Pinjam Philippe Coutinho dari Barcelona, Aston Villa Punya Opsi Transfer Permanen

Philippe Coutinho akan menghabiskan sisa musim di Liga Inggris, usai dipinjam oleh Aston Villa dari Barcelona.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Jan 2022, 23:00 WIB
Philippe Coutinho gagal memberikan penampilan terbaiknya di Barcelona seperti saat bermain di Liverpool. Pemain Brasil tersebut diboyong pada bursa transfer tahun 2018 untuk menggantikan peran Neymar. (AFP/Josep Lago)

Liputan6.com, Jakarta - Philippe Coutinho akhirnya mendapat kepastian soal masa depannya, usai Aston Villa setuju menyewa jasa pemain asal Brasil tersebut dengan status pinjaman, disertai opsi pembelian.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh The Villa melalui pernyataan resminya. Pihak klub menyatakan bahwa Barcelona telah sepakat meminjamkan Coutinho dan mengizinkannya menghabiskan sisa musim di Liga Inggris.

“Aston Villa dan FC Barcelona telah menyetujui persyaratan (yang membuat) Philippe Coutinho menghabiskan sisa musim ini dengan status pinjaman di Villa Park,” bunyi pernyataan The Villa, seperti dikutip dari Goal.com.

“Perjanjian, yang mengharuskan pemain untuk menyelesaikan tes medis serta menerima izin kerja, juga mencakup opsi pembelian dan Philippe akan melakukan perjalanan ke Birmingham dalam 48 jam ke depan,” sambung pihak klub.

Kesepakatan ini bakal menjadi ajang reuni sang pemain dengan mantan rekan setimnya di Liverpool, Steven Gerrard, yang kini menjabat sebagai pelatih di Villa Park.

2 dari 4 halaman

Coutinho di Liverpool

Philippe Coutinho. Gelandang serang asal Brasil ini didatangkan Liverpool dari Inter Milan pada tengah musim 2012/2013. Selama 5 musim ia tampil dalam 201 laga di semua ajang dengan torehan 54 gol dan 45 assist. Ia hengkang ke Barcelona pada tengah musim 2017/2018. (AFP/Paul Ellis)

Coutinho pernah menjalani karier lima tahun di Liga Premier. Ia pertama kali tiba di Inggris pada jendela transfer musim dingin 2013, ketika Liverpool mendatangkan pemain 29 tahun tersebut dari raksasa Serie A, Inter Milan.

Coutinho mampu menetap dan beradaptasi dengan baik di Merseyside, hingga menjadi salah satu pilar andalan The Reds di bawah asuhan Brendan Rodgers. Mengutip Goal.com, Coutinho sukses membuat 201 penampilan untuk Liverpool, mencetak 54 gol, dan menjadi sumber assist.

3 dari 4 halaman

Pindah ke Barca

Philippe Coutinho didatangkan dari Liverpool menuju Barcelona dengan mahar 146 juta poundsterling atau setara dengan Rp2,8 triliun. Hal tersebut membuatnya tercatat sebagai salah satu pemain dengan nilai transfer termahal di Liga Spanyol. (Foto: AFP/Lluis Gene)

Penampilannya yang gemilang lantas menarik perhatian dari klub di luar Inggris. Kesempatan untuk pindah ke Barcelona pun muncul pada Januari 2018. Coutinho akhirnya berlabuh di Camp Nou melalui kesepakatan senilai 146 juta poundsterling (sekitar Rp2,83 triliun).

Sayangnya, laporan Goal.com menyebut kepindahan ini tak berjalan sesuai rencana. Coutinho sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen pada musim 2019/2020, sebelum akhirnya dikontrak oleh Aston Villa musim ini.

Cedera terbukti menjadi salah satu masalah yang dihadapi Coutinho di Spanyol. Akibat hal ini, Barca, pada jendela transfer musim panas 2021, bahkan sempat mengeklaim bahwa pihaknya siap mengurangi kerugian klub dan memindahkan Coutinho dari Camp Nou.

 

Penulis: Melinda Indrasari

4 dari 4 halaman

Peringkat

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya