Ternyata Kebiasaan Membersihkan Gigi Seperti Ini Dapat Mendatangkan Bencana Bagi Mulut Anda

Ada kebiasaan membersihkan gigi yang justru mendatangkan bencana bagi mulut Anda

oleh Sulung Lahitani diperbarui 10 Jun 2022, 13:03 WIB
Ilustrasi menggosok gigi. (Photo by Diana Polekhina on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang mungkin memiliki rutinitas pagi dan malam versinya masing-masing, tetapi satu hal yang tetap adalah bahwa setiap orang harus merawat gigi mereka di awal dan akhir hari. Penelitian menunjukkan bahwa menjaga kebersihan mulut Anda dapat memberikan manfaat kesehatan yang serius jauh melampaui mulut Anda.

Tapi seorang dokter gigi memperingatkan bahwa satu kebiasaan umum yang mungkin Anda anggap bermanfaat sebenarnya adalah "bencana" bagi gigi Anda.

Hindari hal-hal ini setelah rutinitas menyikat pagi Anda

Meskipun hal terpenting tentang rutinitas kebersihan mulut adalah konsistensi, beberapa kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya masih dapat mengurangi efektivitas menyikat gigi, bahkan setelah Anda melakukan semua langkah yang diperlukan. Menurut dokter gigi, ini termasuk membilas sisa pasta gigi dengan air setelah Anda meludah.

"Membilas mulut kita dengan air sangat buruk untuk gigi kita, karena membersihkan fluoride pelindung yang tertinggal dengan menyikat gigi," kata Nigel Carter, BDS, CEO Oral Health Foundation.

"Fluoride adalah satu-satunya bahan terpenting dalam pasta gigi. Ini sangat membantu kesehatan mulut dengan memperkuat enamel gigi, membuatnya lebih tahan terhadap kerusakan gigi. Ini juga mengurangi jumlah asam yang dihasilkan bakteri pada gigi Anda."

Meskipun berkumur-kumur segera setelah menyikat gigi mungkin tidak langsung menyebabkan masalah pada gigi Anda, hal itu dapat meminimalkan manfaat menyikat gigi. "Dengan meludahkan pasta gigi kemudian tidak membilasnya dengan air, itu memastikan bahwa fluoride yang ditemukan di sebagian besar pasta gigi akan tetap berada di gigi dan terus efektif," kata Carter.

Namun selain apa yang Anda lakukan segera setelah menggosok gigi hingga bersih, ternyata masih ada satu kebiasaan kebersihan yang dapat merusak mulut lebih dari yang Anda sadari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Kebiasaan kebersihan mulut lainnya yang jadi bencana bagi gigi Anda

Ilustrasi Kesehatan Mulut Credit: freepik.com

Di dunia yang ideal, kebanyakan orang akan melakukan sebanyak mungkin untuk menjaga gigi mereka dalam kondisi prima. Itulah sebabnya banyak orang meluangkan waktu untuk membersihkan benang gigi sebanyak yang direkomendasikan dan menggunakan bilasan untuk memastikan semuanya sebersih mungkin.

Namun menurut salah satu dokter gigi, menggunakan jenis obat kumur yang salah bisa berdampak buruk bagi gigi Anda dengan cara yang mengejutkan.

"Jika ada rumput liar yang tumbuh di kebun Anda, Anda tidak akan membuang asam dan pembunuh gulma ke mana-mana dan membunuh semuanya, seperti yang kita lakukan di mulut kita. [Tapi] kita menggunakan obat kumur antiseptik yang membunuh segalanya," kata Kami Hoss, DDS.

"Apa yang kita lakukan di mulut adalah bencana."

 

3 dari 4 halaman

Produk yang terlalu kuat dapat meninggalkan mikroba jahat di mulut Anda

ilustrasi berkumur mencegah sariawan/pexels

Perasaan mendesir mulut Anda dengan berkumur-kumur bisa sangat menyegarkan. Tetapi meskipun mungkin membuat segalanya tampak super bersih, produk obat kumur yang mengandung alkohol dan bahan-bahan keras lainnya dapat memusnahkan organisme mikroskopis yang berperan dalam kesehatan mulut Anda.

Menurut peneliti, tidak semua makhluk hidup di mulut Anda berbahaya. Ini termasuk mikroba yang membantu tubuh memproduksi oksida nitrat yang dibutuhkan untuk membantu mengatur membran di dalam jantung dan pembuluh darah, aliran darah, tekanan darah, dan sensitivitas insulin.

Dengan memilih obat kumur antiseptik yang menghilangkan semua kecuali satu persen mikroorganisme di mulut Anda, Anda membuang keseimbangan alami dengan hanya menyisakan "mikroba kecil yang paling jahat, terberat, paling kasar di sekitar—siap untuk menjajah kembali seluruh mulut itu, benar-benar tidak terkendali oleh organisme yang dulu menahan mereka," tulis Hoss.

 

4 dari 4 halaman

Menggunakan obat kumur yang tepat pada waktu yang tepat dapat memberikan banyak perlindungan untuk gigi Anda

Ilustrasi Obat Kumur Credit: pexels.com/Sarah

Untungnya, Hoss mengatakan memikirkan kembali rutinitas Anda dalam beberapa cara mendasar dapat membantu Anda melihat beberapa manfaat langsung, terutama dalam hal mengatur waktu segalanya. Ia mengatakan "kesalahan terbesar" adalah menyikat gigi setelah sarapan, ia merekomendasikan untuk memulai hari Anda dengan berkumur dengan obat kumur alkali untuk melonggarkan partikel di mulut dan mengembalikan keseimbangan pH yang tepat.

Dari sana, Anda harus menggunakan benang gigi, menggunakan pengikis lidah, dan kemudian menggunakan sikat gigi berbulu lembut untuk menyelesaikan rutinitas, dengan catatan bahwa proses ini harus dilakukan secara terbalik sebelum tidur di malam hari.

"Tidak terlalu rumit: Sikat dan benang gigi secara rutin menggunakan produk perawatan mulut yang tepat. Kunjungi dokter gigi Anda secara teratur," kata Hoss kepada Today. "Kesehatan mulut Anda memengaruhi setiap bagian hidup Anda."

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya