Warren Buffett Disebut Musuh Nomor Satu saat Konferensi Bitcoin 2022

Pendapat Thiel di Miami adalah serangan publik terbaru dan paling berani.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 08 Apr 2022, 17:59 WIB
Bitcoin - Image by mohamed Hassan from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Dalam konferensi Bitcoin 2022 pada Kamis (7/4/2022), pemodal ventura yang juga seorang miliarder, Peter Thiel mengatakan Warren Buffett berada di puncak "daftar musuh" orang-orang yang mencoba menghentikan cryptocurrency.

"Musuh nomor satu,” kata Thiel kepada kerumunan orang dalam acara konferensi Bitcoin 2022 di Miami, dikutip dari CNBC, Jumat (8/4/2022). 

Thiel merupakan salah satu pendukung bitcoin. Pada 2018 dia dilaporkan telah mengumpulkan Bitcoin senilai ratusan juta dolar melalui perusahaan ventura Founders Fund.

Dalam konferensi Bitcoin itu, Thiel menyajikan grafik besar dengan gambar dua eksekutif keuangan dan komentar bearish mereka tentang Bitcoin.

Gambar-gambar itu semuanya mengandung kata "gerontokrasi." Salah satunya tentang CEO JP Morgan Jamie Dimon, Thiel mengatakan Dimon adalah bagian dari "bias bankir New York City."

Thiel juga menyajikan gambar kepala Buffett dengan memasukan kata-kata "racun tikus" di samping gambar tersebut, mengacu pada saat CEO Berkshire itu menolak Bitcoin menggunakan frasa itu. 

Thiel juga menulis kutipan lain dari Buffett yang berbunyi, "Saya tidak memiliki apa pun dan saya tidak akan pernah." Namun nyatanya, awal tahun ini, Berkshire justru menginvestasikan USD 1 miliar di Nubank Brazil, bank online yang populer di kalangan investor kripto.

Pendapat Thiel di Miami adalah serangan publik terbaru dan paling berani Thiel terhadap orang-orang yang dia anggap menghalangi kemajuan Bitcoin.

“Inilah yang harus kita perjuangkan agar bitcoin naik 10x atau 100x dari sini,” kata Thiel.

“Ketika mereka memilih untuk tidak mengalokasikan ke bitcoin, itu adalah pilihan yang sangat politis,” pungkas Thiel. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Presiden El Salvador Nayib Bukele Batal Hadir di Konferensi Bitcoin 2022

Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Sebelumnya, Presiden El Salvador, Nayib Bukele menjadi salah satu pendukung kuat Bitcoin. Hal tersebut ia tunjukkan dengan mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran sah di negaranya. 

Sebagai pendukung Bitcoin dan Presiden pertama yang melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran negara, kehadiran Bukele dalam Konferensi Bitcoin 2022 tentu cukup ditunggu-tunggu. 

Namun, sayangnya, Bukele harus membatalkan partisipasinya yang direncanakan dalam konferensi Bitcoin 2022 di Miami. Bukele mengatakan ada kejadian tak terduga yang membutuhkan perhatian penuhnya di rumah.

Dilansir dari CoinDesk, Jumat, 8 April 2022, dia tidak mengatakan apa keadaan itu dalam surat yang di-tweet oleh penyelenggara konferensi. Tetapi dalam surat itu Bukele mengatakan, "Saya harus berada di sisi lain dalam pertempuran untuk kebebasan."

El Salvador saat ini sedang dalam pertempuran sengit melawan geng kriminal, yang dikenal sebagai "maras." Pada 27 Maret, 62 orang tewas dalam pembunuhan yang dikaitkan dengan maras lokal, yang mendorong Majelis Legislatif El Salvador untuk menangguhkan hak konstitusional selama 30 hari.

Menurut Polisi Nasional El Salvador, 6.894 anggota geng telah ditangkap dalam 11 hari terakhir. 

Dalam suratnya, Bukele mengatakan dia memiliki “harapan yang tulus” untuk berpartisipasi membuat “pengumuman lain, kontribusi kecil lainnya dalam perjuangan kami untuk pembebasan uang.

Pada konferensi Bitcoin 2021 Juni lalu Bukele mengumumkan rencananya untuk membuat tender legal bitcoin (BTC) di El Salvador. Harapan untuk pengumuman tahun ini termasuk laporan kemajuan rencana negara untuk penjualan obligasi Bitcoin senilai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun.

 

3 dari 4 halaman

Konferensi 2022 Digelar

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Sebelumnya, ribuan penggemar cryptocurrency akan berkumpul di Miami saat kota tersebut membangun reputasinya sebagai salah satu lokasi utama untuk mengembangkan teknologi blockchain dan kripto.

Banyak perusahaan menggunakan konferensi Bitcoin 2022 yang berlangsung Rabu hingga Sabtu waktu setempat sebagai tempat untuk berjejaring, mengajukan ide, dan berbagi pengumuman ke industri dan sekitarnya.

Hingga saat ini, New York City dan Silicon Valley terus memimpin dalam pendanaan yang dikumpulkan oleh startup blockchain pada 2021, dengan USD 6,5 miliar (Rp 93,3 triliun) dan USD 3,9 miliar (Rp 56 triliun). 

Namun, Miami sekarang terikat dengan Los Angeles, di mana perusahaan menarik lebih dari USD 760 juta dalam pendanaan, menurut perusahaan riset pasar CB Insights.

Pertukaran Cryptocurrency FTX membeli hak penamaan untuk arena NBA di pusat kota Miami tahun lalu, menggantikan American Airlines. Perusahaan kripto terbesar yang pindah ke Miami sejauh ini, Blockchain.com, akan menampung 200 karyawan di sebuah lokasi di distrik Wynwood di mana perusahaan teknologi dan investor lainnya juga mendirikan kantor di sana. 

Konferensi Bitcoin 2022 diadakan di Miami Beach Convention Center dan menampilkan beberapa pembicara utama, termasuk pengusaha Kanada Kevin O'Leary, penulis Jordan Peterson, aktivis hak asasi manusia Yeonmi Park dan miliarder teknologi Peter Thiel. 

Miami menarik semakin banyak proyek kripto , dengan Walikota Francis Suarez secara terbuka menerima cryptocurrency dan berjuang untuk regulasi yang ramah cryptocurrency.

4 dari 4 halaman

Alasannya Lainnya

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Pernyataan lainnya, mengatakan Miami dan Florida adalah tempat ramah bisnis dan tetap buka selama pandemi, menjadikannya lebih menarik sebagai lokasi di mana orang dapat bekerja dari jarak jauh.

“Sulit untuk menyangkal bahwa ini adalah kesempatan luar biasa bagi perusahaan untuk datang ke sini dan membangun proyek mereka di kripto,” kata CEO dari Plantation, TradeStation yang berbasis di Florida, John Bartleman, dikutip dari CBS News, Kamis, 7 April 2022.

Karena Miami bertujuan untuk menarik lebih banyak investasi untuk proyek cryptocurrency, penyelenggara Bitcoin 2022 mengatakan setidaknya 75 perusahaan akan membuat pengumuman di konferensi ini.

Tahun lalu, Presiden El Salvador Nayib Bukele membuat berita internasional di acara tersebut, mengungkapkan melalui video negaranya akan menjadi yang pertama membuat alat pembayaran cryptocurrency yang sah. Bukele juga akan kembali hadir di konferensi tahun ini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya