan yang sulit. Kendati demikian, ia menegaskan anak-anak asuhnya akan tetap berjuang di laga tersebut.

“Dalam situasi seperti ini, kami melawan Arsenal, (selanjutnya) menghadapi Rangers (di Liga Champions), lalu bermain dengan Man City. Apakah mereka lawan-lawan yang bagus untuk mengembalikan kepercayaan diri kami? Mungkin tidak. Namun, kami akan tetap berjuang, itulah yang harus kami lakukan,” tutur Klopp.

5 dari 5 halaman

Peringkat

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya