Ayah Oprah Winfrey Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun Akibat Kanker

Kabar duka ini disampaikan secara langsung oleh Oprah Winfrey dalam sebuah unggahan video di media sosial.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 11 Jul 2022, 09:30 WIB
Oprah Winfrey lahir di Mississippi dengan seorang ibu yang tak menikah. Ibunya saat itu masih berusia remaja. (Alberto E. Rodriguez / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Presenter ternama dunia, Oprah Winfrey, membawa kabar duka kepada publik. Sang ayah, Vernon Wifrey, meninggal dunia dalam usia 89 tahun di Nashville, Amerika Serikat, pada Jumat (8/7/2022) waktu setempat. Diketahui, Vernon Winfrey telah cukup lama berjuang melawan kanker.

Melansir The Hollywood Reporter, baru-baru ini, kabar duka tersebut disampaikan secara langsung oleh Oprah Winfrey dalam sebuah unggahan video di media sosial. Dalam videonya, terlihat penyanyi Wintley Phipps menyanyikan sebuah lagu kepada ayah Oprah.

Vernon Winfrey yang juga dikenal sebagai mantan anggota Dewan Metro Nashville, tampak menikmati alunan lagu dari Wintley yang menyanyikannya secara khidmat. Bahkan, Vernon juga memandangi Wintley dengan pandangan takjub.

"Vernon Winfrey 1933-2022. Kurang dari seminggu yang lalu kami menghormati ayah saya di halaman belakang rumahnya sendiri. Teman saya dan penyanyi gospel Wintley Phipps memberi hormat dengan lagu. Dia MERASAKAN cinta dan menikmatinya sampai dia tidak bisa lagi berbicara," tulis Oprah menggambarkan suasana video tersebut, diunggah Sabtu (9/7/2022) melalui akun Instagram @oprah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pergi untuk Selamanya

Penyanyi Wintley Phipps bersama ayah Oprah Winfrey, Vernon Winfrey yang meninggal dunia pada 2022. (Instagram @oprah)

Barulah setelah itu Oprah Winfrey mengumumkan kabar meninggalnya sang ayah yang disebutnya sehari sebelum ia mengunggah video tersebut.

"Kemarin, bersama keluarga yang mengelilingi di sisi tempat tidurnya, saya menyaksikan pria yang bertanggung jawab atas hidup saya mengambil napas terakhirnya," tulis Oprah melanjutkan keterangannya.

"Kami bisa merasakan kedamaian memasuki ruangan saat ia meninggal. Kedamaian itu masih ada. Semua baik-baik saja. Terima kasih untuk doa-doa kalian dan pikiran-pikiran baiknya," lanjut Oprah.

Rincian perihal rencana pemakaman masih belum disampaikan oleh pihak keluarga sampai tulisan ini dibuat.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Ayah Oprah

Pada awal pekan ini, Oprah Winfrey sempat memberi kejutan kepada ayahnya dengan mengadakan pesta barbeque di Nashville pada 4 Juli 2022 lalu yang disebutnya sebagai sang presenter sebagai "Hari Apresiasi Vernon Winfrey."

Di situ terdapat kursi tukang cukur untuk menghormati karier panjang Vernon sebagai tukang cukur sekaligus pemilik tokonya sendiri selama hampir 50 tahun di Nashville.

Vernon pernah menjabat sebagai anggota Dewan Kota Metro Nashville selama 16 tahun dan menjadi wali untuk Universitas Negeri Tennessee.

Oprah menghabiskan masa kecil di kampung halaman ayahnya di Kosciusko, Mississippi, dan di Milwaukee bersama ibunya, Vernita Lee, yang meninggal pada 2018.

Oprah juga tinggal bersama ayahnya di Nashville saat usia sekitar 7 dan 9 tahun selama masa kanak-kanaknya hingga remaja.

Film-film ini terinspirasi dari hari kemerdekaan negara Amerika Serikat yang jatuh pada tangga 4 Juli. Apa sajakah?

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya