Ramai-Ramai Warga Rusia Hindari Wajib Militer dengan Kabur ke Georgia

Antrean panjang kendaraan telah terbentuk di penyeberangan perbatasan antara wilayah Ossetia Utara Rusia dan Georgia setelah Moskow mengumumkan mobilisasi militer secara parsial.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 28 Sep 2022, 08:05 WIB
Warga Rusia Hindari Wajib Militer dengan Kabur ke Georgia
Antrean panjang kendaraan telah terbentuk di penyeberangan perbatasan antara wilayah Ossetia Utara Rusia dan Georgia setelah Moskow mengumumkan mobilisasi militer secara parsial.
Sekelompok orang Rusia berjalan setelah melintasi perbatasan di Verkhny Lars antara Georgia dan Rusia di Georgia, Selasa (27/9/2022). Antrean panjang kendaraan telah terbentuk di penyeberangan perbatasan antara wilayah Ossetia Utara Rusia dan Georgia setelah Moskow mengumumkan mobilisasi militer secara parsial. (AP Photo/Zurab Tsertsvadze)
Warga Rusia berbaris setelah melintasi perbatasan di Verkhny Lars antara Georgia dan Rusia di Georgia, Selasa (27/9/2022). Jalanan yang menuju perbatasan Georgia, kini dipenuhi warga Rusia yang menghindari wajib militer menuju perang Ukraina. (AP Photo/Zurab Tsertsvadze)
Sekelompok pria Rusia berjalan dengan sepeda mereka setelah melintasi perbatasan di Verkhny Lars antara Georgia dan Rusia di Georgia, Selasa (27/9/2022). Georgia menjadi pilihan utama bagi mereka yang menghindari mobilisasi militer, karena warga Rusia bisa masuk dan tinggal di sana selama setahun tanpa visa. (AP Photo/Zurab Tsertsvadze)
Warga Rusia mengendarai mobil dengan plat nomor Rusia setelah melintasi perbatasan di Verkhny Lars antara Georgia dan Rusia di Georgia, Selasa (27/9/2022). Antrean telah menumpuk di Verkhnii Lars yang melintasi dari Ossetia Utara ke Georgia dan penyeberangan perbatasan lainnya sejak pengumuman wajib militer oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. (AP Photo/Zurab Tsertsvadze)
Dua pria Rusia mengendarai sepeda mereka setelah melintasi perbatasan di Verkhny Lars antara Georgia dan Rusia di Georgia, Selasa (27/9/2022). Gelombang eksodus warga Rusia telah terjadi sejak beberapa hari terakhir menuju sejumlah negara tetangga seperti Finlandia hingga Georgia. (AP Photo/Zurab Tsertsvadze)
Sekelompok orang Rusia berjalan setelah melintasi perbatasan di Verkhny Lars antara Georgia dan Rusia di Georgia, Selasa (27/9/2022). Rusia dilaporkan akan melarang warga laki-laki ke luar negeri mulai pekan ini, ketika semakin banyak pria kabur demi menghindari wajib militer. (AP Photo/Zurab Tsertsvadze)
Sekelompok orang Rusia berjalan setelah melintasi perbatasan di Verkhny Lars antara Georgia dan Rusia di Georgia, Selasa (27/9/2022). Sementara itu, warga lainnya turun ke jalan, menggelar demonstrasi menolak wamil di berbagai titik di Rusia. Lebih dari 1.000 warga ditangkap dalam demo ini. (AP Photo/Zurab Tsertsvadze)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya