Nasi Uduk Biru Dijual di Mangga Besar Jakarta, Harganya Ramah di Kantong

Warna biru di nasi uduk ini menggunakan pewarna alami.

oleh Henry diperbarui 09 Mar 2022, 13:10 WIB
ilustrasi nasi uduk (sumber: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Nasi uduk termasuk makanan tradisional favorit banyak orang. Kuliner khas Betawi atau Jakarta ini aromanya harum dan rasanya gurih. Tak hanya itu, nasi uduk dikenal sebagai makanan merakyat dengan harga terjangkau.

Rupanya nasi uduk juga bisa dikreasikan menjadi makanan yang unik. Informasi itu diketahui dari unggahan di akun Instagram @doyanmakan_jkt.

Dalam unggahan itu, seorang wanita hendak menunjukkan nasi uduk dengan warna kebiruan dan rasa yang menurutnya enak. Warung nasi uduk ini buka mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 10.30 WIB dan sangat cocok dijadikan sarapan sebelum memulai hari.

Aneka menu pendamping nasi uduk biru yang disajikan pun sangat beragam. Ada berbagai lauk, mulai dari tempe orek, teri kacang, mi goreng, bihun goreng, perkedel, telur, ikan, sampai jengkol.

Warna biru di nasi uduk ini juga menggunakan pewarna alami. Pedagang menggunakan bunga telang sehingga bisa menciptakan warna biru pada nasi uduk.

Bunga telang atau kembang telang adalah tanaman kaya antioksidan, flavonoid, dan peptida. Tumbuhan merambat ini biasanya ditemukan di pekarangan atau tepi hutan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Harga Terjangkau

Warung Makan di Jakarta Jual Nasi Uduk Biru, Diwarnai Pakai Apa? foto: Instagram @doyanmakan_jkt

Harga nasi uduk biru ini pun sangat terjangkau. Untuk satu porsi nasi uduk lengkap harganya dibanderol Rp10 ribu saja.

Selain itu ada pula gorengan renyah hangat dengan harga Rp2.000. Untuk perkedel harganya hanya Rp4.000.

Rasa nasi uduk biru ini cukup nikmat ala rumahan dengan menu sederhana yang ditawarkan. Kata pemilik akun, nasi uduknya pun sangat harum dan gurihnya santan pun sangat terasa.

3 dari 5 halaman

Tenda Sederhana

Warung Makan di Jakarta Jual Nasi Uduk Biru, Diwarnai Pakai Apa? foto: Instagram @doyanmakan_jkt

"Nasi uduknya harum aromatic , berasa juga gurih santannya makannya pake side dish lainnya dicocol pake sambel terasi plus kerupuk alamakkk nikmat dunia," tulis pemilik akun.

Harum daun salam, serai, dan santan berpadu jadi satu dan sukses membuat pelanggan tergoda. Warung Nasi Uduk Biru ini berlokasi di Jalan Mangga Besar XI, Jakarta Barat.

Lokasinya berada di dekat Gereja Bethel Mangga Besar. Tempat ini buka setiap Selasa sampai Minggu dengan tenda sederhana.

4 dari 5 halaman

Bunga Telang

Bunga telang (Image by Samriddha Samanta from Pixabay)

Hasil riset dari Departement of Veterinary Clinic, Repoduction & Pathology, Institut Pertanian Bogor (IPB), menyebutkan bahwa bunga telang memiliki antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bunga telang diyakini ampuh untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, mengatasi kerontokan rambut, mencegah inflamasi hingga obat awet muda karena dapat merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit.

Dikutip dari kanal Regional Liputan6.com, langkah pertama pengolahan adalah dengan mencuci bersih bunga menggunakan air mengalir. Selanjutnya, bunga dijemur di bawah sinar matahari kurang lebih selama dua hari. Proses penjemuran ini hanya boleh dilakukan hingga pukul 12.00 agar antioksidannya tetap terjaga.

Pengeringan juga bisa menggunakan oven hanya butuh waktu singkat. Setelah bunga telang dicuci bersih, dipanaskan menggunakan oven selama dua jam dengan suhu 50 derajat Celsius. Setelah kering, bunga telang dapat disimpan di wadah tertutup. Jangan simpan terlalu lama agar tidak lembab dan terinfeksi jamur yang dapat menghilangkan manfaat bunga telang.

Cara menikmati bunga telang juga cukup mudah. Hanya perlu diseduh dengan air panas dan siap diminum. Bahan lain seperti madu, lemon dan gula juga bisa ditambahkan supaya lebih nikmat.

 

5 dari 5 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya