Deretan Fitur Kekinian Clubhouse Ini Wajib Dicoba

Bagi kamu yang baru gabung dengan Clubhouse, berikut adalah deretan fitur kekinian di Clubhouse yang perlu dicoba.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 11 Sep 2021, 08:00 WIB
Logo baru Clubhouse. (Foto: Clubhouse)

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi audio chat Clubhouse sudah dirilis sejak 2020. Mulanya aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iOS, namun pada Mei 2021, Clubhouse menghadirkan versi aplikasi untuk Android.

Sepanjang satu tahun kehadirannya, Clubhouse mengaku terus menyediakan fitur-fitur terbaru. Dengan begitu, pengguna akan makin betah memakai Clubhouse.

Clubhouser, sebutan bagi pengguna Clubhouse, juga bisa saling berbagi informasi menarik melalui room. Pembahasan dalam room pun beragam, dari topik perkembangan ekonomi, teknologi, kesehatan, musik, sampai cerita misteri.

Clubhouse juga menginformasikan berbagai fitur yang kini sudah live dan bisa digunakan di aplikasi, apa saja?

1. Hapus Sistem Daftar Tunggu

Pada Juli 2021, Clubhouse menghapus sistem daftar tunggu atau waitlist. Apa sih daftar tunggu? Clubhouse sebelumnya mengharuskan pengguna baru untuk mendapat undangan dari pengguna lain untuk bisa bergabung di Clubhouse.

Namun kini daftar tunggu dihapus, sehingga semua orang bisa langsung bergabung dan menggunakan Clubhouse tanpa harus menunggu undangan dari pengguna lain.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Fitur Pesan Blackchannel

Clubhouse resmi luncurkan fitur pesan bernama Backchannel. (Doc: Clubhouse)

Pada Juli 2021, aplikasi Clubhouse menghadirkan fitur baru Blackchannel. Ini merupakan fitur layanan pesan instan yang dapat mempermudah Clubhouser berkomunikasi antar sesama pengguna.

3. Fitur Audio Spasial

Clubhouse juga punya fitur bernama Audio Spasial. Fitur ini dirancang untuk membuat para pengguna bisa lebih nyaman berada di dalam percakapan. Fitur ini juga membuat audio yang didengar pengguna menjadi lebih hidup dan terasa dekat.

Fitur ini juga bisa bermanfaat ketika pengguna berada di dalam room yang berisi tentang musik bersama penyanyi idola. Ketika mendengarkan penyanyi idola bernyanyi, fitur ini membuat Clubhouser bisa merasakan idola seperti bernyanyi di hadapan mereka.

3 dari 5 halaman

4. Gabung di Club Tanpa Harus Follow

Clubhouse (sumber: Unsplash)

Clubhouse menyederhanakan banyak hal dengan menghilangkan sistem Followers di Klub. Hal ini membuat Clubhouser dapat langsung bergabung dengan anggota Klub dengan sistem keanggotaan.

Jika pengguna merupakan Admin sebuah Klub, pengguna bisa mengatur Klub dengan menjadikan keanggotaan dari Klub tersebut secara "open" atau 'terbuka'. Artinya siapa pun dapat sebagai anggota Klub itu.

Pilihan lain yang bisa dilakukan adalah dengan 'by approval'. Artinya, secara manual, menerima satu per satu permintaan Clubhouser yang ingin menjadi anggota Klub.

 

4 dari 5 halaman

5. Orientasi Pengguna Baru

Clubhouse (sumber: Unsplash)

Jika pengguna baru bergabung dengan Clubhouse dan memerlukan update tentang cara memakai aplikasi ini, terdapat room bernama "New Member Orientation" atau Orientasi Pengguna Baru.

Room ini aktif tiap hari Kamis pukul 07.00 WIB dan dipimpin langsung pendiri Clubhouse, yakni Paul Davidson dan Rohan Seth. Selain itu juga ada Head of Community Clubhouse Anu Atluru.

Mereka bakal menyambut dan mengajarkan ke Clubhouser newbie mengenai berbagai fitur di Clubhouse.

(Tin/Ysl)

5 dari 5 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya