5 Drama Korea soal Aksi Hacker, dari Peretas Insaf Sampai yang Berasal dari Luar Angkasa

Gara-gara heboh soal Bjorka, istilah hacker kini kembali ramai didengungkan media. Sejatinya, aksi para peretas bukan barang baru di dunia siber, bahkan kerap menjadi inspirasi dalam drama Korea. Berikut lima di antaranya.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 18 Sep 2022, 09:20 WIB
Phantom Ghost. (Foto: Viu)
Gara-gara heboh soal Bjorka, istilah hacker kini kembali ramai didengungkan media. Sejatinya, aksi para peretas bukan barang baru di dunia siber, bahkan kerap menjadi inspirasi dalam drama Korea. Berikut lima di antaranya.
Healer (2014) Drakor ini bercerita tentang tiga orang dengan bakat berbeda yang bergabung ke dalam satu kelompok. Kelompok ini berusaha memecahkan kasus penyiaran ilegal satu dekade silam. Salah satu anggotanya adalah seorang hacker yang jago bela diri berinisial Healer (Ji Chang Wook), seorang reporter media online, dan seorang jurnalis terkenal dari media penyiaran besar. Healer pada awalnya, diminta untuk melindungi seorang perempuan bernama Chae Young Shin (Park Min Young), reporter media online yang berhubungan dengan kasus yang telah tenggelam satu dekade lalu. (Foto: Viu)
Police University (2021) Kang Seon Ho (Jung Jin Young), adalah seorang hacker jenius yang meretas sistem komputer demi membiayai pengobatan ayahnya. Perempuan idamannya, Oh Kang-hee (Krystal Jung), masuk ke akademi kepolisian yang membuat Kang Seon Ho juga ikut mendaftar dan meninggalkan dunia hacking yang digelutinya selama ini. Hanya saja, mantan detektif yang dulu sempat menyelidiki kasus kejahatannya kini menjadi dosennya di kampus. (Foto: Viu)
Phantom/ Ghost (2012) Drama ini bercerita tentang Kim Woo Hyun (So Ji Sub), seorang detektif khusus kejahatan dunia maya yang sedang menyelidiki seorang hacker berinisial Hades. Awalnya Hades ini dikejar-kejar oleh detektif Woo Hyun, karena kejahatannya meretas sistem. Namun kemudian dia malah menjadi buronan karena tuduhan pembunuhan. Hades ternyata punya ikatan masa lalu dengan Woo Hyun. (Foto: Viu)
Mad Dog (2017) berkisah tentang mantan detektif bernama Choi Kang Woo alias Mad Dog (Yoo Ji Tae). Dia berhenti dari kepolisian dan menjadi detektif swasta karena kematian istri dan anaknya dalam kecelakaan pesawat. Anggota tim Mad Dog adalah para hacker, ahli bela diri, dan ahli menyamar diperankan oleh Ryu Hwa Young, Jo Jae Yoon, dan Kim Hye Sung. (Foto: Viu)
Circle (2017) tak hanya bercerita tentang teknologi, tapi juga soal makhluk luar angkasa dan dunia di masa depan. Diperankan oleh Yeo Jin Goo, Kim Kang Woo, dan Gong Seung Yeon, drama ini mempunyai alur cerita yang rumit. Dalam Circle, sang hacker adalah seorang perempuan yang ternyata adalah makhluk luar angkasa cantik bernama Byul yang memiliki nama samaran Bluebird. (Foto: Viu)
Yeo Jon Goo dalam Circle. Drama Korea ini bercerita tentang Byul, seorang mahkluk luar angkasa yang mendarat di bumi dan bertemu dua anak kembar. Byul kemudian dijadikan bahan percobaan dari ayah anak-anak kembar itu sampai sang ayah menghilang dan meninggalkan anak-anaknya. Byul kemudian berhasil kabur dan menjadi hacker terkenal. Kelima judul drakor ini bisa disaksikan di platform Viu. (Foto: tvN via Soompi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya