AP I Tunjuk Jasa Angkasa Semesta Kelola Kargo di Bandara Juanda dan Ngurah Rai

Oleh Arief Rahman Hakim pada 30 Agu 2022, 14:10 WIB
Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Dok Pengelola Bandara Juanda)

Liputan6.com, Jakarta Angkasa Pura I telah menetapkan pemenang mitra pengelola kargo dan pos di Bandara Juanda dan Bandara I Gusti Ngurah Rai. Hasilnya, PT Jasa Angkasa Semesta akan menjadi mitra operator AP I.

Ini bagian dari penetapan hasil seleksi Cargo Terminal Operator (CTO) yang beroperasi di Terminal Kargo dan Pos di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Hal tersebut bertujuan untuk optimalisasi bisnis kargo pada saat kondisi pandemi, transformasi teknologi, ekspertis, dan Network Cargo Business melalui Semi Automatic System Warehouse.

"Angkasa Pura I berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan layanan jasa kebandarudaraannya, termasuk layanan bagi stakeholder kargo udara dan meningkatkan cargo throughput serta optimalisasi pendapatan. Penetapan pemenang pada seleksi CTO dilakukan dalam rangka meningkatkan layanan kargo dan pos sehingga dapat mendukung pertumbuhan kargo dan logistik nasional," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, mengutip keterangan resmi, Selasa (30/8/2022).

Pelaksanaan seleksi CTO diikuti oleh perusahaan-perusahaan Cargo Terminal Operator nasional dan internasional. Pemenang pada seleksi CTO ini adalah PT Jasa Angkasa Semesta, Tbk. dengan jangka waktu perjanjian kerja sama selama 5 tahun.

Sehingga nantinya operator yang akan beroperasi di Terminal Kargo Internasional Bandar Udara Juanda Surabaya dan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai adalah PT Jasa Angkasa Semesta, Tbk. sebagai pemenang seleksi, dan PT Angkasa Pura Logistik sebagai perusahaan Cargo Terminal Operator eksisting di kedua bandara tersebut.

Dalam pelaksanaanya, Jasa Angkasa Semesta akan mengimplementasikan Cargo Terminal Digitalization melalui integrasi terhadap Cargo Integrated System PT Angkasa Pura I. Ini digadang akan membantu menyederhanakan proses bisnis, meningkatkan efisiensi, transparansi pembayaran cashless dan terintegrasi dengan seluruh stakeholderdi dalam Air Cargo & Logistics Ecosystem.

Misalnya maskapai penerbangan, bea cukai dan karantina, Regulated Agent, Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU) atau Freight Forwarder, dan Cargo Terminal Operator. Selain itu Cargo Integrated System ini juga akan terintegrasi dengan HS-Code INSW dan National Logistics Ecosystem (NLE).

 

2 dari 4 halaman

Dikelola Mulai 1 Desember 2022

Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Dok AP I)

Target operasional Terminal Kargo dan Pos Internasional yang akan dikelola oleh PT Jasa Angkasa Semesta, Tbk adalah pada 1 Desember 2022 untuk Bandara Juanda Surabaya dan pada 1 Januari 2023 untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Sebagai informasi, trafik pergerakan kargo Bandara Juanda Surabaya pada 1 Januari sampai dengan 17 Agustus 2022 sebesar 38.949 ton. Serta untuk pergerakan kargo di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali adalah sebesar 20.439 ton.

“Kami berharap melalui seleksi terbuka yang telah dilaksanakan oleh PT Angkasa Pura I akan memberikan dampak transformasi teknologi, peningkatan fasilitas dan ekspertis guna peningkatan Level of Services dan Cargo Throughput serta operasional Terminal Kargo dan Pos yang berstandar Global,” jelas Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I Dendi T. Danianto.

 

3 dari 4 halaman

AP I Siapkan Sentra Vaksinasi di 15 Bandara

Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Dok Pengelola Bandara Juanda)

PT Angkasa Pura I mengumumkan telah mengoperasikan layanan sentra vaksinasi Covid-19 di 15 bandara yang dikelola.

Dibukanya layanan sentra vaksinasi ini ditujukan untuk mendorong percepatan program vaksinasi Covid-19 Pemerintah, serta untuk mempermudah calon penumpang untuk mendapatkan vaksinasi yang menjadi salah satu syarat perjalanan udara di masa pandemi.

Dalam pengoperasian layanan sentra vaksinasi Covid-19 ini, Angkasa Pura I bekerja sama dengan beberapa instansi yang merupakan anggota komunitas bandara, di antaranya adalah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinas Kesehatan, TNI, Polri, Kantor Otoritas Bandara, serta Satgas Penanganan Covid-19 Daerah.

"Layanan sentra vaksinasi Covid-19 yang dihadirkan di bandara yang kami kelola ini diharapkan dapat meningkatkan angka vaksinasi dosis kedua dan ketiga atau booster bagi seluruh pengguna jasa bandara. PT Angkasa Pura I bersama dengan seluruh anggota komunitas bandara juga turut memastikan pelaksanaan vaksinasi di bandara dapat berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku, serta dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dikutip dari rilis pada Senin (29/8/2022).

 

4 dari 4 halaman

Daftar Lokasi

Suasana Bandara Juanda jelang mudik Lebaran 2022. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).

Berikut adalah layanan sentra vaksinasi Covid-19 yang tersedia di 15 bandara kelolaan PT Angkasa Pura I dengan lokasi sebagai berikut :

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS) berlokasi di Lobby Terminal Kedatangan Domestik (Samping pintu masuk karyawan).

2. Bandara Juanda Surabaya (SUB) berlokasi di Lobby Keberangkatan Terminal 1.

3. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (UPG) berlokasi di Lobby Terminal Keberangkatan.

4. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (BPN) berlokasi di Check-in Counter Timur Island B Terminal Keberangkatan.

5. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang (SRG) berlokasi di Exhibition Hall.

6. Bandara Syamsuddin Noor (BDJ) berlokasi di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

7. Bandara Pattimura Ambon (AMQ) berlokasi di Area Perkantoran Lobby Terminal Keberangkatan.

8. Bandara Frans Kaisiepo Biak (BIK) berlokasi di Gedung Administrasi PT Angkasa Pura I.

9. Bandara Adisutjipto Yogyakarta (JOG) berlokasi di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

10. Bandara Adi Soemarmo Surakarta (SOC) berlokasi di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

11. Bandara El Tari Kupang (KOE) berlokasi di Lobby Terminal Keberangkatan.

12. Bandara Internasional Lombok (LOP) berlokasi di Lobby Terminal Keberangkatan.

13. Bandara Sam Ratulangi Manado (MDC) berlokasi di Lobby Terminal Keberangkatan.

14. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) berlokasi di Lantai Mezzanine Gedung Penghubung Sisi Timur.

15. Bandara Sentani Jayapura (DJJ) berlokasi di Lobby Terminal Keberangkatan.

Infografis 16 Bandara Dibuka untuk Penerbangan Internasional (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya