5 Destinasi Wisata Religi di Jawa Tengah yang Bisa Menambah Wawasan

Selain cocok dikunjungi saat libur lebaran bersama keluarga, beberapa rekomendasi destinasi wisata religi di Jawa Tengah ini bisa menjadi tempat untuk menambah wawasan lho!

oleh Sabrina Julie diperbarui 28 Apr 2022, 15:00 WIB
Makam Sunan Muria (Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Liputan6.com, Semarang Selain terkenal dengan ragam kulinernya, Jawa Tengah juga menyimpan banyak objek wisata yang menyenangkan dan unik, termasuk jika sobat Liputan.6 tertarik untuk berwisata religi. 

Selain cocok dikunjungi saat libur lebaran bersama keluarga, beberapa rekomendasi destinasi wisata religi di Jawa Tengah ini bisa menjadi tempat untuk  menambah wawasan lho!

Dihimpun dari berbagai sumber berikut beberapa destinasi wisata religi di Jawa Tengah.

2 dari 6 halaman

Makam Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga dikenal sebagai salah satu wali, atau yang menyebarkan agama Islam di Jawa. Caranya dalam memperkenalkan agama Islam di ke masyarakat dapat dibilang unik yakni melalui wayang kulit dan berbagai kesenian Jawa lainya. Lokasi makam Sunan Kalijaga yakni di Jl. Raden Sahid, Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak.

3 dari 6 halaman

Kompleks Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak, didirikan sejak zaman pemerintahan Raden Patah. Masjid ini ditetapkan oleh pemerintah setempat sebagai cagar budaya sehingga bagungan dengan arsitektur yang unik masih dipertahankan hingga sekarang. Sempat dilakukan renovasi, namun tidak sampai merubah wujud asli dari bagunan. Pada bagian belakang Masjid Demak terdapat makam-makam para sultan kerajaan Demak seperti Raden Patah dan Pangeran Sabrang Lor.

4 dari 6 halaman

Makam Sunan Muria

Makam Sunan Muria berada di puncak Gunung Muria, di wilayah Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Untuk mencapai makam Sunan Muria para peziarah harus menaiki anak tangga hingga puncak gunung. Diketahui bahwa semasa hidup Sunan Muria memutuskan untuk tinggal di gunung karena jauh dari gangguan.

5 dari 6 halaman

Masjid Al Aqhsa dan Makam Sunan Kudus

Makam Sunan Kudus berlokasi di kawasan masjid Al-Aqsha Kudus,Jalan Kauman, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus. Bagunan pada masjid Al-Aqsha terbilang unik karena memiliki wujud yang mirip dengan pura untuk tempat sembahyang umat Hindu. Di masa Sunan Kudus, bangunan tersebut dibuat mirip pura agar mualaf dari agama Hindu tidak merasa asing saat masuk ke dalam masjid.

6 dari 6 halaman

Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang terletak di Jalan Sunan Bonang Kilometer 4, Bonang, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Makam Sunan Bonang di Rembang ini terlihat sederhana karena hanya terdapat bunga melati tanpa nisan. Diketahui bahwa hingga saat ini lokasi makam Sunan Bonang masih simpang siur, namun setidaknya ada empat Lokasi yang dipercaya sebagai makam Sunan Bonang yakni di Tuban, Kediri, Rembang, dan Pulau Bawean.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya