Kronologi Ceramah Oki Setiana Dewi yang Bikin Heboh, Ini Klarifikasinya

Saking ramainya diperbincangkan hingga membuat namanya trending, Oki pun memberikan klarifikasi terkait video ceramahnya tersebut.

oleh Sabrina Julie diperbarui 04 Feb 2022, 18:28 WIB
Isi ceramah Oki Setiana Dewi soal suami tampar istri yang tuai kritik (dok.YouTube/Evio Multimedia)

Liputan6.com, Jateng - Aktris sekaligus penceramah Oki Setiana Dewi saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat terkait video ceramahnya yang beredar luas di media sosial. Dalam video ceramah tersebut, pemeran film Ketika Cinta Bertasbih ini menyampaikan sebuah ceramah terkait kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh suami.

Isi ceramah yang disampaikan Oki pun kini tengah menjadi perdebatan warganet karena dianggap menormalisasi KDRT. Saking ramainya diperbincangkan hingga membuat namanya trending, Oki pun memberikan klarifikasi terkait video ceramahnya tersebut.

2 dari 5 halaman

Isi Ceramah yang Jadi Sorotan

Isi ceramah Oki Setiana Dewi soal suami tampar istri yang tuai kritik (dok.YouTube/Evio Multimedia)

Ceramah yang diunggah melalui kanal YouTube Oki tersebut memiliki judul “Tingkat Tertinggi Akhlak Istri”.

"Membicarakan aib orang lain atau aib suami sendiri, buat apa teman-teman sekalian," ucap Oki, tak lama kemudian ia memberikan sebuah contoh yang dia sebut kisah nyata dari Arab Saudi.

"Ada sebuah kisah nyata di Jeddah. Suami istri sedang bertengkar. Suaminya marah besar kepada sang istri, dipukullah wajah istri. Karena Kejadian tersebut sang istri pun menangis, tiba-tiba bel rumahnya berbunyi. Dengan mata yang masih sembab si istri membuka pintu dan ternyata yang datang berkunjung ke rumah adalah ibunya." tutur Oki.

"'Ya Allah istriku ini pasti ngadu ini sama mertuaku ini nih, bahwa tadi baru dipukul,' ucap si suami, begitu mengetahui mertuanya datang. Sang mertua yang mengetahui anaknya menangis pun bertanya 'Anakku, matamu sembap menangis, kenapa?'"

Oki lanjut mengisahkan jawaban dari si istri, "'Aku nangis itu karena rindu pada ibu dan ayah. Ternyata Allah langsung menjawab doaku, dan aku semakin terharu. Aku nangis itu karena rindu sama ibu,'" 

"'Ya Allah istriku. Istriku padahal bisa saja mengadu pada ibunya. Aku baru saja memukul istriku. Terjadi KDRT. Istriku itu masya Allah,' puji sang suami." katanya melanjutkan.

3 dari 5 halaman

Video Sudah Diunggah 2 Tahun Lalu

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Oki Setiana Dewi (@okisetianadewi)

Cuplikan video yang kini beredar luas diketahui telah diunggah pada kanal YouTube sejak tahun 2019. 

“Assalamu’alaikum sahabat semua, kemarin saya mendapatkan pesan dari beberapa teman mengenai potongan ceramah saya 2 atau 3 tahun lalu. Di atas inilah videonya versi lebih panjang.” tulis Oki dalam video ceramahnya yang diunggah di Instagram.

4 dari 5 halaman

Oki Meminta Maaf

Berkah Cinta Ramadan MNCTV (Deki Prayoga/bintang.com)

Dalam unggahan yang sama Oki juga meminta maaf atas kabar terkait ceramahnya yang menjadi perbincangan. Ia juga menjelaskan bahwa dirinya juga termasuk yang menolak KDRT.

“Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga. Mohon maaf lahir batin atas kesalahan dalam menyampaikan dan semoga Allah mengampuni saya dalam setiap kesalahan-kesalahan saya,” sambung Oki dalam keterangan video yang diunggah Jumat (4/2/2022).

5 dari 5 halaman

Respons MUI

 

Menanggapi video ceramah Oki yang tengah viral, K.H. Muhammad Cholil Nafis yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, turut memberikan respons melalui akun Instagramnya. 

“Tidak semua kekerasan dalam rumah tangga harus disimpan rapat-rapat, juga jangan sampai setiap kekerasan dalam rumah tangga diceritakan ke mana-mana dan dilaporkan ke pihak penegak hukum. Nah, keluarga itu dibangun atas saling menyayangi dan mencintai.” tulis Cholil Nafis pada kolom keterangan unggahannya yang menanggapi video ceramah Oki Setiana Dewi.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya