Biar Makin Hot, Ini 9 Makanan dan Minuman yang Bantu Tingkatkan Libido

Apakah Anda merasa khawatir dengan tingkat libido Anda saat akan melakukan hubungan seksual dengan pasangan? Tak perlu pusing, cukup konsumsi makanan-makanan ini sebelum pergi ke kamar tidur.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Okt 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi pasangan suami istri di tempat tidur/copyright freepik.com/lookstudio

Liputan6.com, Jakarta - Makanan memiliki kandungan yang berbeda-beda dengan asupan nutrisi yang juga bervariasi. Terdapat beberapa makanan yang mengandung zat-zat yang baik untuk dikonsumsi sebelum melakukan hubungan seksual.

Hubungan seksual memang menjadi sebuah kebutuhan penting bagi pasangan suami istri. Aktivitas ini sering dilakukan pada masa-masa subur agar bisa cepat hamil atau hanya sekadar untuk mendapatkan kepuasan seksual.

Pasangan akan melakukan hubungan seksual untuk menyalurkan gairah seksualnya. Meskipun demikian, setiap orang memiliki libido atau gairah seksual yang berbeda.

Tinggi rendahnya libido akan menjadi masalah jika terdapat ketidakseimbangan antara hasrat Anda dengan pasangan. Libido yang rendah kerap kali menjadi keluhan para pasangan.

Ada banyak faktor yang memengaruhi tingkat libido seseorang seperti medikasi, hormon, kesehatan fisik, kesehatan mental, dan suasana hati. Salah satu aspek lain yang juga memengaruhi gairah seksual adalah makanan. Dan, rupanya ada makanan yang bermanfaat dikonsumsi sebelum melakukan hubungan seksual. 

2 dari 5 halaman

1. Tiram

Konsumsi oyster

Tiram kaya akan zinc yang membantu tubuh dalam produksi testosteron. Ini adalah hormon yang memainkan peran besar dalam meningkatkan suasana hati dan hasrat untuk melakukan hubungan seks. Zinc juga dapat membantu pria membuat lebih banyak sperma dan membantu sperma itu bergerak lebih gesit. 

Bukan penggemar kerang? Penuhi tubuh Anda dengan makanan lain yang tinggi zinc, seperti daging sapi, daging babi, sereal yang , biji labu, kacang mete, dan yogurt.

2. Delima

Buah ini telah dikenal sebagai simbol kesuburan dan penambah seks sepanjang sejarah. Ternyata cerita-cerita ini ada benarnya.

Para ahli mengatakan bahwa minum jus delima dapat meningkatkan suasana hati, aliran darah, dan kadar testosteron Anda. Hal tersebut ialah faktor-faktor yang dapat membuat suasana di tempat tidur malam ini semakin 'panas'.

3. Cokelat

Cokelat selalu dikaitkan dengan hal-hal romantis. Suguhan satu ini berkaitan dengan pelepasan serotonin, hormon yang mendorong perasaan bahagia dan ketenangan.

Peningkatan suasana hati yang dibawa cokelat juga dapat meningkatkan gairah seks Anda. Makanan favorit ini juga kaya akan phenylethylamine (PEA), bahan kimia otak yang berhubungan dengan nafsu dan cinta.

3 dari 5 halaman

4. Bayam

Ilustrasi Bayam Credit: unsplash.com/Louis

Sayuran kesukaan tokoh kartun Popeye ini bisa meningkatkan gairah seks Anda dengan lebih dari satu cara. Sayuran hijau ini kaya akan magnesium, mineral yang dapat meningkatkan testosteron Anda.

Selain itu, bayam juga memiliki zat besi yang dapat membantu hasrat, gairah, orgasme, dan kepuasan seksual, terutama pada wanita.

5. Semangka

Buah berair ini mengandung banyak asam amino yang disebut sitrulin. Tubuh Anda kemudian mengubahnya menjadi arginin, asam amino lain yang membantu mengendurkan pembuluh darah Anda.

Ini akan membuat darah memompa organ seks Anda dengan cara yang sama seperti Viagra—salah satu pilihan obat kuat pria—bekerja untuk mengobati disfungsi ereksi.

6. Alpukat

Buah berwarna hijau kekuningan ini penuh dengan lemak dan serat yang menyehatkan jantung dan dapat memberikan energi 'tak terbatas' di kamar tidur.

Alpukat juga mengandung vitamin B6, yang menurut para ahli berperan dalam meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) seperti kelelahan, kembung, dan perasaan mudah tersinggung. Semua kandungan itu membantu memudahkan wanita untuk masuk ke dalam suasana hati yang romantis.

4 dari 5 halaman

7. Stroberi

Sumber : Freepik

Baik dicelupkan ke dalam cokelat atau ditambahkan krim kocok di atasnya, stroberi adalah pilihan romantis,

Stroberi merupakan buah tinggi vitamin C yang dapat membantu meningkatkan gairah seks, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi stres serta kecemasan.

Ini juga membantu tubuh melepaskan lebih banyak hormon yang disebut oksitosin. Hormon ini dikenal sebagai hormon 'cinta' karena hubungannya dengan gairah seksual dan orgasme.

8. Kopi atau Teh

Minuman ini memberikan asupan kafein yang meningkatkan sistem saraf. Sehingga membantu pria 'bermain' lebih baik di kamar tidur. Kafein juga dapat menurunkan kemungkinan disfungsi ereksi.

Tak hanya itu, kopi dan teh juga kaya antioksidan yang dapat membantu Anda tetap sehat. Akan tetapi, jangan konsumsi kopi sebelum tidur, ya. Sebab ia akan mengganggu jam tidur.

9. Maca

Berasal dari pegunungan Peru, tanaman maca telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan kesuburan.

Saat ini, penelitian menunjukkan bahwa akarnya dapat meningkatkan hasrat seksual. Fitonutrien— bahan kimia yang diproduksi oleh tanaman—juga dapat meningkatkan jumlah sperma dan fungsi seksual.

Akar maca sering dijual dalam bentuk bubuk yang rasanya seperti tanah dengan sedikit sensasi pedas. Anda bisa menambahkannya ke yogurt, smoothie, salad, sup, atau makanan yang dipanggang.

5 dari 5 halaman

10. Ikan

ilustrasi resep ikan salmon/copyright Rawpixel

Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel kaya akan omega-3. Lemak sehat ini meredakan peradangan dalam tubuh Anda dan menjaga kesehatan seksual Anda.

Jika Anda bukan penggemar makanan laut, Anda bisa mendapatkan omega-3 dari biji rami, biji chia, dan kenari.

 

Selain makanan-makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum melakukan hubungan intim, adapula makanan dan minuman yang perlu dihindari, yaitu:

1. Alkohol dalam jumlah tinggi

Segelas alkohol dapat merilekskan tubuh. Akan tetapi, meneguk terlalu banyak alkohol berdampak pada kehidupan seks Anda.

Hal ini karena alkohol menurunkan testosteron dan meredam sistem saraf Anda yang mempengaruhi sirkulasi dan sensitivitas saraf. Jadi, mungkin lebih sulit bagi Anda untuk menjadi terangsang.

Minum terlalu banyak juga bisa membuat Anda dehidrasi. Hal itu dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan vagina kering.

2. Lemak Jenuh

Makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi seperti daging sapi berlemak dan mentega dapat mengganggu sirkulasi darah Anda dari waktu ke waktu. Makanan ini juga memperlambat aliran darah ke organ seks Anda.

Dalam jangka pendek, makanan mengandung daging juga dapat menimbulkan masalah lantaran memakannya menyebabkan bau badan.

(Penulis: Adelina Wahyu Martanti)

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya