Jadwal FIFA Matchday, 24 September 2022: Timnas Brasil vs Ghana

Timnas Brasil menggelar FIFA matchday menghadapi Ghana. Ajang ini sebagai sarana persiapan sebelum berpartisipasi di Piala Dunia 2022 nanti. Simak selengkapnya di artikel ini.

oleh Muhammad Farhan diperbarui 23 Sep 2022, 21:35 WIB
Timnas Brasil menghadapi Ghana. (AFP/Carl De Souza)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Brasil akan menjalani FIFA matchday dengan menghadapi Ghana. Laga nanti masuk serangkaian persiapan sebelum tampil di Piala Dunia Qatar 2022 pada bulan November-Desember mendatang.

Pertandingan bakal digelar di Stade Oceane, Prancis, Sabtu (24/09/2022) pukul 01.45 dini hari WIB.

Sebelum duel ini, Tim Samba telah menggelar dua laga uji coba dan selalu meraih kemenangan. Laga pertama kontra Korea Selatan berhasil bungkam dengan skor 5-1. Gol-gol dilesatkan ke gawang Korea Selatan melalui Richarlison, Neymar, Philiphe Countinho, dan Gabriel Jesus. Sementara, Korea Selatan hanya mampu cetak gol hiburan dari Hwang Eui-jo.

Selanjutnya, menghadapi Jepang dan unggul 1-0. Kala itu penalti Neymar menjadi faktor pembeda.

Di sisi lain, Ghana juga melakoni laga uji coba menghadapi Jepang pada Juni lalu. Akan tetapi, hasilnya sangat kontras dengan yang diraih Brasil. Tim berjuluk The Black Starts harus menerima malu dengan takluk 1-4 di Noevir Stadium. Gol satu-satunya Ghana dicetak oleh Jordan Ayew pada menit ke-44.

Kedua tim ini terakhir kali bertemu dalam laga uji coba pada tahun 2011. Kala itu, Selecao berhasil menang tipis 1-0 melalui gol semata wayang Leandro Damiao.

2 dari 4 halaman

Daftar Pemain

Timnas Brasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Peru dan berhak melaju ke final Copa America 2021. (AFP/Mauro Pementel)

Pelatih timnas Brasil, Tite telah memanggil 26 pemain untuk menjalani pemusatan latihan di Le Hevre sebelum menghadapi dua laga uji coba. Seperti diketahui, kedua laga tersebut melawan Ghana dan Tunisia.

Kiper: Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City), Weverton (Palmeiras).

Belakang: Alex Sandro (Juventus), Alex Telles (Sevilla), Gleison Bremer (Juventus), Danilo (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Roger Ibanez (Roma), Marquinhos (Paris Saint-Germain), Thiago Silva (Chelsea).

Tengah: Bruno Guimaraes (Newcastle United), Casemiro (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Lucas Paqueta (West Ham United).

Depan: Antony (Manchester United), Roberto Firmino (Liverpool), Matheus Cunha (Atletico Madrid), Neymar (Paris Saint-Germain), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham Hotspur), Rodrygo (Real Madrid), Vinicius Junior (Real Madrid).

3 dari 4 halaman

Tampil Piala Dunia 2022

Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Brasil (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas Brasil sudah memastikan dirinya lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Negeri Samba menjadi negara yang tak pernah absen dari ajang empat tahunan tersebut.

Brasil juga menjadi negara dengan mengoleksi gelar terbanyak, yakni lima gelar Piala Dunia. Namun, terakhir kali menjuarai ajang tersebut pada tahun 2002.

Selama kualifikasi, timnas Brasil tak terkalahkan dengan mengoleksi 45 poin dari 17 laganya sehingga Neymar dan kolega secara mulus lolos dan tampil di Qatar nanti. Edisi kali ini, Brasil masuk Grup G bersama Serbia, Swiss, dan Kamerun.

Menariknya, Serbia dan Swiss adalah dua tim yang dihadapi timnas Brasil pada Piala Dunia 2018 Rusia. Kala itu, Selecao bermain imbang 1-1 dengan Swiss, lalu bisa menaklukkan Serbia dengan skor 2-0.

"Semuanya sama (seperti grup yang kami hadapi di Rusia 2018), yang hilang hanyalah Kosta Rika," kata pelatih Brasil Tite soal hasil undian Grup G Piala Dunia 2022, dikutip dari SBS Sport.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Sabtu, 24 September 2022

01.45 WIB: Brasil vs Ghana

Rabu, 28 September 2022

01.30 WIB: Brasil vs Tunisia

Infografis Grup G Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya