Kena PHK, Mantan Manajer MU Ungkap Rencana Pekerjaannya Selanjutnya

Dewan klub sebenarnya masih mendukung Solskjaer jadi manajer MU, tapi kekalahan dari Watford menyebabkan dibebaskan dari tugasnya.

oleh AY Yustiawan diperbarui 22 Nov 2021, 10:29 WIB
Reaksi Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer (tengah) dan pemain Manchester United Donny van de Beek (kanan) usai kalah dari Watford pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Vicarage Road, Watford, Inggris, 20 November, 2021. Watford menang 4-1. (AP Photo/Frank Augstein)

Liputan6.com, Jakarta Ole Gunnar Solskjaer sudah resmi berpisah dengan Manchester United atau MU. Tak lama setelah mendapat pemutusan hubungan kerja (PHK) pelatih asal Norwegia itu mengungkapkan rencana masa depannya.

Solskjaer mengatakan bahwa dia berencana untuk 'menghabiskan waktu bersama keluarganya, setelah kehilangan pekerjaannya sebagai manajer pada Minggu pagi kemarin.

Dewan klub sebenarnya masih mendukung Solskjaer, tetapi kekalahan 1-4 di kandang Watford di laga lanjutan Liga Inggris menyebabkan mantan striker peraih treble itu dibebaskan dari tugasnya.

Solskjaer mengaku bahwa dia akan kembali ke Norwegia menemui keluarganya. Tapi, dia berencana untuk kembali bekerja di sepakbola di masa depan.

"Saya akan menghabiskan waktu bersama keluarga saya. Itu mungkin bagian yang paling sulit, melalui pandemi, dengan Norwegia terbuka dan di sini ditutup, keluarga saya pindah kembali ke Norwegia dan yang muda, dia menyukainya di sana, jadi kami hidup terpisah," kata Solskjaer kepada MUTV.

2 dari 5 halaman

Lingkungan Sepakbola

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer ditemani sejumlah pemain menghampiri para penggemar setan merah yang telah hadir untuk menyaksikan tim kesayangannya melawan Watford di Vicarage Road. (AFP/Ian Kington)

“Jadi, saya akan menghabiskan waktu bersama mereka. Kemudian, saya akan menonton tim tentu saja dan mudah-mudahan, manajer berikutnya datang dan saya ingin mendukungnya," kata Solskjaer.

“Saya ingin dia sukses, mudah-mudahan saya telah meletakkan dasar untuk itu terjadi karena saya tahu saya bagus dalam apa yang saya lakukan. Saya 100% yakin untuk menciptakan lingkungan sepakbola, di situlah saya berada. bagus dan di beberapa titik, saya mungkin akan kembali [bekerja di sepak bola]."

3 dari 5 halaman

Rekor

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, masuk dalam pelatih paling awet di Liga Inggris saat ini. Meski telah mengalami serangkaian hasil buruk, Nyatanya ole selalu selamat dari pemecatan. Berikut 6 pelatih paling awet di saat ini. (AFP/Oli Scarff)

Pelatih berusia 48 tahun itu memimpin 168 pertandingan untuk Setan Merah antara Desember 2018 dan November 2021, dengan rekor 91 kemenangan, 37 seri, dan 40 kekalahan.

Saat menukangi MU, Solskjaer banyak menuai kritik lantaran dianggap minim taktik. Ia juga disorot karena tak kunjung memberi kesempatan kepada gelandang muda MU, Donny van de Beek.

4 dari 5 halaman

Gantikan Mourinho

Bek Manchester United (MU) Victor Lindelof dan manajer Ole Gunnar Solskjaer tersenyum usai mengalahkan Watford 3-0 pada pekan ke-27 Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (23/2/2020). (Martin Rickett / PA via AP)

Solskjaer masuk ke MU menggantikan Jose Mourinho pada Maret 2019. Dari 168 pertandingan, manajer berusia 48 tahun itu menang 91 kali, imbang 37 kali, dan kalah 40 kali.

Menurut jurnalis Italia, Fabrizio Romano, posisi Solskjaer sementara akan diisi Michael Carrick. Manajemen MU akan mencoba mencari manajer interim yang akan menjabat hingga akhir musim.

"Carrick akan menjabat untuk beberapa pertandingan ke depan. Di saat bersamaan, MU mencari manajer interim yang akan menjabat hingga akhir musim," tulis Romano di akun twitternya.

5 dari 5 halaman

Peringkat

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya