Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022: Tanpa Keringat, Tim Putri Lolos ke Final

Tim bulu tangkis putri Indonesia dipastikan lolos ke partai puncak Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022 usai Jepang memutuskan mundur dari turnamen.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 19 Feb 2022, 09:30 WIB
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung saat melawan Hong Kong pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022 di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Selasa (15/2). (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta - Tim bulu tangkis putri Indonesia dipastikan melaju ke final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022 usai Jepang memutuskan mundur dari turnamen tersebut.

Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan sejatinya dijadwalkan bersua dengan wakil dari Negeri Sakura dalam laga empat besar yang berlangsung Sabtu (19/2/2022) pukul 09.00 WIB.

Akan tetapi, PBSI melalui akun Twitter resminya, Badminton Indonesia, mengumumkan bahwa skuad putri Merah Putih secara otomatis telah masuk ke final Badminton Asia Team Championships edisi ini.

"Tim putri Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan Asia Beregu 2022 setelah Jepang memutuskan untuk mundur," tulis PBSI melalui cuitannya di Twitter, Sabtu pagi.

Hasil ini menjadi prestasi baru bagi Skuad Garuda. Pasalnya, tim putri Indonesia hanya mencapai babak perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu edisi sebelumnya setelah ditekuk Jepang dengan 3-0.

2 dari 5 halaman

Tampil Mengesankan

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, pada final Spain Masters 2021, Minggu (23/5/2021). (PBSI)

Terlepas dari mundurnya Jepang, pasukan putri Tanah Air memang diketahui telah mencatatkan penampilan mengesankan sepanjang fase penyisihan grup di Badminton Asia Team Championship 2022.

Tim yang dipimpin oleh Gregoria Mariska Tunjung ini keluar sebagai juara Grup Z usai melibas lawan-lawannya, yakni Hong Kong, Kazakhstan, dan Korea Selatan.

Sejumlah nama pemain muda, seperti Putri Kusuma Wardani, Stephanie Widjaja, hingga Lanny Tria Mayasari bahkan muncul sebagai penyumbang poin penting bagi Skuad Garuda.

3 dari 5 halaman

Pertandingan Selanjutnya

Ganda putri Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro jadi penentu kemenangan Indonesia atas Hong Kong pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022 di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Selasa (15/2). (foto: PBSI)

Dengan demikian, tim putri Indonesia selanjutnya akan berhadapan dengan pemenang laga Malaysia vs Korea Selatan di final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022.

Pertandingan ini akan menjadi laga yang tidak mudah bagi Putri Kusuma Wardani dan rekan-rekan. Pasalnya, Korea Selatan yang kalah dari Indonesia di fase grup kemungkinan akan melancarkan aksi revans jika lolos ke partai puncak.

Sementara itu, Malaysia diketahui memiliki sejumlah pebulu tangkis berpengalaman yang unggul dari segi jam terbang dibanding Indonesia.

4 dari 5 halaman

Infografis

Infografis 1 Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
5 dari 5 halaman

Infografis 2

Infografis 3 Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya