Harga Minyak Mentah Jatuh 6 Persen karena Lockdown di China

Lockdown yang dijalankan oleh Pemerintah China ini memicu kekhawatiran para pelaku pasar bahwa prospek permintaan akan minyak mentah bakal anjlok.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 10 Mei 2022, 08:30 WIB
Ilustrasi harga minyak mentah. Impor minyak mentah oleh China dalam empat bulan pertama 2022 turun 4,8 persen dari tahun lalu, tetapi impor April naik hampir 7 persen. (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak merosot sekitar 6 persen pada perdagangan Senin. Penurunan ini seirama dengan anjloknya pasar saham. Pendorong penurunan harga minyak dunia ini karena langkah penguncian atau lockdown yang dijalankan China untuk mencegah penularan virus covid-19.

Lockdown yang dijalankan oleh Pemerintah China ini memicu kekhawatiran para pelaku pasar bahwa prospek permintaan akan minyak mentah bakal anjlok. Seperti diketahui China adalah importir minyak utama di dunia.

Mengutip CNBC, Selasa (10/5/2022), harga minyak mentah Brent Brent turun USD 6,45 atau 5,7 persen menjadi menetap di USD 105,94 per barel. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun USD 6,68 atau 6,1 persen menjadi menetap di USD 103,09 per barel.

Kedua kontrak harga minyak mentah ini telah naik sekitar 35 persen sepanjang tahun ini.

Pasar keuangan global di tengah kekhawatiran akan turunnya permintaan akan minyak dampak dari penguncian COVID-19 yang lebih ketat dan lebih luas di China. Hal ini aakan membuat pertumbuhan ekspor yang lebih lambat di negara dengan ekonomi nomor 2 terbesar di dunia ini.

"Penguncian COVID di China berdampak negatif pada pasar minyak, yang dijual bersamaan dengan ekuitas," kata presiden Lipow Oil Associated di Houston Andrew Lipow.

Impor minyak mentah oleh China dalam empat bulan pertama 2022 turun 4,8 persen dari tahun lalu, tetapi impor April naik hampir 7 persen.

Impor minyak China dari Iran pada April turun dari volume puncak yang terlihat pada akhir 2021 dan awal 2022 karena permintaan dari penyulingan melemah setelah penguncian COVID memukul margin bahan bakar dan meningkatnya impor minyak Rusia dengan harga lebih rendah.

Indeks saham Wall Street jatuh dan dolar AS mencapai level tertinggi dua dekade, membuat harga minyak mentah menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Arab Saudi, pengekspor minyak utama dunia, menurunkan harga minyak mentah untuk Asia dan Eropa untuk Juni.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Rusia

Pekan lalu, Komisi Eropa mengusulkan embargo bertahap pada minyak Rusia, meningkatkan harga Brent dan WTI untuk minggu kedua berturut-turut.

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan, produksi minyak negara tersebut naik pada awal Mei dibandingkan April. Untuk diketahui, produksi minyak Rusia pada April turun karena negara-negara Barat memberlakukan sanksi atas krisis Ukraina.

Pekan lalu, Komisi Eropa mengusulkan embargo bertahap pada minyak Rusia, meningkatkan harga Brent dan WTI untuk minggu kedua berturut-turut. Proposal tersebut membutuhkan suara bulat oleh anggota UE minggu ini untuk disahkan.

Komisi Eropa tengah mempertimbangkan untuk menawarkan lebih banyak uang kepada negara-negara bagian timur Uni Eropa yang terkurung daratan untuk meningkatkan infrastruktur minyak dalam upaya meyakinkan mereka untuk setuju dengan langkah embargo. Hal tersebut diungkap oleh seorang sumber Uni Eropa.

“Embargo minyak Uni Eropa akan memicu pergeseran seismik di pasar minyak mentah Eropa dan global, yang Rystad Energy perkirakan sebanyak 3 juta barel per hari (barel per hari) impor minyak mentah UE dari Rusia dipotong pada Desember 2022 secara penuh dampak dari implementasi kebijakan embargo tersebut,” kata kepala riset pasar minyak Rystad Energy Bjørnar Tonhaugen.

Para pejabat Jerman diam-diam sedang mempersiapkan penghentian mendadak pasokan gas Rusia dengan paket darurat yang dapat mencakup mengambil alih perusahaan-perusahaan penting, tiga orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan.

3 dari 4 halaman

Negara G7 Bakal Setop Impor Minyak dari Rusia

Negara-negara Kelompok Tujuh (G7) berkomitmen pada Minggu (8 Mei) untuk melarang atau menghentikan impor minyak Rusia.

Sebelumnya, Negara-negara Kelompok Tujuh (G7) berkomitmen pada Minggu (8 Mei) untuk melarang atau menghentikan impor minyak Rusia dan Amerika Serikat meluncurkan sanksi terhadap eksekutif Gazprombank dan bisnis lain untuk menghukum Moskow atas perangnya melawan Ukraina.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Senin (9/5/2022), langkah tersebut merupakan upaya terbaru oleh Barat untuk menekan Presiden Rusia Vladimir Putin atas invasi negaranya ke Ukraina dan akibat mematikan yang terjadi kemudian.

Presiden Joe Biden bergabung dengan para pemimpin G7 dalam panggilan konferensi video dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk membahas perang, dukungan untuk Ukraina, dan tindakan tambahan terhadap Moskow, termasuk energi.

"Kami berkomitmen untuk menghapus ketergantungan kami pada energi Rusia, termasuk dengan menghapus atau melarang impor minyak Rusia. Kami akan memastikan bahwa kami melakukannya secara tepat waktu dan teratur," kata para pemimpin G7 dalam sebuah pernyataan bersama. "Kami akan bekerja sama dan dengan mitra kami untuk memastikan pasokan energi global yang stabil dan berkelanjutan serta harga yang terjangkau bagi konsumen."

Sementara itu Amerika Serikat meluncurkan sanksi terhadap tiga stasiun televisi Rusia, melarang orang Amerika memberikan layanan akuntansi dan konsultasi kepada Rusia, dan memberlakukan sekitar 2.600 pembatasan visa pada pejabat Rusia dan Belarusia.

Tindakan yang ditujukan kepada eksekutif Gazprombank adalah yang pertama melibatkan eksportir gas raksasa Rusia karena Amerika Serikat dan sekutunya telah menghindari mengambil langkah-langkah yang dapat menyebabkan gangguan gas ke Eropa, pelanggan utama Rusia.

Para eksekutif Gazprombank yang terkena sanksi termasuk Alexy Miller dan Andrey Akimov, menurut sebuah pernyataan dari Departemen Keuangan AS.

4 dari 4 halaman

Sanksi untuk Rusia

"Ini bukan blok penuh. Kami tidak membekukan aset Gazprombank atau melarang transaksi apa pun dengan Gazprombank," kata seorang pejabat senior administrasi Biden kepada wartawan. 

"Apa yang kami isyaratkan adalah bahwa Gazprombank bukanlah tempat yang aman, jadi kami memberi sanksi kepada beberapa eksekutif bisnis puncak mereka ... untuk menciptakan efek yang mengerikan."

Biden, yang memuji persatuan di antara para pemimpin Barat dalam menentang Presiden Rusia Vladimir Putin, bertemu melalui konferensi video dari rumahnya di Delaware, tempat dia menghabiskan akhir pekan.

Pertemuan itu dilakukan menjelang perayaan Hari Kemenangan Rusia pada hari Senin. Putin menyebut invasi itu sebagai "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata Ukraina dan menyingkirkan nasionalisme anti-Rusia yang dikobarkan oleh Barat. Ukraina dan sekutunya mengatakan Rusia melancarkan perang tanpa alasan.

Amerika Serikat dan Eropa telah memberlakukan sanksi berat terhadap Rusia sejak invasinya, menargetkan bank, bisnis, dan individu dalam upaya untuk menekan ekonomi Rusia dan membatasi sumber daya yang digunakan untuk memajukan perang.

Delapan eksekutif dari Sberbank, yang memegang sepertiga aset perbankan Rusia, ditambahkan ke daftar sanksi AS terbaru. Moscow Industrial Bank dan 10 anak perusahaannya juga ditambahkan.

"Secara keseluruhan, tindakan hari ini merupakan kelanjutan dari penghapusan sistematis dan metodis Rusia dari sistem keuangan dan ekonomi global. Dan pesannya adalah tidak akan ada tempat yang aman bagi ekonomi Rusia jika invasi Putin berlanjut," kata pejabat itu. 

Infografis Krisis Venezuela di Negeri Minyak

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya