TNI AU dan FASI Pecahkan Rekor MURI di HUT Ke-77 Republik Indonesia

Total ada 77 paramotor yang terbang serentak di 30 kota dari Sabang sampai Merauke membawa bendera Merah-Putih.

oleh Thomas diperbarui 17 Agu 2022, 21:24 WIB
TNI AU dan FASI Pecahkan Rekor MURI di HUT Ke-77 Republik Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Puspotdirga TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar terbang paramotor membawa bendera Merah-Putih secara serempak di 30 kota tepat pada 17 Agustus 2022.

Kegiatan ini memecahkan rekor dunia yang tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Total ada 77 paramotor yang terbang serentak di 30 kota dari Sabang sampai Merauke membawa bendera Merah-Putih.

Acara ini merupakan persembahan untuk ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-77 sehingga total ada 77 paramotor terbang. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh pilot paramotor secara virtual yang di pandu oleh Ketua Paramotor Indonesia Cahyo Alkantana.

Setelah acara sukses dilaksanakan di 30 kota, MURI menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Ketua Komite Microlight/trike Marsekal Muda TNI Anang Nurhadi Susila, S.E., M.M yang diwakili oleh Cahyo Alkantana. Piagam diberikan langsung pemimpin sekaligus pendiri MURI Prof. Dr. (HC). Jaya Suprana di lapangan Pusdirga Cibubur.

"Saya mengapresiasi dan bangga yang setinggi-tingginya kepada paramotor Indonesia FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) yang menorehkan sejarah dengan menciptakan rekor dunia mengibarkan bendera di udara sebanyak 77 di 30 kota dari Sabang sampai Merauke pada ulang tahun ke-77 RI," ujar Sekjen FASI Marsma TNI Fajar Adriyanto, M. B. A., M. Si (Han) dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com.

Diakhir acara Ketua Komite Microlight/trike Marsekal Muda TNI Anang Nurhadi Susila, S.E., M.M dan Sekjen FASI Kepala Pusat Potensi Kedirgantaraan TNI Angkatan Udara (Kapuspotdirga) Marsma TNI Fajar Adriyanto, M.B.A., M.Si (Han) berfoto bersama atlet dan pilot paramotor FASI.

Turut hadir diacara tersebut Sesdis potdirga Kolonel Sus Kristian Suseno, Dirbit Ordirga Kolonel Tek Eko Fibrianto, Dirbit Komsos Kolonel Kal Najamudin, dan Dirbit Natdirga Kolonel Sus Irwanto.

2 dari 4 halaman

Di Istana

TNI AU dan FASI Pecahkan Rekor MURI di HUT Ke-77 Republik Indonesia

Sebelumnya, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022), dimeriahkan dengan penampilan Farel Prayoga yang menyanyikan lagu campursari dengan judul 'Ojo Dibandingke'. Suasana upacara yang tadinya khidmat pun berubah menjadi meriah.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Ibu Negara Iriana sangat menikmati penampilan Farel Prayoga. Bahkan, keduanya sedikit berjoget kala Farel menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke'.

Bukan hanya Jokowi, sejumlah menteri, kepala lembaga negara, selebritis, hingga tamu undangan yang hadir di Istana juga ikut berjoget. Mulai dari, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga aktor Reza Rahardian.

Prabowo dan sejumlah menteri tampak turun dari kursinya dan menghampiri Farel Prayoga yang sedang beryanyi. Saking asyiknya, Farel sampai menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' sebanyak dua kali.

3 dari 4 halaman

Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ikut berjoget saat penyanyi cilik Farel Prayoga menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' pada HUT ke-77 RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). Prabowo mengatakan ini kali pertama dirinya berjoget di Istana saat HUT Kemerdekaan RI.

"Iya pertama kali (joget) di Istana," kata Prabowo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Dia bahkan sempat maju ke panggung dan berjoget kala Farel menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke'. Prabowo mengaku sudah diizinkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjoget.

"Beliau izinkan," ucap Prabowo sambil tertawa.

 

 

4 dari 4 halaman

Terbuka

Seperti diketahui, pihak Istana menyelenggarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 secara terbuka, dengan mengundang masyarakat dengan jumlah terbatas.

Ini kali pertamanya pihak Istana mengundang masyarakat secara terbuka sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pada 2020 lalu.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya