Anies di Muswil PP: Tidak Banyak Organisasi yang Berani Gunakan Nama Pancasila

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak banyak organisasi yang berani menggunakan nama Pancasila

oleh Winda Nelfira diperbarui 16 Jul 2022, 19:23 WIB
Gubernur DKI menghadiri Muswil Pemuda Pancasila (PP) di Jakarta. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tidak banyak organisasi yang berani menggunakan nama Pancasila sebagai identitasnya. Namun hal ini berbeda dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) Pemuda Pancasila (PP).

"Tidak banyak organisasi di republik ini yang berani mengemban nama Pancasila di pundaknya. Ketika kita menempatkan Pancasila sebagai nama organisasi maka kita memiliki tanggung jawab moril lebih dari sekedar tanggung jawab konstitusional," ujar Anies saat menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) ke XIII Pemuda Pancasila DKI Jakarta di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (16/7/2022).

Anies menyampaikan, Pemuda Pancasila mempunyai tanggung jawab besar. Pasalnya organisasi ini harus dapat bertanggung jawab terhadap Pancasila dalam setiap kesehariannya.

"Tanggung Jawab untuk menunjukkan bahwa setiap pribadi anggota Pemuda Pancasila adalah Pancasila berjalan, Pancasila yang hidup, Pancasila yang dalam kesehariannya bisa menghidupkan itu," jelas Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengatakan dibandingkan dengan tempat lain Jakarta menjadi tempat dirancangnya Pancasila. Sehingga, kata dia, Jakarta adalah simpul persatuan dan tempat tumbuh berkembangnya gagasan Pancasila.

2 dari 3 halaman

Berharap Pemuda Pancasila Bisa Lahirkan Pemimpin Baru

Menurut dia Ormas Pemuda Pancasila di DKI Jakarta punya beban tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan ditempat lain. Dia berharap siapa pun yang terpilih mengurus Pemuda Pancasila selanjutnya menjalankan tugas dengan baik.

"Siapapun yang mengurus Pemuda Pancasila di Jakarta dia memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar," ujar dia

Anies juga berharap Pemuda Pancasila menjadi salah satu organisasi kaderisasi yang dapat melahirkan pemimpin-pemimpin terbaik dari berbagai sektor.

"Selamat melakukan Muswil dan Izinkan saya mengakhiri dengan menyampaikan rukunnya sebuah pembukaan. Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim pada hari ini, Sabtu 16 Juli 2022 musyawarah wilayah ke 13 Pemuda Pancasila DKI Jakarta secara resmi dinyatakan dibuka," tutur Anies.

 

 

Gubernur DKI menghadiri Muswil Pemuda Pancasila (PP) di Jakarta. (Liputan6.com/Winda Nelfira)
3 dari 3 halaman

Anies Sebut Semuanya Terwakili di Pemuda Pancasila

Anies menuturkan, Muswil Organisasi Pemuda Pancasila DKI Jakarta, seakan semua unsur di Jakarta terwakili di Pemuda Pancasila.

"Saya melihat ketika hadir di acara Pemuda Pancasila ini seperti ketemu dengan semua unsur yang ada di Jakarta. Seakan semua terwakili di tempat ini, semuanya," kata Anies.

"Jadi kalau dibuat matrik, matrik itu ada kanan kiri atas bawah, ini kanan ada, kiri ada, semua lengkap kanan kiri atas ada, bawah ada ujung kanan atas ada ujung kiri atas juga ada, semuanya ada. Semuanya seakan terwakili di Pemuda Pancasila," lanjut dia.

Hal itu diungkapkan Anies karena melihat unsur persatuan yang ada pada Ormas Pemuda Pancasila. Dia mendorong agar semua pribadi anggota Pemuda Pancasila dapat menciptakan perasaan persatuan antarsesama.

"Dorong yang kecil supaya berkembang, dorong yang kecil punya kesempatan yang sama. Dorong supaya semua punya perasaan 'kami setara' dengan begitu maka kita akan bisa menghasilkan perasaan persatuan," kata orang nomor satu di DKI Jakarta ini.

Infografis Renovasi Rumah Dinas Anies

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya