Kontroversi Pernikahan Putra Presiden Nigeria, dari Pamer Kemewahan sampai Soal Gaun

Pernikahan antara anak presiden dan keluarga kerajaan sebelumnya tidak pernah terjadi di Nigeria.

oleh Henry diperbarui 02 Sep 2021, 18:58 WIB
Kontroversi Pernikahan Anak Presiden, dari Pamer Kemewahan sampai Soal Gaun. (dok.Instagram @aishambuhari/https://www.instagram.com/p/CS7aRMwMyiE/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Menggelar acara pernikahan secara mewah dan besar-besaran adalah sesuatu yang wajar bagi mereka yang mampu. Hal itu juga dilakukan Presiden Nigeria Muhammadu Buhari.

Ia baru saja menggelar pernikahan putranya, Yusuf Buhari, dengan sangat megah dan mewah. Sayangnya, acara itu menuai kontroversi. Yusuf menikahi Zahra Nasir Bayero yang merupakan keluarga kerajaan sekaligus putri pemimpin Islam terkenal di sana.

Keduanya bertemu saat kuliah di University of Surrey, Inggris. Yusuf merupakan putra tunggal Buhari. Selain itu, pernikahan antara anak presiden dan keluarga kerajaan sebelumnya tidak pernah terjadi di Nigeria.

Jadi, tidak heran jika pernikahan Yusuf dengan Zahra bikin heboh dan digelar begitu meriah pada akhir Agustus 2021. Yusuf mengeluarkan uang sebesar 500 ribu Naira atau sekitar Rp17,3 juta untuk mahar pernikahan. Jumlah ini 10 kali lipat lebih besar dibanding mahar rata-rata yang umum di Nigeria.

Dilansir dari Daily Mail, 30 Agustus 2021, acara yang digelar di Istana Emir Bichi itu dihadiri oleh ribuan orang yang terdiri dari anggota elite Nigeria dan pejabat Afrika Barat. Mereka semua datang menggunakan jet pribadi.

Acara tersebut tentu menelan biaya yang tidak sedikit. Untuk suvenir saja, Yusuf kabarnya harus membayar lebih dari 1 miliar Naira atau hampir setara dengan Rp34 miliar.

Laman Pointblanknews mengabarkan kalau suvenir pernikahan Yusuf dan Zahra terdiri dari iPhone 12 Pro Max custom dan iPad. Satu suvenir harganya senilai sekitar Rp59 juta, tapi tidak disebutkan jenis barangnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
2 dari 4 halaman

Pernikahan Termahal

Kontroversi Pernikahan Anak Presiden, dari Pamer Kemewahan sampai Soal Gaun. (dok.Instagram @aishambuhari/https://www.instagram.com/p/CS7aRMwMyiE/Henry)

Namun, kemeriahan pernikahan anak Presiden Nigeria itu menuai sejumlah kontroversi. Alasan utamanya, pesta itu dianggap terlalu megah dan mewah, sedangkan masyarakat Nigeria banyak yang sedang mengalami kesulitan ekonomi, terutama sejak pandemi Covid-19 melanda.

Padahal, selama ini Presiden Buhari dikenal sebagai pemimpin yang sederhana. Dia bahkan sempat dinilai sebagai keluarga miskin sebelum menjadi Presiden. "Sayangnya ini adalah Presiden yang tidak mampu membiayari kampanyenya pada 2015," ucap seorang komentator melansir dari Pointblanknews, Kamis (2/9/2021).

"Presiden yang dinilai bersama keluarganya sebagai yang termiskin sebelum 2015 dan membawahi pemerintahan yang mengklaim memerangi korupsi," lanjutnya.

Menurut komentator itu, beberapa pihak penasaran tentang sumber dana pernikahan Yusuf. Terlebih lagi orang terkaya di Afrika pun kabarnya tidak pernah membuat acara semegah itu.

"Dari mana Yusuf Buhari dan keluarganya mendapatkan semua uang itu? Ini bisa dibilang pernikahan termahal dalam sejarah Nigeria. Bahkan orang terkaya Afrika, Aliko Dangote, tidak pernah menghabiskan sebanyak itu untuk pernikahan putrinya," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Banyak Tamu Tanpa Masker

Kontroversi Pernikahan Anak Presiden, dari Pamer Kemewahan sampai Soal Gaun. (dok.Instagram @aishambuhari/https://www.instagram.com/p/CS1xwXAMGQa/Henry)

Kontroversi lainnya adalah baju yang dikenakan Zahra saat foto prewedding. Warganet mengkritik baju tersebut kurang pantas karena dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Gaun pernikahan Zahra dengan bagian pundak terbuka juga menjadi sorotan. Namun, gaun itu tidak mendapat teguran dari polisi Hisbah. Padahal selama ini mereka sering melarang hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam, termasuk mengenakan pakaian terbuka di tempat umum.

Sementara itu, acara pernikahan Yusuf dan Zahra dihadiri sejumlah tokoh penting. Ada istri wakil presiden, Ibu Dolapo Osinbajo hingga Ketua Senat, Senator Ahmad Lawan. Banyaknya tamu yang datang juga menimbulkan kontroversi.

Pihak panitia mengklaim mereka sudah mengurangi jumlah tamu karena sudah berkurang jauh dari rencana semula. Namun dalam sejumlah foto dan video yang beredar, terlihat banyak tamu yang datang dan beberapa orang yang tidak mengenakan masker maupun menjaga jarak. Padahal kasus Covid-19 di Nigeria sedang tinggi

4 dari 4 halaman

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya