Kuis Hari Bumi: Ini Daftar Hewan yang Bisa Kamu Dapat

Kuis Hari Bumi kembali populer meski sebenarnya rilis beberapa tahun lalu.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 15 Mar 2022, 20:05 WIB
Ilustrasi Kuis Hari Bumi: Kartun lawas Petualangan Hachi Si Lebah Madu. (dok. AsianWiki)

Liputan6.com, Jakarta - Kuis Hari Bumi dari Google mendadak eksis lagi di dunia maya. Sebetulnya, Kuis Hari Bumi ini berasal dari Google Doodle pada 2015. 

Saat itu, Google Doodle menampilkan kuis kepribadian sederhana. Konsepnya adalah mengetahui animalia jenis apa yang cocok dengan kepribadian kita. 

Ada 12 hewan yang bisa kita dapatkan sebagai hasilnya, mulai dari yang lucu seperti berang-berang laut, lebah madu, burung manakin kepala merah yang hobi dansa, hingga komodo dan mammoth. 

Jika ingin coba, cukup ketik Earth Day Quiz di Google. Dan berikut daftar hewan yang menjadi hasil Kuis Hari Bumi dari situs Google Operating System, Selasa (15/3/2022):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Cumi-Cumi Raksasa hingga Mammoth

Patung cumi-cumi raksasa di kota pelabuhan Jepang. (dok. Screenshoot Youtube News and More)

1. Giant Squid

"Kamu bisa meraih segalanya yang kau fokuskan pada pikirnamu dan/atau tentakel-tentakel besarmu."

2. Woolly Mammoth

"Amat unik, kamu secara teknis punah, tetapi sisi cerahnya para ilmuwan berusaha untuk mengkloning dirimu suatu hari nanti!" 

3. Komodo Dragon

"Kamu punya selera pada kehidupan, begitu juga kemampuan untuk menelan kambing dengan utuh."

3 dari 8 halaman

Hewan Kecil dan Menawan

Penampakan lebah madu di sebuah peternakan di Navajas, Matanzas, Kuba, 21 Maret 2019. Tempat ini menyimpan banyak bunga liar yang menjadi makanan lebah. (YAMIL LAGE/AFP)

4. Honey bee

"Secara alami seorang pekerja keras, kamu masih meluangkan waktu untuk stop dan menyerbukan bunga." 

5. Mantis shrimp 

"Misterius dan rupawan, kamu tidak takut untuk memakai kukumu yang tajam untuk menyerang, melumpuhkan, dan mencabik mangsa." 

6. Red-capped manakin 

"Kamu suka berdansa dan kamu berdansa untuk cinta, terutama di sebuah cabang yang tak diganggu oleh vegetasi lain."

 

 

4 dari 8 halaman

Penghuni Laut

Beginilah keindahan bawah laut di pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara yang sempat rusak akibat bom ikan. (foto: istimewa)

7. Coral 

"Keindahanmu yang tersembunyi menarik banyak peminat. Juga tahukah kamu bahwa kamu adalah hewan?!"

8. Sea Otter

"Kamu suka bergandengan tangan untuk menjadi romantis, serta agar tak hanyut ketika kamu tidur siang di perairan." 

9. Cuttlefish

"Dengan ratio tubuh dan otak terbaik di kalangan para invertebrata DAN kemampuan kamuflase kulit sesukanya, kamu adalah paket komplit!"

5 dari 8 halaman

Sederhana Namun Spesial

Burung bangau yang melakukan migrasi berkumpul bersama di kawasan konservasi Danau Hula, utara Laut Galilea, Israel, Rabu (24/2/2021). Lebih dari setengah miliar burung dari sekitar 400 spesies berbeda melewati Lembah Jordan ke Afrika dan kembali ke Eropa sepanjang tahun ini. (AP Photo/Oded Balilty)

10. Pangolin 

"Jenis yang praktis, kamu tahu kapan harus bergulung menjadi bola untuk mengatasi para predator."

11. Honey Badger 

"Teman-teman sejatimu tahu bahwa mereka bisa memanggilmu untuk menakuti para singa atau melawan king cobra." 

12. Whooping Crane

"Baik itu berpasangan seumur hidup atau bangkit dari kepunahan, kamu adalah pemain tim sejati."

6 dari 8 halaman

Cara Memainkan Kuis Hari Bumi

Hasil cuttlefish di kuis Hari Bumi di Google Doodle.

Kuis Hari Bumi sempat menjadi tren viral di warganet hari ini, Selasa (15/3/2022). Permainan ini memberikan pemainnya untuk mengetahui hewan apa yang "sesuai" dengan kepribadiannya.

Untuk sekadar mengikuti tren atau bersenang-senang, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menjajal permainan ini. Kuis Hari Bumi bisa diakses lewat laman pencarian Google, entah pakai ponsel atau desktop.

kamu cukup membuka laman Google.com seperti saat kamu ingin mencari sesuatu di internet. Lalu, ketik "Kuis Hari Bumi" di kolom pencarian.

Nantinya, di bagian teratas laman Google, kamu akan disuguhkan dengan sebuah kuis yang bertanya "Which Animal Are You?" atau dalam Bahasa Indonesia berarti: "Hewan apakah kamu?"

7 dari 8 halaman

Menjawab Pertanyaan

foto: Google

Pemain cukup menjawab pertanyaan soal kepribadian yang diajukan untuk mengetahui jawabannya. Nantinya, kamu akan bisa melihat hewan paling cocok denganmu serta deskripsi kepribadiannya.

Pemain pun dapat membagikan hasil permainan ini di media sosial, bermain lagi, atau melakukan pencarian soal hewan hasil kuis yang kamu jawab.

Usut punya usut, kuis ini dihadirkan oleh Google dalam rangka meramaikan peringatan Hari Bumi di tahun 2015. Di kuis itu terdapat beberapa pertanyaan soal aktivitas jelang akhir pekan, hobi dan tipe pasangan yang disukai.

Setelah menjawab serangkaian pertanyaan yang dilontarkan nantinya akan muncul ikon hewan dengan penjelasan sifat yang dimilikinya. Hewan dengan sifat yang ditampilkan Google disebutkan menyerupai penjawab pertanyaan.

Dikutip dari laman resminya, Google mengklaim bahwa hasil kuis yang ditampilkan di halaman muka mesin pencariannya itu 100 persen akurat dan ilmiah dalam merepresentasikan jawaban pengguna.

8 dari 8 halaman

Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya?

Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya? (Liputan6.com / Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya