Mengenal Ikan Sheepshead, Jenis Hewan Laut yang Punya Gigi Seperti Manusia

Ikan sheepshead merupakan jenis ikan laut yang memiliki gigi seperti manusia.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 03 Jun 2022, 19:10 WIB
Ikan Sheepshead (Facebook/ Jennette's Pier)

Liputan6.com, Jakarta - Ikan Sheepshead (Archosargus probatocephalus) adalah spesies ikan laut bersirip pari, terutama ikan laut yang biasa ditemukan di sepanjang garis pantai timur Amerika Utara dan Amerika Selatan. Mereka dikenal dengan gigi depannya, yang terlihat sangat mirip dengan gigi manusia.

Dilansir dari laman Live Science, Jumat (3/6/2022), ikan Sheepshead tidak ada kaitannya dengan spesies ikan bernama sama di garis pantai barat Amerika Utara yang disebut kepala domba California (Semicossyphus pulcher). 

Meskipun kedua spesies ikan memiliki gigi, mereka tidak berkerabat dekat dan berasal dari famili yang berbeda.

Ikan Sheepshead memiliki garis-garis vertikal gelap di tubuh abu-abu mudanya; kemiripan dengan baju penjara bergaris mengilhami julukan "ikan narapidana," menurut Departemen Taman dan Margasatwa Texas.

Ikan ini juga memiliki duri tajam di punggungnya. Sebagian besar ikan kepala domba tumbuh antara 17 inci dan 17,7 inci (43 hingga 45 sentimeter). Namun, beberapa individu dapat mencapai hingga 36 inci (91 cm), menurut Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).  

Gigi ikan Sheepshead tumbuh persegi seperti manusia saat mereka dewasa sehingga mereka bisa memakan mangsa bercangkang keras.

Ketika remaja, mereka memakan hewan bertubuh lunak yang dapat mereka temukan dan berbagai hewan kecil bercangkang, termasuk krustasea yang panjangnya beberapa milimeter seperti ostracod.

Setelah ikan Sheepshead ukurannya lebih panjang dari sekitar 2 inci (5 cm), mereka mulai memakan hewan bercangkang keras seperti moluska dan teritip, menurut IUCN. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gigi seperti Manusia

Persahabatan unik manusia dan ikan berjenis Asian sheepshead wrasse (inhabitat.com)

Kumpulan foto-foto menunjukkan bahwa spesies ini dapat menumbuhkan gigi depan yang menonjol seperti manusia, serta deretan geraham yang pendek di rahang bawahnya.  

Ikan Sheepshead hidup di habitat laut dan muara di Samudra Atlantik barat, dari Nova Scotia di Kanada timur, di sepanjang garis pantai AS bagian timur dan Amerika Tengah, dan sejauh selatan hingga Brasil selatan, menurut IUCN.

Sementara ikan Sheepshead biasanya hidup di air asin dan air payau yang sedikit asin, mereka kadang-kadang ditemukan di habitat air tawar di musim dingin, ketika mereka mencari perairan yang lebih hangat di mana mata air dan sungai bermuara ke laut. 

Pada akhir musim dingin dan awal musim semi, mereka pergi ke lepas pantai untuk bertelur, menurut Museum Sejarah Alam Florida (FMNH). Ikan Sheepshead berenang dari permukaan ke kedalaman 49 kaki (15 meter), menurut Smithsonian Tropical Research Institute di Panama.

 

3 dari 4 halaman

Berkembang Biak

Ilustrasi batu ditengah laut (pixabay)

Untuk berkembang biak, ikan betina melepaskan telurnya, yang kemudian dibuahi oleh jantan dengan sperma. Para ilmuwan tidak tahu banyak tentang perilaku berkembang biak ikan Sheepshead, tetapi betina dapat menghasilkan antara 1.100 telur dan 250.000 telur, menurut FMNH.

Setelah dibuahi, telur menetas setelah hanya 28 jam. Ikan Sheepshead biasanya mencapai kedewasaan pada usia 2 tahun dan dapat hidup setidaknya selama 20 tahun.

Ikan jenis ini aman untuk dikonsumsi manusia dan secara komersial dan rekreasi ditangkap di sepanjang pantai tenggara AS dan di Teluk Meksiko, menurut IUCN. Bahkan ketika mereka memiliki satu set gigi yang lengkap, mereka biasanya tidak berbahaya bagi manusia, tetapi bukan berarti bisa diganggu.

"Saya tidak akan ragu untuk berenang di perairan yang dihuni oleh ikan-ikan ini," kata David Catania, manajer koleksi ichthyology di California Academy of Sciences di San Francisco, kepada Snopes.com pada tahun 2021 setelah video TikTok yang menggambarkan kepala domba sebagai "ikan iblis" menjadi viral.

"Mereka tidak menimbulkan ancaman bagi manusia kecuali diganggu," tambah Catania. 

“Karena enak dimakan, mereka menjadi sasaran pemancing, jadi pembelaan diri mereka satu demi satu memungkinkan untuk digigit atau ditusuk oleh duri sirip punggungnya yang tajam.” 

4 dari 4 halaman

Risiko Punah Rendah

Ilustrasi Panerai mendukung kelestarian lingkungan dan mengentikankrisis iklim, termasuk lingkungan biota laut yang terdampak. Credit: Rlis resmi Panerai

Ikan Sheepshead tidak terancam punah. IUCN terakhir menilai spesies tersebut pada tahun 2011 dan menyimpulkan bahwa spesies tersebut harus dianggap sebagai "Least Concern" - kategori konservasi untuk spesies yang memiliki risiko kepunahan yang sangat rendah. Spesies ini memiliki distribusi yang luas dan berlimpah di banyak bagian jangkauannya dengan populasi yang berkelanjutan.

IUCN menemukan bahwa jumlah ikan yang ditangkap setiap tahun dalam tangkapan komersial dan rekreasional telah menurun sebelum 2011, tetapi organisasi tersebut menghubungkan penurunan ini dengan undang-undang yang membatasi dan melarang penggunaan jaring tertentu yang berbahaya bagi ikan, dan itu bukan menandakan bahwa populasi ikan jenis ini semakin berkurang.

Infografis Klaim China Vs Indonesia Terkait Laut China Selatan. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya