4 Dampak Negatif Kalau Anda Sikat Gigi Setelah Sarapan

Dampak negatif jika Anda menyikat gigi setelah sarapan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 31 Mar 2022, 20:10 WIB
Ilustrasi Menyikat Gigi Credit: pexels.com/Diana

Liputan6.com, Jakarta - Menyikat gigi adalah salah satu langkah terpenting dalam rutinitas kebersihan mulut Anda.

Tetapi melakukannya pada waktu yang salah mungkin, dalam beberapa kasus, menyabotase semua upaya Anda untuk menjaga kulit putih mutiara Anda tetap sehat dan kuat.

Meskipun mungkin tergoda untuk menyegarkan napas setelah sarapan, lebih baik menyikat gigi terlebih dahulu di pagi hari, karena banyak makanan sarapan yang umum dapat melunakkan email Anda, menyebabkan Anda secara tidak sengaja merusaknya.

Dikutip dari Bright Side, Kamis (31/3/2022), berikut adalah sejumlah dampak negatif jika Anda menyikat gigi setelah sarapan:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Merusak Email Gigi

Ilustrasi Gigi/https://unsplash.com/Marek Studzinski

Menyikat gigi setelah Anda makan membantu melawan bakteri dan melindungi email Anda dari kerusakan, tetapi dalam beberapa kasus, itu dapat bekerja sebaliknya.

Saat Anda makan atau minum sesuatu yang asam, seperti jus jeruk, jus jeruk bali, atau air lemon, asam sitrat dalam makanan ini dapat melunakkan email gigi untuk sementara, dan menyikat gigi segera setelah makan dapat melemahkan email gigi.

Jika Anda suka minum segelas jus jeruk atau menambahkan irisan lemon ke dalam air untuk sarapan, lebih baik tidak menyikat gigi selama sekitar 30 menit setelahnya untuk menghindari kerusakan email. Dan jika Anda tidak punya banyak waktu di pagi hari, lebih masuk akal untuk menyikat gigi sebelum sarapan.

3 dari 6 halaman

2. Merubah Warna Gigi

Ilustrasi gigi (sumber: Pixabay)

Enamel Anda melindungi gigi Anda, dan meskipun itu adalah jaringan terkeras dalam tubuh manusia, menyikat gigi tepat setelah Anda makan dalam beberapa kasus dapat merusaknya.

Ketika enamel tidak sekuat yang seharusnya, itu dapat memengaruhi gigi Anda dalam banyak hal dan membuatnya lebih rentan terhadap pewarnaan

4 dari 6 halaman

3. Membuat Gigi Lebih Sensitif

Ilustrasi sakit gigi. (Shutterstock)

Jika Anda pernah merasakan nyeri tajam yang tiba-tiba saat mengonsumsi sesuatu yang panas atau dingin, ini mungkin merupakan tanda bahwa gigi Anda terlalu sensitif.

Sensitivitas gigi dapat terjadi karena berbagai alasan, salah satunya adalah email gigi yang lemah.

Karena menyikat gigi segera setelah makan makanan tertentu dapat meningkatkan sensitivitas gigi, lebih baik untuk mencegah efek samping yang tidak menyenangkan ini dan menyikat gigi sebelum makan.

5 dari 6 halaman

4. Menyikat Gigi Sebelum Makan Meningkatkan Produksi Air Liur

Ilustrasi gigi putih bersih. (unsplash.com/Michael Dam).

Menyikat gigi tepat setelah Anda bangun membantu Anda merasa lebih segar di pagi hari dan juga meningkatkan produksi air liur Anda.

Karena air liur Anda mengandung agen antimikroba, ini membantu memecah makanan lebih mudah dan secara alami membunuh bakteri berbahaya yang bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

6 dari 6 halaman

Infografis Jangan Buang Sembarangan, Ini Cara Kelola Masker Covid-19 Bekas Pakai:

Infografis Jangan Buang Sembarangan, Ini Cara Kelola Masker Covid-19 Bekas Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya