Profil Yoo Ju Eun, Aktris Korea Selatan yang Bunuh Diri

Aktris Korea Selatan, Yoo Ju Eun bunuh diri di usia 27 tahun.

oleh Putu Elmira diperbarui 29 Agu 2022, 14:02 WIB
Yoo Jun Eun [Foto: via Allkpop]

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka tengah menyelimuti dunia hiburan Negeri Ginseng. Aktris Korea Selatan Yoo Ju Eun meninggal dunia setelah bunuh diri di usia 27 tahun.

Dikutip dari Allkpop, Senin (29/8/2022), kakak mendiang Yoo Ju Eun membagikan pesan terakhir adiknya di akun Instagramnya pada Senin (29/8/2022). Dalam keterangan tersebut, ia menulis bahwa Yoo Ju Eun mengembuskan napas terakhir hari ini dan akan dimakamkan pada Rabu, 31 Agustus 2022.

Pada bagian akhir unggahan, ia menyertakan membagikan pesan untuk mengabulkan permintaan terakhir sang aktris. Pesan terakhir itu diawali aktris kelahiran 1995 tersebut dengan meminta maaf kepada keluarga tercinta.

"Aku minta maaf karena aku pergi lebih dulu dari yang lain. Terutama ibu, ayah, nenek, dan saudara laki-laki. Pikiranku berteriak bahwa aku tidak ingin hidup lagi," demikian bunyi pesan terakhir Yoo Ju Eun.

Ia melanjutkan bahwa keluarganya mungkin merasa hampa tanpa kehadirannya, namun Yoo Ju Eun meminta agar tetap kuat. "Tolong jangan menangis. Itu tidak baik untuk kesehatanmu," tambahnya.

"Aku tidak sedih sama sekali. Bahkan, aku sangat tenang. Mungkin karena aku sudah memikirkannya sejak lama. Aku telah menjalani kehidupan yang begitu bahagia yang tidak pantas aku dapatkan. Jadi aku puas. Ini cukup. Jadi tolong jangan salahkan siapa pun dan move on," tulis Yoo Ju Eun.

Pesan sebelum bunuh diri juga dituliskan Yoo Ju Eun agar keluarganya menjalani hidup dengan baik. Ia berharap dapat melihat banyak orang di pemakamannya.

2 dari 4 halaman

Cerita Kehidupan

Ilustrasi bunuh diri. pexels.com/@guilman-2204305

Yoo Ju Eun menjelaskan bahwa ia sangat ingin berakting. "Mungkin itu segalanya bagiku atau hanya sebagian dari diriku," tulisnya.

"Tapi kemudian tidak mudah untuk mengejar kehidupan itu. Aku tidak ingin melakukan hal lain. Itu menghancurkan. Aku menyadari memiliki mimpi adalah berkah dan kutukan pada saat yang sama," tambahnya.

Yoo Ju Eun menulis bahwa ia yakin Tuhan tidak akan mengirimnya ke neraka karena Tuhan mencintainya. "Tuhan akan mendengarkan dan menjagaku. Jadi semua orang jangan khawatir," tulisnya lagi.

Ia tak lupa menyertakan pesan terima kasih untuk orang-orang terdekatnya. "Dan untuk keluargaku tersayang, teman-teman, dan cinta. Terima kasih telah memujaku dan mencintaiku. Itu adalah kekuatanku dan juga tawaku," lanjutnya.

Yoo Ju Eun berpikir ia menjalani kehidupan yang sukses karena memiliki kenangan yang tak terlupakan hingga akhir hayatnya. Ia berterima kasih telah memahami dan bertahan untuknya.

"Maaf aku tidak bisa lebih ekspresif. Tapi aku harap Anda akan mengerti," tulisnya.

 

3 dari 4 halaman

Untuk Ayah dan Ibu

ilustrasi cinta/Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

"Dan untuk kalian semua yang mengenalku, terutama para guru, terima kasih banyak dan aku menghormati kalian. Terima kasih telah mengajariku banyak hal tentang kehidupan," jelasnya.

Sebelum menutup pesan terakhirnya, ia pun mengalamatkan kata cinta untuk kedua orangtuanya. "Ibu, ayah, aku mencintaimu. Tolong jangan menangis. Aku memohon," tutup Yoo Ju Eun.

Dikutip dari Asian Wiki, Senin (29/8/2022), Yoo Joo-Eun atau Yoo Jun Eun pernah membintang drama Korea pada 2018 bertajuk "Big Forest". Dalam drakor yang disutradarai Park Soo-Won tersebut ia memerankan karakter bernama Casey.

Drama yang ditulis Kwak Kyung-Yoon dan Kim Hyun-Hee ini tayang sebanyak 10 episode. "Big Forest" sendiri berkisah tentang Shin Dong-Yub (Shin Dong-Yub) dulunya adalah seorang bintang top, namun kini tidak lagi.

Jung Sang-Hoon (Jung Sang-Hoon) adalah seorang ayah tunggal dan dia bekerja sebagai rentenir. Im Cheong-A (Choi Hee-Seo) adalah seorang ibu tunggal Korea-China. Mereka tinggal di Daerim Neighborhood of Seoul, Korea Selatan dan berjuang untuk mencari nafkah.

4 dari 4 halaman

Main di Drakor Joseon Survival Period

Yoo Ju Eun (dok. Koreaboo)

Selain itu, Yoo Ju Eun juga bermain di drakor "Joseon Survival Period". Di drakor yang tayang pada 2019 tersebut, ia membintangi karakter bernama Cho-Sun.

Drama ini mengisahkan Han Jung-Rok (Kang Ji-Hwan) adalah pemanah top di tim nasional, tapi dia kini bekerja sebagai pengantar. Ia berjuang untuk mencari nafkah. Lee Hye-Jin (Kyung Soo-Jin) adalah cinta pertamanya, tetapi mereka putus setelah kejatuhannya.

Ia sekarang menjadi residen di departemen medis rehabilitasi. Mereka bertemu lagi untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun. Sebuah peristiwa dramatis menyebabkan Han Jung-Rok melakukan perjalanan kembali ke 1562. Di sana, ia bertemu dengan tokoh sejarah Im Kkeok-Jeong (Song Won-Seok).

Im Kkeok-Jeong cerdas dan tampan, tetapi dia bekerja sebagai tukang daging, yang merupakan kelas terendah di Joseon. Han Jung-Rok, yang berjuang untuk mencari nafkah di masa sekarang, dan Im Kkeok-Jeong, yang termasuk dalam kelas terendah di Joseon, bertemu dan membuat keajaiban.

 

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit.

Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/ apps/details?id=com.tldigital. sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.   

Infografis mengenai kenali faktor-faktor risiko bunuh diri

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya