Miliki Cita Rasa Nikmat, 3 Kopi Jawa Tengah yang Digemari Masyarakat Lokal hingga Mancanegara

Kopi khas Jawa Tengah yang wajib dicoba!

oleh Sabrina Julie diperbarui 05 Feb 2022, 06:46 WIB
Ilustrasi Biji Kopi Credit: pexels.com/Negative

Liputan6.com, Jakarta Beruntunglah bagi sobat Liputan6 yang gemar minum kopi dan tinggal di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia termasuk negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Berdasarkan data yang dicatat oleh ICO  (International Coffee Organization) per tahun 2020, Indonesia  menjadi negara penghasil kopi terbesar urutan ke-4 setelah Brazil, Vietnam, Kolombia.

Tak hanya dinikmati warga lokal, biji kopi Indonesia juga diekspor ke negara lain, bahkan terkenal di mancanegara. Mulai dari kopi Gayo, Kintamani, Toraja termasuk beberapa kopi lokal khas Jawa Tengah yang juga memiliki banyak peminat.

2 dari 4 halaman

Kopi Temanggung

Kopi Temanggung khususnya yang berjenis robusta, menjadi salah satu kopi yang diminati oleh warga lokal maupun mancanegara. Ketika diminum rasa kopi robusta khas Temanggung memiliki sedikit aroma tembakau. Cita rasa unik tersebut tersebut dihasilkan karena kopi robusta yang ditanam di daerah Temanggung menggunakan metode tumpang sari dengan tanaman tembakau. 

Berlokasi di dataran tinggi dengan adanya Gunung Sumbing dan Sindoro, membuat daerah Temanggung menjadi salah satu tempat yang strategis untuk budidaya biji kopi. Selain kopi robusta, di dataran tinggi Temanggung juga ditanami kopi jenis arabika meskipun populasinya tak sebanyak kopi robusta

3 dari 4 halaman

Kopi Bowongso Wonosobo

Tak kalah nikmat dari kopi di daerah Temanggung, Wonosobo juga memiliki kopi khas daerah yang disebut dengan kopi Bowongso. Bowongso sendiri adalah sebuah desa yang berlokasi di Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo. 

Berbeda dengan Temanggung yang dikenal dengan kopi robusta, daerah Bowongso sangat populer dengan kopi berjenis arabika. Ditanam pada ketinggian 1.600-2.000 mdpl, kopi Bowongso menghasilkan aroma dan rasa yang unik. Beberapa penikmat kopi Bowongso ini mengatakan bahwa kopi Bowongso memiliki cita rasa manis dengan aroma khas rempah-rempah.

4 dari 4 halaman

Kopi Muria

Disebut kopi Muria karena biji kopi ini ditanam di daerah Pegunungan Muria tepatnya Desa Colo, Lau, dan Japan, Kecamatan Dawe, Kudus. Keunikan dari kopi Muria khususnya robusta yakni memiliki rasa manis dan aroma rempah-rempah yang mendekati kopi arabika. Dengan rasa yang nikmat dan khas kopi Muria pun banyak diminati oleh masyarakat.

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya